Mengenal Berbagai Macam Layout Keyboard Komputer (Seri 3: Layout Keyboard untuk Karakter Bahasa Wilayah Asia Timur)

Melanjutkan artikel Mengenal Berbagai Macam Layout Keyboard Komputer (Seri 1: Layout Keyboard untuk Karakter Latin) dan Mengenal Berbagai Macam Layout Keyboard Komputer (Seri 2: Layout Keyboard untuk Karakter Non-Latin), pada artikel lanjutan ini akan dibahas mengenai macam-macam atau varian layout keyboard yang digunakan di regional Asia Timur.

Varian layout keyboard yang digunakan di wilayah Asia Timur ini masih termasuk dalam kategori layout keyboard untuk karakter non-latin yang dalam penerapannya banyak dikombinasikan dengan karakter latin. Seperti pada realisasinya bahwa negara-negara maupun suku bangsa di daerah Asia Timur memiliki bahasa dan huruf resmi yang berbeda-beda yang digunakan untuk keperluan komunikasi. Wilayah di Asia Timur pada dasarnya dibagi menjadi 3 wilayah berdasarkan bahasa yang digunakan yaitu Jepang, China dan Korea.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pembagian wilayah mayor berdasarkan bahasa di Asia Timur dibagi menjadi 3 yaitu Jepang, China dan Korea, maka dalam pembahasan mengenai layout keyboard yang tentunya tidak bisa dipisahkan dengan bahasa yang digunakan akan dibagi menjadi 3 pembagian wilayah secara umum munurut bahasa yang dipakai tersebut.

A. Korea

Layout keyboard di negara Korea digunakan untuk mengakomodasi penulisan pada komputer untuk karakter Hangul. Terbagi menjadi 2 yaitu Dubeolsik dan Sebeolsik.

1. Dubeolsik

Merupakan layout keyboard yang umunya digunakan di negara Korea Selatan. Merupakan layout keyboard yang didesain untuk karakter Hangul yang dikombinasikan dengan layout keyboard QWERTY. Pada layout keyboard ini terdapat sebuah tombol ekstra yang terletak di sibelah kanan tombol Spasi yang fungsinya digunakan untuk mengubah mode input karakter Hangul atau QWERTY.

Layout Keyboard Korea Dubeolsik

Gambar diambil dari Wikipedia

2. Sebeolsik

a. Sebeolsik 390

Layout keyboard Sebeolsik 390 muncul pada tahun 1990 yang dibuat berdasarkan proyek Dr. Kong Byung Woo. Layout keyboard ini dinilai lebih ergonomis daripada layout keyboard Dubeolsik, namun penggunaan layout keyboard Sebeolsik 390 ini tidak sebanyak Dubeolsik.

Layout Keyboard Sebeolsik 390

Gambar diambil dari Wikipedia

b. Sebeolsik Final

Layout keyboard Sebeolsk Final ini merupakan perkembangan dan merupakan desain akhir layout Sebeolsik dari proyek Dr. Kong Byung Woo.

Layout Keyboard Sebeolsik Final

Gambar diambil dari Wikipedia

c. Sebeolsik Noshift

Merupakan layout keyboard yang sama dengan varian layout keyboard Sebeolsik lain, namun dalam penggunaannya untuk menginputkan karakter Hangul tidak perlu lagi menekan tombol Shift.

B. China

1. Daratan Utama China

Layout keyboard di Daratan Utama China menggunakan standar layout keyboard QWERTY duri negara Amerika Serikat (US) yang sedikit dimodifikasi dan tentunya dikominasikan dengan karakter China.

Layout Keyboard China

Gambar diambil dari billhung.net

2. Taiwan

Keyboard yang tersedia di Taiwan biasanya mengadopsi layout keyboard Zhuyin atau biasa disebut juga dengan BOPOMOFO, dan juga dikombinasikan dengan layout keyboard untuk karakter latin seperti QWERTY.

Layout Keyboard China-Taiwan

Gambar diambil dari Wikipedia

3. Hongkong

Layout keyboard yang digunakan di Daratan China dan Taiwan juga banyak ditemukan dan digunakan di Hongkong, bahkan layout keyboard negara Jepang juga digunakan. Layout keyboard lain adalah layout keyboard untuk bahasa Kanton yang banyak digunakan di Hongkong.

C. Jepang

Layout keyboard yang digunakan di Jepang pada dasarnya adalah layout keyboard standar QWERTY yang dikombinasikan dengan karakter huruf kanji Jepang Hiragana atau Katakana.

Layou Keyboard Jepang

Gambar diambil dari Wikipedia

Sebagai tambahan bahwa untuk penggunaan layout keyboard untuk karakter non-latin yang dikombinasikan dengan layout keyboard QWERTY biasanya juga bisa digunakan tanpa mengubah mode ke karakter non-latin. Misalnya saja untuk layout keyboard Jepang dan ingin menuliskan みさこ dibaca misako, pengguna cukup mengetik huruf MISAKO langsung melalui input keyboard karakter latin, dan secara otomatis komputer akan mengubah menjadi karakter kanji.

Jika dilihat akan perkembangan dunia, maka masih sangat mungkin di waktu mendatang akan muncul desain-desain layout keyboard yang baru. Sangat mungkin sekali bahasa-bahasa daerah yang memiliki karakter khusus akan dibuatkan layout keyboard khusus, misalnya saja di Indonesia yang memiliki beberapa bahasa daerah yang memiliki karakter atau aksara khusus seperti bahasa Jawa yang memiliki karakter Aksara Jawa, Bali dan Sunda hingga beberapa daerah lain juga memiliki aksara sendiri meskipun rata-rata adalah peninggalan nenek moyang dan sudah kuno. Akan sangat luar biasa sekali jika aksara tersebut dimasukkan sebagai karakter khusus dan dikombinasikan dengan aksara latin sebagai layout keyboard layaknya negara yang memiliki karakter khusus dan layout keyboard sendiri.

Mungkin juga akan dikembangkan lagi layout keyboard untuk proses pengetikan yang lebih cepat, efisien, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Masih sangat mungkin juga dikembangkan layout keyboard yang diperuntukkan untuk pekerjaan atau aktifitas tertentu.
Sebagai pengguna komputer hendaknya perlu sedikit melakukan explorasi pada instrumen atau perangkat yang digunakan, salah satunya keyboard ini. Cobalah untuk mencoba setidaknya 1 layout keyboard latin selain layout QWERTY. Untuk mengganti layout keyboard sangat mudah, secara standar, masing-masing sistem operasi sudah dilengkapi berbagai macam layout keyboard standar di seluruh dunia. Sedangkan untuk mendapatkan perangkat keyboard dengan layout tertentu bisa dilakukan dengan beberapa cara yang juga akan dibahas di artikel lain.

Referensi:

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *