Alasan Mengapa Komputer Desktop atau PC Masih Lebih Baik dari pada Perangkat Mobile

Komputer Desktop atau Konvensional atau biasa diistilahkan sebagai PC (Personal Computer) diperkirakan akan segera menemui titik kehabisan, banyak orang menyebut fenomena ini dengan Kiamat PC. Fenomena kiamat PC disebabkan karena perangkat mobile dan portable yang menawarkan pengalaman komputasi yang mampu menyamai PC bahkan beberapa lebih baik semakin digemari dan membanjiri pasaran. Ini menjadikan trend komputasi mobile juga semakin tinggi.

Sistem komputasi perangkat mobile dan portable memberikan kemudahan serta keunggulan tersendiri. Perangkat mobile dan portable dapat digunakan kapan saja dan dimana saja karena sifat perangkatnya yang mudah dibawa. Namun jika dibandingkan dengan perangkat komputer konvensional, pada banyak hal PC jauh lebih memiliki kemampuan dibandingkan dengan perangkat mobile. Ya! Memang jelas sekali bahwa PC sangat jauh dari kesan mobile, namun kemampuan PC masih sulit untuk ditandingi perangkat mobile atau portable. Berikut beberapa alasan mengapa PC masih lebih baik daripada perangkat mobile atau portable:

1. Lebih Besar Terkadang Lebih Baik

Bentuk dan ukuran alat komputasi dapat berdampak pada desain perangkat tersebut. Perangkat mobile dan portable didesain agar dapat bekerja dalam bentuk yang kecil, dengan bentuk yang lebih kecil tentunya desain sistemnya jauh berbeda dengan bentuk yang lebih besar. Dengan ukuran yang kecil, perangkat mobile diharuskan mampu melakukan komputasi yang rumit, akibatnya desain dibuat lebih sederhana dengan fitur yang tidak selengkap PC.

2. Kekuatan dan Ketahanan

Tidak diragukan lagi bahwa kekuatan dan ketahanan PC lebih tinggi daripada perangkat mobile. Dalam artian PC dapat digunakan dalam durasi lama dan lebih awet. Ini karena penggunaan PC dalam kondisi yang diam saja, tidak dibawa kemana-mana. Penggunaan Casing atau pelindung logam dari PC juga membuat PC lebih terproteksi dari gangguan luar. Beda halnya dengan perangkat mobile yang Casingnya biasanya berbahan plastik atau bahan lain yang sifatnya mudah mengalami kerusakan sehingga bagian vital dari perangkat mobile didalamnya mendapat perlindungan yang kurang.

3. Murah

Harga perangkat PC relatif lebih murah daripada perangkat portable. Dengan harga yang lebih murah bahkan bisa didapat spesifikasi lebih baik dengan performa kerja jauh lebih baik. Sebagai contoh keadaan saat posting ini dibuat, dengan budget 5 juta rupiah, hanya bisa mendapatkan laptop atau notebook sekelas dengan prosesor i3, sedangkan untuk PC sudah bisa untuk buliding sekelas i5 bahkan i7.

4. Produktifitas Lebih Tinggi

Dengan desain performa yang maksimal, PC dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dengan kinerja yang sangat cepat. Efeknya, hasil kerja dan produktifitas menjadi tinggi. Dibandingkan dengan perangkat portable dengan keterbatasannya menjadikan produktifitas tidak mampu semaksimal dengan menggunakan PC.

5. Mudah Menambahkan Perangkat Tambahan

Komputer desktop atau PC dilengkapi dengan konektifitas serta kompatibilitas perangkat yang sangat lengkap. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan maupun menginstall sendiri perangkat tambahan dengan koneksi yang disediakan, bahkan mampu dilakukan singkronisasi dengan sangat mudah.

6. Unggul dalam Gaming dan Grafis

Tidak dipungkiri lagi bahwa kemampuan gaming dan grafis perangkat mobile sangat terbatas. Untuk mendapatkan perangkat mobile dengan gaming dan grafis yang tinggi harus menguras biaya yang cukup tinggi. Secara pilihan kualitas pengolahan, PC lebih bervariasi bahkan bisa dilakukan kustomisasi sendiri. Untuk mendapatkan performa gaming dan grafis PC senilai 5 juta, paling tidak memerlukan 10 juta jika diterapkan pada perangkat mobile.

7. Tidak akan Kehabisan Daya

PC tidak memerlukan catu daya tambahan, tidak seperti perangkat mobile yang membutuhkan baterai. Jika daya baterai habis, maka perangkat mobile tidak dapat nyala. Perangkat PC mendapatkan daya langsung dari listrik, kelemahannya adalah hanya ketika listrik mati PC tidak bisa dinyalakan, namun hal tersebuat bisa diminimalisir dengan penggunaan UPS yang bisa menyimpan daya listrik layaknya baterai.

8. Mudah Dilakukan Updrade

Upgrade PC dapat dengan mudah dilakukan, baik itu upgrade secara menyeluruh, maupun bagian-bagian tertentu saja. Upgrade dapat dilakukan oleh vendor maupun dilakukan secara pribadi atau personal. Namun, beda halnya dengan perangkat mobile atau portable, untuk saat ini masih tidak mungkin melakukan upgrade secara partial, apalagi secara pribadi. Upgrade pada perangkat mobile harus dilakukan dengan mengganti perangkat tersebut dengan perangkat baru yang lebih mutakhir. Dapat dikatakan bahwa perangkat mobile atau portable merupakan satu kesatuan perangkat yang statis.

Related Posts:

One comment on “Alasan Mengapa Komputer Desktop atau PC Masih Lebih Baik dari pada Perangkat Mobile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *