Berbagai Media (Perangkat) Penghubung Komputer atau Laptop ke Koneksi Internet Mobile

Internet mobile yang disediakan provider seluler semakin diminati dan digunakan banyak pengguna. Meskipun kecepatan yang ditawarkan belum setinggi dan sestabil koneksi broadband namun koneksi internet mobile banyak digunakan. Jangkauan yang lebih luas serta dapat dihubungkan dimana saja dengan perangkat mobile menjadi alasan mengapa provider seluler berlomba-lomba menyediakan koneksi internet mobile pada pelanggan. Provider seluler di Indonesia seperti telkomsel, indosat, XL, dan lain-lain makin kompetitif dalam menyediakan koneksi internet mobile.

Tak hanya untuk perangkat atau gadget mobile saja, koneksi internet mobile dari provider juga dapar dinikmati oleh pengguna komputer PC maupun laptop serta perangkat komputer desktop lain. Dengan menggunakan perangkat komputer ataupun laptop, maka koneksi ini dapat dinikmati layaknya koneksi internet broadband atau ADSL, dan jenis koneksi-koneksi lain. Berbagai cara, metode dan perangkat transfer data dikembangkan agar komputer desktop mampu menikmati koneksi internet mobile dengan leluasa.

Modem

Penggunaan modem baik GSM maupun CDMA untuk koneksi internet mobile dengan komputer saat ini paling banyak digunakan. Harga modem untuk SIM Card GSM maupun CDMA sangat bervariasi, biasanya tergantung teknologi dan kecepatan yang diterapkan pada modem tersebut. Namun harganya masih dapat terjangkau pengguna komputer yang hanya berkisar 100-500 ribu untuk modem 3G standar. Bahkan ada juga provider yang menyediakan bundle modem dengan paket internet dan SIM Card dengan harga yang sangat murah.

Modem untuk koneksi internet mobile di komputer paling banyak ditemukan adalah tipe USB Stik/Dongle. Modem USB ini sangat banyak ditemukan, bentuknya yang kecil, mudah dibawa kemana-mana serta dapat disupport semua jenis komputer dan laptop banyak diminati pengguna. Penggunaanpun juga sangat mudah, tinggal masukkan SIM Card pada slot kemudian tancapkan modem ke USB port, instalasi software dan driver, dan siap untuk dikoneksikan ke internet mobile.

Ada juga modem untuk internet mobile tipe lain yaitu yang memanfaatkan port PCMCIA, mengingat popularitas port PCMCIA yang rendah, maka modem PCMCIA sekarang ini sudah sulit ditemukan. Laptop model beberapa tahun kebelakang masih dilengkapi dengan port PCMCIA ini, namun banyak pengguna yang tidak tau apa maksud dan fungsi port tersebut sehingga penggunaan dan popularitasnya rendah.

Wi-fi

Provider seluler kini juga membidik koneksi internet yang memanfaatkan wi-fi. Beberapa provider sudah menyediakan beberapa spot wi-fi untuk pelanggan yang memerlukan login hanya dengan bermodalkan nomer HP atau SIM Card dari provider tersebut. Perkembangan perangkat mobile atau gadget mobile yang dilengkapi dengan wi-fi tampaknya ditanggapi positif oleh provider dengan menyediakan hotspot untuk pelanggan mereka.

Koneksi internet mobile lewat wi-fi bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan modem wi-fi atau banyak yang menyebut dengan mifi. Mifi mampu mengkoneksikan SIM Card sebagai modem biasa kemudian membuat akses poin dari koneksi tersebut untuk dijadikan wi-fi dan berperan sebagai router. Modem Wi-fi tidak memerlukan lagi port pada komputer untuk bekerja, cukup. Tipe mi-fi juga bermacam-macam, ada yang sudah dilengkapi bulit-in modem dapat perangkatnya sehingga pengguna tinggal memasukkan SIM Card dari provider saja, serta ada juga mi-fi yang masih memerlukan modem tambahan.

Dengan adanya modem wi-fi ini koneksi bisa dibagi ke beberapa pengguna sekaligus. Harga perangkat ini relatif sangat murah dan terjangkau, relatif tidak jauh berbeda dengan modem tipe USB.

Singkronisasi dengan Gadget

Kemampuan singkronisasi antara gadget mobile baik handphone, smartphone, maupun gadget mobile lain membuat fitur transfer data antar perangkat dapat dilakukan secara instan. Dengan kemampuan ini, komputer dapat mengidentifikasi perangkat mobile agar menjadi modem sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan dengan jaringan internet mobile dari provider. Hal ini sangat praktis mengingat pengguna tidak perlu lagi menggunakan dan menyediakan perangkat lain seperti modem USB sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Koneksi Komputer ke Internet Mobile

Pengguna cukup registrasi paket internet saja agar biaya yang dikeluarkan tidak mahal kemudian menghubungkan gadget dengan komputer melalui konektifitas yang tersedia. Kemudian instal driver ataupun program singkronisasi yang biasanya disertakan pada pembelian gadget, lalu pengguna tinggal melakukan dial up dengan setting yang diberikan operator seluler. Konektifitas antara gadget dan komputer juga bervariasi antaralain dapat menggunakan kabel data, bluetooth, maupun infrared.

Lain-Lain

Ada juga metode lain lagi. Memanfaatkan komputer atau laptop yang memiliki perangkat wi-fi dan sudah terkoneksi ke internet mobile sebelumnya, dengan sedikit setting dan pembuatan access point atau WLAN maka koneksi tersebut dapat dishare ke komputer atau perangkat lain melalui wi-fi. Wi-fi Thetering pada perangkat-perangkat smartphone sekarang juga memungkinkan membagi koneksi internet mobile pada gadget mobile ke perangkat lain.

Berbagai macam metode untuk menikmati dan menggunakan koneksi internet mobile memang banyak tersedia. Koneksi internet mobile memang sekarang ini banyak mennjadi pilihan bagi pengguna yang ingin mengakses internet. Praktis, jangkauan luas serta tidak terpatok biaya bulanan, bisa digunakan ketika dibutuhkan saja juga harganya yang semakin terjangkau menjadi pilihan banyak pengguna untuk menghubungkan komputer dengan koneksi internet mobile.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *