Alasan Mengapa Banyak Penyedia Layanan dan Content Gratis di Internet

Layanan gratis atau Free Service dan Free Content di internet sangat banyak ketersediaan dan macamnya. Mulai dari domain gratis, hosting gratis, MySQL gratis, download gratis, script gratis dan sebagainya. Gratispun tidak sembarang gratisan, penyedia bahkan rela menyediakan layanan yang kualitasnya se-level dengan layanan berbayar bahkan lebih tinggi

Dari gambaran tersebut, banyak yang mengajukan pertanyaan, “Mengapa para penyedia tersebut bisa memberikan gratis?.” Kenapa penyedia mau mengalokasikan uangnya untuk publik, atau dari mana asal uang yang mereka gunakan untuk menyediakan layanan gratis tersebut.

Tentu saja jawaban pastinya harus ditanyakan pada penyedianya secara langsung.  Nhah, disini admin berusaha menganalisis mengapa mereka para penyedia layanan gratis tersebut bisa menyediakannya secara gratis.

1. Pemasangan iklan

Ini cara yang banyak digunakan para penyedia layanan gratisan. Yaitu dengan memberikan kesempatan kepada sponsor untuk memasang iklan diwebsite penyedia layanan gratis tersebut, cara ini sangat efektif mengingat peminat dan pengunjung layanan gratis memang banyak sehingga banyak sponsor yang mau beriklan pada situs layanan dan content gratisan. Alternatif lainnya jika kesulitan mencari sponsor adalah memasang adsense yang sudah siap dan ada iklannya.

2. Donasi

Penyedia menerima dana untuk memberikan layanan gratis dari member ataupun orang yang menyumbang. Biasanya dengan demikian, layanan tersebut memiliki member tetap dan dapat bertahan lama.

3. Promosi dan Paket

Layanan dan Content gratis diberikan sebagai promosi produk yang ditawarkan. Ada yang menggratiskan hingga periode waktu tertentu, atau pula menggratiskan sembari menawarkan produk berbayarnya ataupun jasa upgrade. Model lainnya yaitu dengan memberikan layanan atau content gratis sebagai bonus pembelian layanan berbayarnya.

4. Proyek

Pemberian layanan dan Content gratis karena ada proyek, misalkan proyek pemerintah atau lembaga tertentu. Sebagai contoh saja sebuah Universitas mengadakan proyek “Mahasiswa melek internet” kemudian memberikan layanan email dan blogging gratis kepada mahasiswa.

5. Sukarela

Penyedia memang dengan sengaja menyisihkan dana pribadinya sendiri untuk menyajikan layanan dan content gratis. Sangat jarang ditemui provider yang seperti ini. Kebanyakan yang melakukan adalah Foundation-Foundation atau perusahaan yang sudah besar serta pengusaha yang sudah berlimpah dan kaya.

Ternyata ada banyak juga cara dalam menyediakan content dan layanan gratis. Selama masih ada internet, pasti akan selalu ada gratisan. hihii.

Kemungkinan masih banyak layanan lain yang menggunakan cara berbeda dalam mendukung keberlangsungan layanan gratisnya. Silahkan mengisi kolom komentar untuk menanggapi atau menambahkan. 😀

Related Posts:

One comment on “Alasan Mengapa Banyak Penyedia Layanan dan Content Gratis di Internet

  1. Pingback: Bring My Techno Intelectual Here » Situs Penyedia Hosting MySQL Database Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *