Berkenalan dengan VoIP (Voice Over Internet Protocol)

Menurut Wikipedia bahasa Inggris disebutkan bahwa VoIP or Voice over Internet Protocol is a methodology and group of technologies for the delivery of voice communications and multimedia sessions over Internet Protocol (IP) networks, such as the Internet. Other terms commonly associated with VoIP are IP telephony, Internet telephony, voice over broadband (VoBB), broadband telephony, IP communications, and broadband phone service. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia maka pengertian VoIP atau Voice over Internet Protocol adalah sebuah metode dan gabungan dari beberapa penggunaan perangkat teknologi untuk mentransfer data suara dan data multimedia lain melalui jaringan internet. Istilah lain yang mewakili voIP antara lain Telepon IP, Telepon Internet, Voice over Broadband (VoBB), Telepon Broadband, IP communications, dan Broadband Phone.

Merujuk dari Webopedia memberikan arti untuk VoIP sebagai berikut: VoIP Short for Voice over Internet Protocol, a category of hardware and software that enables people to use the Internet as the transmission medium for telephone calls by sending voice data in packets using IP rather than by traditional circuit transmissions of the PSTN. Dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia bahwa VoIP yang merupakan kependekan dari Voice over Internet Protocol merupakan sebuah kelompok atau kategori berupa hardware dan software yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan internet sebagai media penyalur untuk penggilan telepon dengan memanfaatkan pengiriman paket data suara melalui IP daripada menggunakan transmisi telepon pada umumnya atau analog.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa VoIP pada dasarnya adalah komunikasi suara yang ditransmisikan melalui internet. Karena sifatnya mengirimkan data suara, maka VoIP dimanfaatkan dalam sambungan telepon. Berbeda dengan telepon konvensional yang memanfaatkan jaringan khusus untuk komunikasi, VoIP didesain menggunakan jaringan internet sehingga selain digunakan untuk mengakses internet, jaringan internet dapat digunakan pula untuk komunikasi telepon.

Jaringan VoIP ilustrasi dari promero.com

Contoh Jaringan VoIP
ilustrasi dari promero.com

Teknologi dan penggunaan VoIP mulai marak pada tahun 2000-an dimana era internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. VoIP bekerja menggunakan protokol internet tertentu, beberapa contoh protokol yang digunakan untuk membangun VoIP diambil dari Wikipedia adalah sebagai berikut:

  • H.323
  • Media Gateway Control Protocol (MGCP)
  • Session Initiation Protocol (SIP)
  • Media Gateway Control or H.248 (Megaco)
  • Real-time Transport Protocol (RTP)
  • Real-time Transport Control Protocol (RTCP)
  • Secure Real-time Transport Protocol (SRTP)
  • Session Description Protocol (SDP)
  • Inter-Asterisk eXchange (IAX)
  • Jingle XMPP VoIP extensions
  • Skype protocol
  • Teamspeak

Perangkat yang digunakan VoIP sangat berbeda dengan telepon konvensional, topologinya pun jelas juga berbeda. Telepon konvensional bersifat analog yang terkonek langsung ke jaringan sebuah penyedia jasa telepon melalui kabel telepon. VoIP memerlukan perangkat sama dengan perangkat internet yaitu terdiri paling tidak atas modem dan router. Lalu apakah telepon analog dan VoIP dapat saling menghubungi? Jawabannya dalah bisa. Jaringan telepon dan internet dapat saling dihubungkan sehingga jaringan telepon pun dapat pula digunakan sebagai jaringan internet. Perlu perangkat untuk Decode-Encode seperti modem agar dapat mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.

Penerapan VoIP dapat menggunakan Telepon yang memang dibuat dan didesain khusus untuk VoIP, menggunakan telepon konvensional yang dikoneksikan pada jaringan internet, juga dapat menggunakan komputer yang terkonek internet. Penggunaan komputer untuk VoIP memerlukan software khusus untuk VoIP seperti Skype, namun dewasa ini perkembangan VoIP dapat digunakan dengan basis web seperti Google Talk sehingga pengguna cukup memiliki browser agar dapat melakukan percakapan lewat internet. Munculnya VoIP juga memunculkan fitur yang dimiliki Telepon konvensional yaitu Fax yang diterapkan pada internet yang disebut dengan Fax over Internet Protocol (FoIP).

Biaya untuk jasa VoIP ini umumnya lebih murah dibandingkan dengan telepon konvensional. Jangkauan VoIP juga lebih luas dibandingkan telepon konvensional. Seiring perkembangan internet, kualitas jasa VoIP semakin tinggi jauh meninggalkan telepon konvensional. Bukan tidak mungkin kelak telepon konvensional ditinggalkan dan beralih menggunakan VoIP ataupun telepon seluler. Bahkan pada telepon seluler atau perangkat mobile sekarang inipun mampu diimplementasikan teknologi Voice over Internet Protocol ini dengan memanfaatkan koneksi dari provider maupun Wi-Fi.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *