Belajar Mengenai dan Mengenal Meta Tag

Mesin pencari melakukan penjelajahan pada situs atau blog anda dengan mengambil informasi dari judul blog, header, isi/content, serta dari deskripsi dan keyword blog anda atau yang disebut dengan Meta Tag. Meta tag berasal dari kata Meta yang berarti informasi tentang apa yang ingin anda informasikan dalam blog anda, dan kata Tag yang berarti kata-kata yang berhubungan. Jadi sederhananya Meta tag adalah deskripsi dan keyword yang merepresentasikan blog atau web anda sebagai pengenal kepada mesin pencari.

Dari sedikit uraian tersebut, jelas sekali mengapa meta tag dibutuhkan. Meta tag dapat dikatakan sebagai pengenalan lanjut tentang blog atau web kita. Meta tag dapat digunakan informasi tambahan untuk melengkapi judul dan deskripsi blog. Dengan adanya meta tag, blog bisa lebih dikenal.

Lalu, Bagaimana hubungannya meta tag dengan mesin pencari? Sebenarnya banyak mesin pencari sudah tidak menggunakan meta tag dalam pemeringkatannya. Namun, mesin pencari masih menampilkan deskripsi yang dimasukkan dalam meta tag. Meta tag masih sangat bisa digunakan sebagai keywords yang kita sediakan untuk mesin pencari mengenali blog kita.

Sepertinya tidak ada platform blog manapun menyertakan meta tag secara otomatis. kita sebagai pemilik Blog harus memasang atau menambahkan meta tagnya sendiri, sehingga pemilik blog bisa mengkustom meta tag dan keyword tambahannya.

Perhatikan dalam dunia blogging, meta tag ini masih sangat dibutuhkan. Banyak sekali blog yang tidak menggunakan meta tag, yang menjadikan visibilitas dalam mesin pencari berkurang. Perhatikan juga ketika memasukkan atau memasang meta tag mengenai karakter yang digunakan. Lebih aman gunakan karakter ASCII yaitu karakter yang sudah umum digunakan. Untuk beberapa bahasa perhatikan juga spelling atau pengejaannya, gunakan dengan benar contohnya dalam bahasa Inggris harusnya gunakan “humor” bukan “humour”. Walaupun sedikit dan sederhana, lumayan bisa berpengaruh.

Gunakanlah meta tag, deskripsi, serta keywords yang secara umum menggambarkan mengenai blog anda. usahakan jangan gunakan deskripsi yang menuju post tertentu saja, karena post anda tentu tidak satu saja kan? gunakan yang menjelaskan tema blog anda.

Untuk memasang meta tag harus dilakukan manual. Untuk itu perlu sedikit perhatian dalam memasangnya. Kenapa? karena memerlukan kode khusus. Pada dasarnya, kode tersebut tinggal di letakkan dibawah kode untuk judul atau title.

Tenang saja, anda tidak perlu harus mempelajari kode-kode html ataupun php yang rumit, kita hanya perlu mengetahui kode dasarnya saja atau bahkan tinggal copy saja kemudian mengganti deskripsi dan keywordnya saja. untuk kodenya, bisa didapat dan dicopy di posting ini (klik disini).

Untuk pemasangannya bisa klik disini. Khusus untuk platform wordpress, sudah disediakan plugin khusus untuk memasang meta tag, tutorialnya bisa klik disini.

Demikian penjelasan singkat mengenai konsep meta tag. Gunakanlah pasanglah meta tag dengan perhatian, dan semoga blog anda semakin banyak pengunjung.

Related Posts:

One comment on “Belajar Mengenai dan Mengenal Meta Tag

  1. Pingback: Kode-Kode atau Script Dalam Memasang Meta Tag Untuk Wordpress | Bring My Techno Intelectual Here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *