Cara Backup Template Blog Blogger/Blogspot

Desain dan layout sebuah blog merupakan salah satu pencerminan secara visual dari blog tersebut. Oleh karena itu, banyak blogger yang tidak sembarangan dalam urusan penampilan untuk blognya. Ada juga yang secara khusus rela belajar web programming demi mendapatkan desain dan layout yang diinginkan. Pada platform blogging Blogger/Blogspot sendiri juga sangat diperbolehkan dan dimungkinkan untuk mendesain tampilan dan layout sendiri. Blogger menyediakan fitur kustomisasi HTML agar desain dan template blog menjadi tanggung jawab pemilik blog itu sendiri.

Setelah menerapkan template yang tepat untuk blog, biasanya disertai dengan penyesuaian lanjut seperti penambahan meta tag pada template, penambahan widget, dan penyesuaian lainnya. Nhah, sangat penting melakukan backup atau menyimpan template yang sudah benar diterapkan beserta penyesuaiannya tersebut secara mandiri. Hal ini sangat berguna untuk solusi terhadap masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan tampilan dan template muncul.

Cara untuk melakukan backup template Blogger adalah sebagai berikut:

1. Login ke menu halaman Admin blog anda.

Template Blogger 01

2. Masuk ke menu “Template”.

3. Lihat di bagian kanan atas, klik “Cadangkan/Pulihkan”

Template Blogger 05

4. Kemudian klik “Unduh template lengkap”

Template Blogger 08

5. Simpan file template tersebut pada media penyimpanan yang anda miliki.

Template Blogger 09

Dengan adanya fitur backup ini, blogger tidak akan dipusingkan dengan harus membackup secara manual dengan copy paste script HTML yang telah diedit. File hasil backup adalah berekstensi .xml yang sangat support oleh berbagai pembaca dan editor HTML lain sehingga sangat mudah dikelola.

Tentunya jika tidak melakukan backup, pemilik blog akan dipusingkan jika terdapat masalah dan perlu pemulihan kembali pada template. Problem yang sering muncul adalah ketika ingin mengganti template lama dengan template baru, namun setelah diterapkan template baru tersebut ternyata terdapat masalah dan ternyata template lama lupa untuk dibackup. Tentunya akan sangat menjengkelkan jika menemui kejadian seperti demikian. Itulah salah satu pentingnya melakukan backup template pada setiap ada perubahan meskipun dalam skala minor.

Untuk melakukan restore atau penerapan kembali template dari file backup, caranya sama dengan langkah-langkah mengganti template blog Blogger/Blogspot.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *