Cara Memasang Meta Tag Pada Blog Dengan Plugin

Setelah pada posting -posting sebelumnya admin pernah membahas mengenai meta tag dari konsep hingga kode-kode yang bisa digunakan untuk meta tag, kali ini kita akan mempelajari cara memasukkan atau memasang meta tag tersebut pda blog kita. Tentu kita sudah mengetahui manfaat dari meta tag tersebut, dan sangat rugi jika kita tidak memasang meta tag tersebut.

Untuk memasang meta tag, terutama pada blog wordpress, terdapat 2 macam cara. Caranya yaitu dengan manual menambahkan meta tag script code pada code bawaan wordpress atau cara kedua yaitu dengan menggunakan plugin. Nhah, untuk kali ini kita pelajari cara memasanga meta tag dengan menggunakan plugin.

Memasang meta tag dengan menggunakan ini banyak disukai dan memang disarankan untuk pemula, walaupun seorang profesional tetep boleh menggunakannya. Kenapa? karena kemudahan yang diberikan plugin ini sendiri. Tidak perlu mengerti bahasa kode-kode html ataupun php yang rumit. Lalu bagaimana step by stepnya? Mari kita pelajari bersama. Untuk tutorial ini admin menggunakan plugin Platinum SEO untuk memasang meta tag pada blog wordpress.

1. Tentukanlah meta tag untuk blog anda dlu mulai dari judul blog, deskripsi blog, serta keyword-keyword yang mewakili blog anda.

2. Login ke dashboard blog wordpress anda, kemudian masuk ke bagian plugin.

3. Klik “add new” untuk menambah plugin

tag 1

4. Search plugin yang kita ingin install, dalam hal ini Platinum SEO. Atau anda bisa mencari plugin lain dengan keyword “SEO Pack”

5. Setelah ketemu plugin Platinum SEO, klik “install now”

tag 2

6. Tunggu hingga penginstallan selesai. klik “activate plugin” atau “network activate” jika anda mengaktifkan fitur multisite pada blog anda.

tag 3

7. Plugin sudah aktif jika sudah tersedia menu “Platinum SEO” dibawah menu setting atau update blog anda.

tag 5

8. Jika belum aktif, Kembalilah ke dashboard, kemudian masuklah ke bagian plugin lagi, lalu klik “activate plugin” atau “network activate”

tag 4

9. Jika sudah aktif, sekarang klik menu “Platinum SEO” tersebut.

tag 6

10. Nhah, sekarang isilah meta tag untuk blog anda tersebut dengan meta tag yang sudah anda tentukan di awal tadi sesuai dengan isiannya. Jika anda bingung karena banyak isian, isilah bagian Tittle, Description dan Keyword saja. yang lain biarkan.

11. Jika sudah selesai mengisinya, Scroll kebawah, dan Klik “Update Option”.

tag 7

Dan selesai, meta tag anda sudah tersedia. Anda bisa mengecek meta tag anda pada website-website meta tag analyzer yang banyak disediakan.

Untuk menginstall plugin juga bisa dilakukan manual, yaitu dengan mendownload plugin yang kita butuhkan tersebut di http://wordpress.org/extend/plugins/ kemudian upload ke hosting kita di folder public_html/wp-content/plugins , lalu login ke blog wordpress kita dan aktifkan pluginnya.

Sebenarnya masih banyak sekali plugin untuk meta tag ini. Seperti yang Admin beritahukan di tutorial diatas, anda tinggal search “SEO Pack” untuk plugin anda. Admin menyarankan menggunakan search “SEO Pack” karena plugin dengan SEO Pack biasanya didesain untuk bersahabat dengan mesin pencari (SEO Friendly). Tak hanya itu, biasanya juga disediakan untuk menambahkan meta tag pada tiap posting blog anda.

Related Posts:

One comment on “Cara Memasang Meta Tag Pada Blog Dengan Plugin

  1. Pingback: Cara Memasang Meta Tag Wordpress Secara Manual | Bring My Techno Intelectual Here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *