Cara Memasang Plugin dan Tema WordPress

Standarnya pada wordpress merupakan platform blogging yang sangat kuat. Dan pada pengembangannya, masih sangat banyak yang bisa dilakukan untuk semakin memperkuat dan semakin melengkapi fitur yang sudah diberikan. Dengan diperbolehkannya penambahan plugin, fitur dari wordpress bisa semakin beragam, kinerja blog bisa semakin meningkat.

Bisa dibilang dengan adanya plugin, wordpress menjadi platform blog yang menarik dan diminati banyak blogger. Namun sayangnya pada platform WordPress.com fitur plugin ditiadakan oleh pihak wordpress. Sehingga jika ingin mengutak-atik blog wordpress menggunakan plugin harus menggunakan hosting sendiri.

Begitu pula dengan tema. Tema wordpress sangat dinamis sekali. Customisasinya juga mudah. Membuat tampilan serasa website kelas atas menjadi sangat mungkin berkat adanya direktori khusus tema yang disediakan wordpress, atau juga mengambil dari pihak lain juga sangat diperbolehkan.

Bahkan untuk memasang plugin dan tema disediakan berbagai cara. Terdapat beberapa cara dalam memasang plugin dan tema wordpress.

1. Install Langsung melalui Fitur yang disediakan

Untuk menginstall plugin, login dahulu ke dashboard blog anda, kemudian klik menu “Plugin” dan klik “Add New”. Kemudian search atau cari plugin yang anda inginkan dan terakhir klik saja “Install Now” pada plugin yang anda ingin install. Plugin yang disediakan disini adalah yang berada pada server wordpress. Jadi jika anda memiliki plugin sendiri, anda tidak bisa menggunakan cara ini.

Untuk Tema sama saja, login kemudian masuk menu “Appearance” kemudian “Theme” dan “Add New”. Langkah selanjutnya sama dengan memasang plugin. Anda akan disuguhi ribuan tema yang siap diinstall.

2. Menggunakan Fitur Upload

Fitur ini sangat berguna jika anda memiliki plugin atau tema yang tidak tersedia di server wordpress. Caranya installnya awalnya sama dengan cara pertama, namun ketika sudah sampai “Add New” klik dan masuk ke menu “Upload. Kemudian Browse atau cari file plugin atau tema anda, dan tunggu hingga plugin atau tema anda selesai diinstall.

3. Install Manual

Instalasi manual ini yaitu dengan mengupload file plugin atau tema ke hosting yang kita gunakan. Yaitu dengan cara pertama Login ke Control Panel hosting anda. Buka File Manager yang pasti sudah disediakan hosting. Untuk install plugin cari folder ,  sedangkan untuk Tema cari folder . Upload file plugin atau tema anda disana. Jika masih berupa .zip, “Extract” file tersebut. Jika sudah, anda bisa logout dari Control Panel Hosting dan login ke dashboard blog. Anda sudah bisa memukan plugin atau tema yang baru saja anda install manual tadi.

Kemudahan-kemudahan dalam penginstallan ini sangat memanjakan pengguna. Settingnya juga sangat mudah, biasanya hanya menginputkan parameter-parameter yang disediakan saja. Tidak perlu lagi berurusan dengan script yang memusingkan.

Selalu ingat untuk melihat dan mengecek Compatibilitas atau kecocokan antara plugin atau tema yang ingin anda install dengan versi wordpress yang anda gunakan. Terutama bagi pemula. Jika salah, bisa-bisa terjadi error pada blog.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *