Cara Mengaktifkan Dan Setting Plugin Akismet Untuk Menangkal Komentar Spam

Akismet adalah sebuah plugin yang tersedia untuk platform wordpress. Plugin akismet berfungsi untuk memfilter komentar dan memisahkan antara komentar yang diidikasi sebagai spam dan komentar biasa. Komentar yang diindikasi sebagai spam akan dikelompokan sendiri atau bisa juga langsung di auto-delete sesuai settingnya.

Dengan fungsinya yang demikian bermanfaat, penerapan utama plugin akismet yaitu digunakan untuk menangkal komentar spam. Akismet utamanya digunakan dalam blog wordpress baik itu wordpress.com maupun yang menggunakan hosting sendiri.

Pada wordpress.com, aksimet sudah langsung terintegrasi dengan platform. Tidak perlu melakukan setting yang terlalu rumit, komentar spam sudah ada yang menghandle. sedangkan untuk wordpress pada hosting terpisah, plugin akismet hanya disertakan dalam paket instalasi wordpress dan tidak langsung otomatis aktif.

Untuk menggunakannya, anda harus mengaktifkannya dan melakukan sedikit pengaturan. Tidak terlalu rumit namun jika tidak dilakukan tentunya komentar spam bisa dengan mudah menyerang. Langkah-langkah untuk Mengaktifkan Dan Setting Plugin Akismet adalah :

1. Login ke dashboard blog anda.

2. Masuk ke menu “Plugin” dan “Installed Plugin”.

Screenshot (299)

3. Terdapat deretan plugin yang terinstall di blog anda. Salah satunya adalah plugin akismet. Klik “activate” pada plugin akismet tersebut.

4. Pada deskripsi plugin anda akan melihat link “Sign up for an akismet API key” klik link tersebut. Atau langsung kunjungi link http://akismet.com/wordpress/

Screenshot (300)

5. Anda akan ditampilkan halaman official dari akismet. Klik “Get an akismet API key”.

Screenshot (301)

6. Kemudian anda akan disuguhkan 3 penawaran. Pilih saja “Personal” agar tidak perlu membayar. Jika anda ingin memilih yang berbayar, silahkan saja. 😀

Screenshot (302)

7. Anda akan diminta untuk login ke akun wordpress.com klik “Sign up with WordPress.com”

Screenshot (303)

8. Silahkan masukkan data-data anda untuk mendaftar lalu klik “Sign up”. Namun jika anda sudah memiliki akun WordPress.com, klik “I already have a wordpress.com account”.

Screenshot (304)

9. Sign In ke akun wordpress.com anda.

Screenshot (305)

10. Klik “Authorize”.

11. Masukkan data-data nama dan email anda, kemudian pada “Yearly contribution” setting dengan menggeser ke kiri untuk mendapatkan layanan gratis dari akismet. Lalu klik “Continue”.

Screenshot (307)

12. Selanjutnya, login ke alamat email anda. Anda akan mendapat email dari akismet yang berisikan API key untuk identifikasinya. Copy API key tersebut.

Screenshot (311)

13. Sekarang kembali ke dashboard blog anda, dan Klik menu “Plugin, kemudian “Akismet configuration”.

14. Tempel atau Paste API key yang sudah anda copy dari email anda tadi pada isian “Please enter an API key”.

Screenshot (313)

15. Klik “Update option”.

16. Jika benar, warna indikator akan berwarna hijau dan menampilkan tulisan “Your key has been verified. Happy blogging!”.

Screenshot (314)

Keamanan blog memang cukup harus mendapat perhatian utamanya agar pengunjung mendapatkan kenyamanan berselanjar dalam blog. Dengan mengaktifkan fitur filter komentar akismet, komentar spam akan disisihkan sehingga tidak tertampil dan pengunjung tidak perlu melihat dan membaca komentar yang menyebalkan.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *