Cara Mengganti Tampilan atau Template Blog Blogger/Blogspot

Tampilan visual sebuah blog memang tidak bisa disepelekan begitu saja. Pada kenyataannya banyak pemilik blog justru lebih lama dan perlu berpikir ekstra dalam pemilihan template atau tampilan untuk Blog. Pada platform Blogger atau Blogspot terutama, meskipun telah disediakan template standar yang cukup untuk kebutuhan blogging, tetap saja masih perlu memperhatikan beberapa aspek. Karena tampilan visual adalah yang pertama kali dilihat oleh pengunjung dan menentukan bagus atau tidaknya display blog tersebut. Bisa dibilang template, layout dan tampilan visual blog merupakan representasi dari isi dan pemilik blog.

Pada platform blog Blogger, template blog biasanya dipilih sedari awal mendaftarkan atau membuat blog. Namun kedepannya masih bisa diganti juga tampilan tersebut. Untuk mengganti templateatau merubah tampilan blog Blogger cara-caranya adalah:

1. Login ke dashboard blog anda.

2. Masuk ke menu “Template”.

Template Blogger 01

3. Pilih salah satu template yang disediakan.

Template Blogger 02

4. Klik “Sesuaikan” jika ingin mengatur template standar lebih lanjut dengan interface yang mudah.

Template Blogger 03

Template bawaan dari Blogger bisa dibilang kurang diminati oleh pengguna atau pemilik blog. Berbagai sebab mungkin bisa terjadi, terutama karena variannya yang sedikit sehingga jika harus digunakan oleh banyak blogger, tentunya akan banyak blog yang memiliki sama persis. Dan seorang blogger tentunya ingin tampilan blognya tidak sama dengan blog lain. Alasan lain masih banyak juga yang menyebabkan template bawaan blogger kurang diminati dan sedikit digunakan blogger.

Untungnya Google sebagai pemilik Blogger memberikan fitur “Penyesuaian HTML” agar pemilik blog dapat dengan mudah mengakomodasi kebutuhan editing tampilan blognya. Dengan adanya “Edit/Penyesuaian HTML” maka blog yang ada pada platform Blogger bisa dimodifikasi secara total maupun parsial tampilan blognya. Tentunya dengan menggunakan kode-kode dan script HTML dalam penyusunannya. Ah, tentunya akan membingungkan bagi yang tidak mengerti HTML! Tentu saja tidak. Banyak sekali web atau blog yang memberikan refernsi bagaimana mengubah tampilan blog dengan “Edit HTML” ini.

Bagi pemula yang ingin menggunakan tampilan template lain selain bawaan Blogger namun tidak mengerti HTML, bisa dengan menggunakan Fitur export template yang biasanya berekstensi xml. File template blog Blogger bisa diperoleh dimana-mana, banyak sekali referensi web yang menyediakan template Blogger. Nah, untuk mengubah tampilan blog Blogger dengan memanfaatkan fitur “Edit HTML” serta upload file template, berikut adalah langkah-langkah mudahnya:

1. Login ke dashboard blog anda.

2. Masuk ke menu “Template”.

Template Blogger 01

3. Bagi yang mengerti dan ingin langsung menyusun dengan mempergunakan HTML klik “Edit HTML”

Template Blogger 04

4. Bagi yang ingin mengupload file template, klik “Cadangkan/Pulihkan”.

Template Blogger 05

5. Klik “Telusuri” pada pilihan “Unggah template dari file di hard drive anda”.

Template Blogger 06

6. Cari dan pilih file xml template dan klik “Open”.

Template Blogger 07

7. Terakhir klik “Unggah”.

Mudah sekali dan cepat untuk mengganti tampilan blog Blogger. Untuk mencari template blogger yang sesuai tampilan yang anda inginkan, anda bisa mencari refernsi web penyedia template pada Google Search. Atau jika anda masih kurang puas, anda bisa membuat sendiri atau memesan dari jasa pembuatan template Blogger yang banyak membuka lapaknya pada Forum Jual Beli.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *