Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Dan Memilih Tampilan Blog

Tampilan merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pembuatan dan keberlangsungan blog ataupun website. Penggunaan tema ataupun tampilan visual blog dapat mencerminkan blog tersebut. Ibaratnya, tampilan visual blog ini adalah pakaian bagi manusia.

Banyak sekali pembuat dan penyedia tema dan tampilan blog baik yang berbayar maupun gratisan. Sebenarnya tidak ada batasan

a. Grafis dan Layout

Grafis berkaitan dengan segala hal yang tampak dalam visual blog. Penggunaan image, pemilihan warna, font, symbol, dan sejenisnya. Perhatikan dalam penggunaan image, jika terlalu besar filenya, maka akan membuat blog lama diload.

Layout berkaitan dengan penempatannya. Baik posting, header, footer, widget, jumlah kolom, lebar kolom. Sangat perlu diperhatikan agar tampilan blog tidak kacau dan nyaman dilihat.

Grafis dan layout ini adalah hal yang paling diperhatikan orang dalam memilih dan membuat tema. Karena merupakan visualisasi dari blog tersebut.

b. Fungsionalitas

Fungsionalitas ini adalah bagaimana tema dapat berfungsi dengan baik, tidak ada error, maupun salah tampil. Semua link tidak ada yang mati dan kinerjanya yang bagus terutama dalam hal loading page.

c. Coding

Sudah jelas sekali dalam pembuatan tema visual blog butuh ilmu coding yang lumayan mumpuni, jika tidak bisa jadi kacau baik tampilan maupun dalam pemrosesannya. Pembuat ada baiknya membuat dengan coding yang sesuai dan selaras dengan grafis, layout, serta fungsionalitasnya, sehingga didapat tampilan visual yang harmonisasinya bagus. Usahakan pula coding cukup dapat dimengerti mesin pencari juga, jangan sampai membingungkan dan terlalu rumit.

Untuk pencari tema yang masih awam tentang coding, ada baiknya memilih tema yang sudah direview, bahkan banyak sekali tema visual yang sudah dijamin SEO ready yang artinya tema tersebut bagus untuk SEO.

Demikian adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan tak hanya dalam memilih, namun juga dalam pembuatan tampilan visual blog. Memang tidak ada patokan tertentu, tapi dengan mengetahui hal-hal tersebut, bagi pemilih, bisa menentukan tema visual yang tepat dan sesuai untuk blognya, tidak sembarang comot dan pasang. Bagi pembuat sendiri bisa membuat visualisasi yang diminati oleh blogger, sehingga tidak percuma dalam usahanya membuat tema visual untuk blog jika temanya banyak dipakai blogger, apalagi jika untuk tujuan komersial.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *