Menambah Tema Atau Tampilan Blog WordPress

Tema dalam blog wordpress adalah tampilan dan layout blog wordpress kita. Penggunaannya tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan pemilik blog sendiri tentunya dengan memperhatikan berbagai aspek agar tampilan blog terlihat menarik dan mudah dinavigasi.

Secara default, instalasi blog wordpress sudah memberikan 3 tema. Untuk kebutuhan seorang blogger tentu saja tema default tersebut sangat kurang. Tentunya semua pemilik blog menginginkan tampilan yang berbeda. Untuk itu perlu penambahan tema.

Untuk menambah tema wordpress terdapat 2 cara. Pertama yaitu dengan menginstall langsung melalui menu Tema pada dashboard, dan yang kedua yaitu dengan mendownload file tema yang dikehendaki, kemudian extract dan upload file tersebut ke hosting kita.

Untuk kali ini admin akan menjelaskan step by step menambah, menginstal dan mengaktifkan tema dengan cara yang pertama.

1. Login ke dashboard blog anda, kemudian pilih menu “appearance” lalu “themes”

Screenshot (20)

2. Klik “install” new theme atau “add new” theme

3. Waktunya mencari tema yang anda kehendaki. Beri tanda centang pada pilihan yang sesuai kebutuhan anda. Kemudian Klik “Find Theme”

Screenshot (23)

4. Jika anda sudah tahu nama tema yang anda kehendaki, langsung saja ketikkan nama tema yang anda kehendaki lalu klik “Search”

5. Akan muncul banyak pilihan tema untuk anda. Klik saja preview untuk melihat tampilan tema sebelum diinstal. Jika sudah ketemu yang pas, langsung klik “install now”

Screenshot (24)

6. Tunggu hingga tema selesai diinstall.

Screenshot (26)

7. Anda bisa langsung mengaktifkan temanya, atau kembali ke dashboard dan klik menu “Appearance >> Themes” kemudian klik “Activate” untuk mengaktifkan temanya.

Screenshot (27)

8. Sekarang coba kunjungi blog anda. Tampilannya akan berubah sesuai Tema yang anda install tadi.

Mudah sekali bukan? kemudahan itulah kenapa banyak blogger memilih wordpress sebagai platform blog mereka. Tema-tema tersebut juga sudah banyak disediakan gratis oleh pihak wordpress yang di simpan di http://wordpress.org/extend/themes/ agar bisa diunduh dan digunakan secara bebas.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *