Menambahkan dan Verifikasi Blog ke Bing Webmaster Tool

Pemantauan terhadap mesin pencari dalam menjelajah blog dan web kita memang cukup penting dan perlu mendapat perhatian khusus. Mesin pencaripun menyediakan alat untuk melakukan hal tersebut. Google sebagai search engine paling terkemuka memiliki Google Webmaster Tool.

Microsoft, yang memiliki Bing sebagai search engine juga memiliki webmaster yang dinamakan Bing Webmaster Tool. Dengan adanya tool tersebut sangat bermanfaat bagi admin blog atau website dalam melakukan pantauan. Tujuannya jelas, agar bisa mendatangkan pengunjung dari search engine yang dimaksud melalui analisis terhadap pemantauan lewat webmaster.

Istimewanya dari Bing adalah, saat ini Search engine yahoo juga mendompleng pengindeksan dari Bing. Jadi dengan memantau satu search engine bisa untuk analisis 2 search engine sekaligus. Untuk menggunakannya, perlu menambahkan dan verifikasi blog atau website. Proses untuk melakukan penambahan dan verifikasi blog atau web di Bing Webmaster Tool relatif sama dengan Google Webmaster. Berikut adalah tahapannya.

1. Kunjungi Official web Bing Webmaster Tool di http://www.bing.com/toolbox/webmaster

2. Login dengan menggunakan akun microsoft anda, bisa hotmail, windows live, ataupun xbox live. Jika tidak memiliki, silahkan sign up atau mendaftar.

3. Setelah berhasil login, pada bagian My Site ada isian untuk menambahkan situs atau blog anda. Ketik URL atau alamat blog anda kemudian kilk “ADD”.

Screenshot (124)

4. Isi data-data dan setting dasar yang diperlukan, kemudian klik “SAVE” yang berada pada bagian bawah.

Screenshot (125)

5. Selesai untuk penambahan blog. Jika muncul error setelah klik save, coba klik save lagi, jika masih error terus, kembali ke My Site, biasanya URL sudah masuk daftar.

Langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi situs yang ditambahkan tadi.

1. Masuklah ke menu “My Site”

Screenshot (126)

2. Akan muncul web dan blog yang sudah anda tambahkan tadi dengan status “Site ownership has not been verified”. Klik “verify now”.

Screenshot (127)

3. Ditampilkan 3 cara untuk verifikasi web dan blog anda.

a. untuk blog dengan hosting sendiri gunakanlah opsi pertama. Download file verifikasi dengan klik BingSiteAuth.xml kemudian upload ke hosting dimana anda menyimpan atau menginstal web atau blog anda.

Screenshot (128) 1

b. untuk blog blogger atau blogspot, copy saja sebaris script meta tag yang disediakan, kemudian login ke blog anda dan edit HTML. Letakkan script meta yang anda copy tadi persis dibawah kode <head>. Kemudian simpan hasil edit HTML anda tersebut

Screenshot (128) 3

c. untuk blog wordpress.com, copy code yang ada dalam script meta tag yang disediakan. Kode tersebut adalah serangkaian huruf dan angka yang berada dalam tanda petik. Kemudian login ke blog wordpress anda dan masuk ke bagian Tool/Perkakas. Paste kode yang anda copy ke bagian Bing Webmaster Tool dan klik save.

Screenshot (128) 2

4. Setelah salah satu opsi verifikasi dilakukan, klik “Verify”

Screenshot (132)

5. Selesai. Kemungkinan sering muncul pesan Error, klik “continue” dan cobalah klik “Verify” lagi, jika masih muncul, kembali ke My Site, biasanya web atau blog anda sudah terverifikasi.

Jika sudah terverifikasi, silahkan anda menggunakannya dengan baik. Semoga bisa diterapkan dan bermanfaat.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *