Menampilkan Lokasi pada Google Maps di Posting Blog atau Website

Google bisa dibilang menjadi Dewa dalam penyediaan berbagai fitur di internet. Teknologinya yang canggih dan penggunaannya yang mudah membuat banyak pengguna menggunakan fasilitasnya. Tidak heran jika Google membantu perkembangan penetrasi internet secara global. Tak sedikit pula banyak pihak yang menggunakan dan meniru teknologinya untuk menciptakan karya yang serupa tentunya untuk kepentingannya atau tujuan masing-masing.

Salah satu fitur yang disediakan Google dengan teknologi tinggi adalah Google Maps. Fitur ini mampu menampilkan peta dari seluruh area bumi dalam 2 tampilan dasar yaitu peta konvensional dan Citra Satelit.

Baiknya untuk blogger atau admin website adalah dengan adanya fitur ini, anda bisa menentukan suatu lokasi atau tempat yang telah ditentukan pada Google Map dan menampilkan tampilan Peta Google lokasi tersebut pada blog anda. Berikut adalah langkah demi langkah tahapannya:

1. Kunjungi alamat Google Maps di : https://maps.google.com/

2. Cari lokasi yang petanya ingin anda tampilkan.

3. Lakukan setting dasar pada tampilannya, misalnya skala dan zoom serta jenis peta yang akan ditampilkan.

4. Setelah didapat tampilan yang sesuai, klik icon “link” disamping icon printer yang terletak dibawah kolom pencarian.

5. Anda akan disediakan kode HTML untuk dicopy. Copy kode tersebut.

6. Atau anda juga bisa klik “Sesuaikan dan pratinjau peta terlampir” untuk melihat dan mengatur kembali tampilan yang sebenarnya akan ditampilkan.

7. Copy kode HTML tersebut.

8. Login ke blog anda buat posting, dan sisipkan kode HTML tersebut di dalam posting yang anda ingin tampilkan petanya.

9. Publish posting anda.

Pada saat pengeditan dan menyisipkan kode jangan lupa mengubah tampilan editor dari visual editor ke text HTML editor agar kode HTML dari peta dapat dibaca sebagai script untuk menampilkan peta tersebut. Jika tidak, maka kode akan dibaca dan ditampilkan seperti text biasa layaknya mengetik. Perhatikan juga saat melakukan setting tampilan, pastikan sudah terpoint dengan benar lokasi yang anda inginkan dan ukuran tampilan sesuai dengan tampilan pada blog. Jangan sampai tampilannya keluar dari aligment atau terlalu kecil hingga sulit dilihat.

Google Maps menyediakan 2 tampilan dasar untuk peta yang anda tampilkan. Pertama yaitu Peta atau Map biasa yang tampilannya adalah garis dan area layaknya peta yang dicetak pada umumnya. Dan Kedua yaitu Peta Satelit dengan tampilannya adalah Citra yang diambil dari Satelit. Teknologi yang untuk saat ini sangat canggih.

Google Maps ini dapat digunakan secara gratis untuk siapa saja. Bahkan jika perangkat anda memiliki alat untuk melacak posisi yang biasanya memakai GPS, anda bisa mengintegrasikannya dengan Google Maps untuk berbagai keperluan. Untuk keperluan blogging ini, Google Maps sangat berguna untuk menunjukkan suatu area atau tempat. Ketika anda akan membuat posting dan membahas mengenai suatu tempat, mengenai wisata atau kulinernya misalnya, anda bisa melakukan pointing lokasi yang dimaksud dan menampilkan lokasi pada Google Maps di posting anda tersebut.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *