Mengelola Blog WordPress pada Perangkat Android

WordPress menjadi salah satu platform blog yang sangat banyak digunakan oleh blogger. WordPress yang merupakan proyek open source menawarkan 2 cara untuk pengguna dalam memenuhi kebutuhan blogging. Pertama melalui WordPress.com dimana blogging ditawarkan secara gratis dengan domain dan hosting dari pihak WordPress. Dan Kedua yaitu melalui WordPress.org dimana source kode dan script WordPress disediakan secara gratis untuk diinstall dan digunakan pada domain dan hosting terpisah sehingga lebih fleksibel. Dengan adanya cara ini, user bisa memilih sesuai dengan keinginannya.

Sampai saat ini, praktis media untuk mengelola blog WordPress dominan melalui browser desktop. Hal ini disebabkan karena ketidak tahuan pemilik blog mengenai cara lainnya untuk mengakses halaman admin blog WordPress mereka. Untuk mengakses melalui Gadgetpun tidak nyaman karena tampilan yang kurang nyaman. Namun sekarang untuk anda yang memiliki gadget Android sudah terdapat Apikasi WordPress yang memudahkan anda untuk mengelola blog WordPress anda.

App WordPress pada platform sistem operasi Android dapat didownload dari Play Store. Anda dapat mencari dengan kata kunci “WordPress” atau browsing pada kategori Sosial pada Play Store. Tampilan dan display sudah disesuaikan dengan perangkat Android yang anda miliki. Sehingga anda bisa dengan mudah menggunakannya. Tidak seperti akses blog dengan browser bawaan Android yang mungkin kurang nyaman untuk blogging. Fiturnyapun sama dengan fitur WordPress yang diakses melalui browser desktop. Posting, moderasi komentar, insert file media, melihat statistik pengunjung, hingga preview blog bisa dilakukan dengan aplikasi WordPress untuk platform Android ini.

Baik jenis Smartphone maupun Tablet bisa menjalankan Aplikasi ini. Tak hanya untuk WordPres.com, App ini juga dapat mengelola blog WordPress yang dihosting pada hosting terpisah atau Self-Hosted. Jadi pemilik blog yang memiliki blog WordPress dengan hosting pilihan sendiri juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk pengelolaan blog. Berikut adalah beberapa screenshot aplikasi WordPress pada platform Android:

Start WordPress Android

Tampilan Start WordPress untuk Android

Login WordPress Android

Login Area WordPress untuk Android

Post List WordPress Android

Display Posting

Sidebar WordPress Android

Sidebar Menu

Posting WordPress Android

Posting Baru

Aplikasi WordPress for Android ini sangat cocok bagi anda yang hobi blogging dan memiliki perangkat Android. Penggunaannya dapat dimanfaatkan setiap ada kesempatan karena perangkat Android yang portabel dan mudah dibawa kemana-mana. Ketika di perjalanan dan mendapat ide untuk posting blog WordPress juga menjadi sangat efektif. Konsumsi transfer datapun juga tidak memakan banyak bandwidth serta tidak memerlukan kecepatan yang terlalu cepat, cukup menggunakan koneksi Edge atau 3G bawaan perangkat dan operator sudah mencukupi kebutuhan blogging menggunakan Aplikasi WordPress pada sistem operasi Android

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *