Berbagai Cara Mengetahui Pemilik dan Pengelola Website atau Blog

Website atau blog saat ini sudah semakin berkembang baik kualitas maupun kuantitasnya. Perkembangan kualitas website atau web mengikuti perkembangan bahasa pemrograman web atau HTML dan kemampuan browser, dengan semakin berkembangnya kualitas website atau blog ini banyak fitur yang dapat disematkan ataupun dijadikan konten pada website. Tak hanya itu, kualitas website dan blog juga dapat dinilai dari kualitas materi atau konten yang disajikan serta keseriusan pemilik dalam mengelola website atau blog yang dimilikinya.

Sedangkan perkembangan kuantitas website sejalan dengan perkembangan pengguna internet bahkan lebih cepat, tak jarang pula seorang pengguna atau webmaster atau blogger memiliki dan mengelola beberapa website atau blog sekaligus. Ada website atau blog yang dikelola dengan baik dan benar, ada juga website atau blog dump yang dibuat hanya untuk mendukung kelangsungan blog lainnya. Terlepas dari itu, sebuah website yang baik tentunya perlu menyajikan komunikasi dua arah antara pemilik atau pengelola dengan pengunjung website atau blog.

Ketersediaan cara untuk pengunjung dapat berkomunikasi dengan pemilik atau pengelola website atau blog merupakan salah satu kelengkapan dan menjadikan sebuah website atau blog dapat dinilai lebih profesional apalagi untuk website atau blog yang sudah terkenal dan melimpah pengunjungnya. Namun ada juga banyak website yang tidak menyediakan cara untuk berkomunikasi dengan pemilik atau pengelola blog sehingga pengunjung harus mencari cara untuk dapat berkomunikasi dan menghubungi pemilik atau pengelola website atau blog.

Komunikasi 2 arah antara webmaster atau blogger dengan pengunjung akan sangat membantu pengunjung, pengunjung dapat menanyakan tentang konten atau permasalahan yang dihadapi dan terkait dengan tema materi yang disajikan, pemberian kritik dan saran atau sekedar sharing dan saling mengenal antara pengunjung dengan pemilik atau pengelola website atau blog. Selain itu pemilik atau pengelola website atau blog tentunya akan dinilai lebih profesional dan memiliki kepedulian kepada pengunjungnya. Bagi pengunjung sendiri untuk mengetahui siapa pemilik sebuah website atau blog dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Halaman Kontak

Halaman kontak sekarang ini sepertinya bukan hanya sebagai pelengkap sebuah website atau blog namun sudah menjadi sesuatu yang harus ada dalam sebuah website atau blog. Pada halaman kontak biasanya berisi cara untuk dapat menghubungi pengelola disertai dengan detail media penghubungnya seperti alamat, nomor telepon, e-mail, akun media sosial, dan sejenisnya. Halaman kontak juga dapat berisi Contact Form atau form isian dimana pengunjung dapat langsung mengirim pesan melalui isian atau form tersebut kepada pemilik atau pengelola website atau blog.

Halaman Profil atau Tentang

Halaman ini biasanya dibuat pemilik atau pengelola website untuk menjelaskan mengenai tema atau isi sebuah website secara umum serta hal-hal yang terkait atau mungkin dimasukkan dalam website atau blog tersebut. Tak jarang pula dilengkapi dengan sedikit profil atau media yang dapat digunakan untuk menghubungi pemilik atau pengelola. Pengunjung dapat memanfaatkan hal ini untuk lebih mengetahui pemilik atau pengelola.

Widget

Hampir setiap website dan blog memiliki widget. Penempatan widget biasanya berada disisi kiri atau kanan atau bawah dari isi atau konten utama. Widget dapat diisi dengan berbagai macam fitur dan konten termasuk salah satunya kontak atau profil pemilik atau pengelola website dan blog. Pada platform Blogger widget profil pemilik website dapat ditambahkan dengan mudah. Penggunaan widget untuk memberikan informasi mengenai siapa pemilik atau pengelola website akan sangat memudahkan pengunjung untuk mengetahui siapa pemilik atau pengelola blog tanpa harus susah susah menjelajah halaman lain atau mencari cara lain.

Sosial Media

Trending sosial media saat ini membuat fungsi dan penggunaan situs-situs sosial media semakin berkembang. Merambah juga ke dunia website dan blog, pemilik atau pengelola website atau blog banyak yang membuatkan akun atau Fans Page atau grup untuk website atau blog mereka di situs sosial media. Dengan adanya halaman untuk website atau blog di sosial media maka pengunjung dapat memanfaatkan untuk mengetahui dan berkomunikasi dengan pemilik dan pengelola blog langsung melalui halaman atau akun media sosial website atau blog tersebut.

Whois

Salah satu tool atau fitur di dunia internet yang berguna untuk mengetahui detail dan identitas sebuah domain. Whois Lookup dapat mengetahui identitas siapa yang mendaftarkan domain tersebut. Dari data Whois tersebut, pengunjung sebuah website dapat mengetahui dan menghubungi pendaftar domain tersebut karena biasanya disertakan alamat e-mail dan nomor telepon pendaftar domain. Kelemahannya adalah tidak bisa mengetahui identitas pemilik blog yang menggunakan platform-platform blog dan tidak mendaftarkan domain sendiri atau dengan kata lain masih menggunakan domain atau sub-domain standar pemberian platform blog yang digunakan.

Hasil Whois Lookup Google

Contoh Hasil Whois Lookup

Bertanya

Cara ini dapat digunakan jika memang cara-cara yang disebutkan sebelumnya tidak tersedia atau tidak membuahkan hasil. Bertanya yang efektif mengenai siapa pemilik sebuah website adalah dengan bertanya pada pengguna-pengguna di forum-forum online yang memiliki sub-forum mengenai internet atau website dan blog. Bisa juga bertanya ke blog lain yang sekiranya terkait atau grup-grup di sosial media yang juga terkait.

Sumber dan Referensi Lain

Mengetahui pemilik dan pengelola website atau blog juga bisa didapat dari berbagai sumber lain, misalnya situs direktori, social bookmarking, ataupun review website atau blog baik yang bersifat online seperti situs ulasan blog ataupun yang bersifat offline seperti media cetak. Pengunjung yang ingin mengetahui identitas pemilik website atau blog juga bisa melakukan pencarian mengenai hal yang terkait di mesin pencari yang kemungkinan besar akan ditampilkan hasil penelusuran dan referensi yang terkait dengan website atau blog yang dimaksud.

Banyak cara untuk dapat mengetahui pemilik atau pengelola sebuah website atau blog. Namun ada juga website atau blog yang pemilik dan pengelolanya menutup rapat identitas dirinya, terutama untuk website atau blog yang berisikan materi yang mengundang kontroversi atau pelanggaran hukum serta konten ilegal. Jika menemui website atau blog seperti ini untuk menemukan pemilik atau pengelolanya tentu akan susah,

Related Posts:

  • No Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *