Menghapus dan Memulihkan Kembali Blog pada Blogger

Blogger sebagai salah satu platform blogging telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam dunia blog. Blogger banyak digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan akan blog pemilik blog di seluruh dunia. Hal ini sangat wajar karena fitur yang disediakan Blogger memang lengkap. Apalagi didukung oleh nama besar Google sebagai tempat bernaung.

Blogger memberikan fitur yang membuat pemilik blog sangat bebas dalam melakukan managemen terhadap blog miliknya sendiri. Termasuk kebebasan menentukan keberadaan blog. Blogger memiliki fitur untuk melakukan penghapusan terhadap blog yang dimiliki. setelah dihapuspun, tidak serta merta langsung menghilang tanpa bekas blog yang dihapus tersebut. Blogger masih memberikan waktu 3 bulan untuk mengurungkan atau merestore kembali blog yang dihapus tersebut. Hal ini sangat berguna sekali bagi pemilik blog.

Alih-alih mungkin pemilik blog mengurungkan niat untuk menghapus blog, masih bisa dilakukan restorasi blog. Atau mungkin pemilik blog ingin melakukan backup blog sebelum selamanya blog terhapus masih dapat dilakukan sebelum waktu tenggat 3 bulan tersebut habis.

Untuk melakukan penghapusan terhadap blog, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Login ke akun Blogger.

2. Masuk ke dashboard blog yang akan dihapus.

3. Klik menu “Setelan” – “Lainnya”.

Hapus Blogger 01

4. Pada bagian “Alat blog”, klik “Hapus Blog”.

Hapus Blogger 02

5. Klik “Unduh Blog” dan simpan file jika anda ingin membackup isi blog.

Hapus Blogger 03

6. Klik “Hapus Blog Ini” untuk menyelesaikan proses penghapusan blog.

Blog yang sudah dihapus akan dikelompokkan pada bagian tersendiri dan akan berada pada bagian tersebut selama 3 bulan jika tanpa perubahan, lalu kemudian akan terhapus selamanya. Blog yang dihapus tidak akan bisa diakses, kecuali dilakukan pemulihan kembali. Jika sebelum waktu tenggat 3 bulan tersebut habis ingin dilakukan pemulihan kembali maka perlu mengikuti langkah berikut ini:

1. Login ke akun Blogger.

2. Masuk ke bagian “Blog yang dihapus”.

Restore Blogger 01

3. Klik “Urungkan Penghapusan”.

Restore Blogger 02

4. Blog yang direstore akan kembali ke list blog anda dan bisa diakses kembali

Alamat blog yang sudah terhapus selamanya tidak akan bisa didaftarkan kembali. Jadi bagi anda yang berniat menghapus blog, pikirkanlah masak-masak dahulu sebelum melakukan penghapusan. Tidak ada salahnya juga untuk melakukan backup data blog Blogger yang akan dihapus untuk berjaga-jaga siapa tahu di masa mendatang terdapat data dari blog yang dihapus yang ingin dilihat.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *