Google PageRank dan Alexa Rank untuk Ukuran Kualitas Website / Blog

Kualitas akan sebuah website atau blog ada baiknya memang diukur. Mudahnya adalah dengan pemeringkatan. Ada 2 pemeringkatan web yang sangat ampuh dan digunakan sebagai acuan kualitas banmyak admin website dan blogger yaitu Google PageRank dan Alexa Rank. Pemeringkatan ini bisa dijadikan ukuran kualitas sebuah website karena menunjukkan angka sebagai peringkat dimana peringkat tersebut menunjukkan posisi sebuah website atau blog dalam persaingan secara global.

Google PageRank diukur berdasarkan analisis link yang ada di web bisa sederhananya adalah dari backlink yang menuju sebuah website/blog. Semakin banyak backlink, maka PageRank juga akan semakin besar.  Meskipun demikian, backlink tersebut bukan lah satu-satunya ukuran mutlak. Analisis link tersebut masih diperhitungkan berdasarkan perhitungan matematis yang diwujudkan dalam algoritma dari Google yang cukup rumit. Asumsi yang muncul adalah, jika mendapat link dari website dengan PageRank yang tinggi maka backlink tersebut berkualitas. Semakin bagus PageRank, maka backlink yang diberikan semakin berkualitas. Google PageRank diwujudkan dengan angka dari 1 hingga 10. Semakin tinggi angka semakin tinggi kualitas PageRank dan website tersebut.

Sedangkan untuk Alexa Rank pemeringkatannya berdasarkan traffic pada sebuah website atau blog. Traffic tersebut tidak hanya meliputi jumlahnya saja, namun juga perkembangan naik dan turunnya traffic. Alexa juga menghitung backlink untuk sebuah website. Penghitungannya adalah jika traffic atau pengunjung semakin banyak maka Alexa Rank juga akan semakin baik. Ranking disusun berdasarkan jumlah website yang berhasil diindex oleh Alexa secara  nyata. Semakin kecil angkanya maka Alexa Rank semakin bagus.

Lalu, apakah jika Google Pagerank makin bagus maka Alexa Rank juga bagus? Secara umum adalah iya. Karena efek dari Google PageRank yang semakin baik, maka akan mengalahkan website atau blog yang memiliki PageRank lebih rendah. Peringkat pada mesin pencaripun yang merupakan sumber pengunjung terbesar akan lebih tinggi yang mengakibatkan naiknya traffic. Traffic yang semakin bertambah dan meningkat tentunya akan membuat Alexa Rank meningkat juga.

Namun kebalikannya, jika Alexa Rank semakin bagus, belum tentu Google Pagerank semakin bagus juga. Karena naiknya Alexa Rank tidak mempengaruhi posisi atau peringkat hasil pencarian pada mesin pencari, backlink juga belum tentu bertambah. Berbagai faktor bisa mempengaruhi bertambahnya pengunjung seperti bertambahnya conten dan lain-lain.
Banyak sekali admin website dan blogger yang memburu kualitas web dengan berburu Google PageRank dan Alexa Rank sehingga banyak yang melakukan kecurangan dalam mencapainya. Namun banyak juga yang justru terkena penalti karena melakukan cara curang tersebut. Terutama oleh Google yang sangat ketat dalam klasifikasi dan indexingnya. Diharapkan sebuah blog atau website yang berkualitas terbentuk dengan cara-cara yang natural.

Terlepas dari hal ini semua, website dan blog yang berkualitas tentunya blog atau website yang dibuat dan dibangun secara serius serta tidak menggunakan cara-cara yang curang untuk mengakali agar website atau blog terlihat berkualitas. Pemeringkatan website hanyalah sebuah ukuran, bukanlah menentukan segalanya. Selama ada usaha untuk semakin baik, niscaya website atau blog akan semakin berkualitas yang tentunya diikuti dengan baiknya pemeringkatan web baik Google maupun Alexa ataupun pemeringkatan web lainnya.

Related Posts:

2 comments on “Google PageRank dan Alexa Rank untuk Ukuran Kualitas Website / Blog

  1. Indikator alexa rank perlu untuk ditambah dengan Alexa-pageviews, yang berguna untuk menghitung jumlah views per halaman blog. Salam kenal dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *