Kelebihan dan Kelemahan Transaksi Online Melalui Rekening Bersama (Rekber)

Transaksi secara elektronik dan online telah memberikan berbagai perkembangan baru dalam dunia perekonomian. Perkembangan tersebut sangat terlihat terutama pada munculnya berbagai cara pembayaran yang baru yang jauh lebih aman, mudah dan efisien. Rekening bersama (RekBer) merupakan salah satu solusi media transaksi untuk pembayaran yang sangat aman, mudah dan terpercaya. Penggunaan jasa ini sangat mampu menekan angka penipuan.

ilustrasi diambil dari rekber.com

ilustrasi diambil dari rekber.com

Kelebihan penggunaan Rekening Bersama

Jelas sekali bahwa daya tarik utama dari penggunaan rekening bersama adalah tingkat keamanan yang tinggi. Penipuan hampir sulit dilakukan jika transaksi pembayaran dilakukan menggunakan jasa rekening bersama. Transaksipun bisa dilakukan tanpa tatap muka, sehingga memungkinkan untuk transaksi dengan jarak jauh.

Rekening Bersama juga melayani pembayaran beda Bank. Jika Bank pembeli dan penjual beda biasanya pembeli enggan melakukan transaksi, maka dengan menggunakan jasa rekening bersama masalah tersebut dapat teratasi. Apalagi biasanya pihak penyedia RekBer tidak memungut biaya transfer beda bank, tidak seperti jika pembayaran melalui transfer langsung. Pembeli atau penjual biasanya hanya dikenakan biaya penggunaan jasa rekening bersama yang murah.

Jumlah penyedia jasa ini juga banyak, terutama di forum jual-beli sehingga pengguna dapat dengan mudah dan memilih dan menentukan RekBer mana yang akan digunakan. Penggunaan rekening bersama juga memudahkan bantuan pelacakan terhadap identitas pelaku transaksi, sehingga jika terjadi indikasi penipuan dapat dengan cepat dilakukan tindakan.

Kelemahan penggunaan Rekening Bersama

Rekening Bersama memang menjadi terobosan yang sangat bagus dalam keamanan pembayaran transaksi. Namun, tetap terdapat kelemahan dalam suatu metode. Penggunaan rekening bersama membutuhkan waktu lebih banyak dari pada transaksi langsung, transfer ATM, ataupun transaksi lain. Hal ini tidak lain adalah karena terdapat waktu yang digunakan untuk pemrosesan barang dalam hal ini pengiriman barang. Dalam proses pengiriman barang ini tentu dana masih berada di pihak RekBer. Apalagi jika ditambah pembeli yang rewel dan komplain, maka waktu transaksi yang dibutuhkan akan semakin lama.

Penyedia rekening bersama juga masih terbatas dalam hal jumlah dan pemerataan. Kebanyakan RekBer berada di FJB Kaskus dan hanya melayani transaksi jual-beli barang yang ditawarkan di Kaskus saja. Hanya terdapat sedikit pihak RekBer yang melayani jasa transaksi di luar Kaskus. Hal ini juga yang menyebabkan pengetahuan pengguna internet mengenai Rekening Bersama masih kurang yang menjadikan penipuan dalam transaksi online juga masih dengan mudah terjadi.

Penyedia jasa rekening bersama di Indonesia banyak terdapat di Kaskus, bahkan terlalu banyak. Manisnya bisnis jasa rekening bersama banyak mengundang banyak pengguna Kaskus mencoba membuka jasa rekening bersama. Hal ini bisa menimbulkan kesulitan dalam identifikasi mana pihak RekBer yang terpercaya, terutama penyedia jasa RekBer yang masih kecil. Banyak pembeli yang memilih menggunakan Rekber yang masih kecil karena biasanya respon yang cepat sebab pelanggan yang masih sedikit. Untuk RekBer yang sudah besar biasanya terdapat delay waktu yang cukup lumayan karena proses antrian order jasa yang banyak. Hal ini bisa dimanfaatkan menjadi celah penipuan dimana penipu bisa beraksi sebagai pihak penyedia jasa RekBer.

Kelemahan lain adalah harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar jasa kepada pihak penyedia rekening bersama meskipun jumlahnya tidak seberapa. Walaupun harga untuk membayar jasa cukup terjangkau dari kisaran ribuan hingga beberapa puluh ribu biasanya tergantung nominal transaksi, masih ada pelanggan yang mengeluhkan biaya jasa tersebut.

Terlepas dari kelebihan dan kelemahan penggunaan jasa rekening bersama, hendaknya pemilihan penggunaan jasa ini perlu pertimbangan dalam berbagai macam hal. Meskipun terjamin keamanan dan menggunakan jasa RekBer terpercaya, ada baiknya baik penjual, pembeli, maupun pihak penyedia jasa rekening bersama sendiri tetap berhati-hati dan waspada terhadap berbagai modus penipuan yang terjadi. Rekening bersama merupakan sebuah metode transaksi yang berusaha memberikan solusi yang menguntungkan bagi semua.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *