Membuat Halaman Kontak untuk Menyediakan Contact Form dengan EmailMeForm (EMF)

Sering kita jumpai ketika mengunjungi sebuah website, terdapat link yang menuju halaman “Tentang Kamu” atau “Contact Us” atau “Hubungi Kami” dan sejenisnya. Halaman tersebut bisanya dilengkapi dengan sajian sebuah form isian yang bisa diisi oleh kita sebagai pengunjung. Dengan mengisi dan mengirim isian tersebut, isian atau pesan yang diisikan bisa diterima dan dibaca oleh admin website tersebut.

Untuk semakin menunjukkan keseriusan dan keprofesionalan dalam mengelola website atau blog, banyak website atau blog yang menyediakan halaman Contact Us. Tujuannya tentu saja yang paling utama adalah agar pengunjung bisa menghubungi admin web atau blog. Halaman contact us untuk berkomunikasi secara 2 arah antara pengunjung dengan admin web biasanya digunakan oleh web yang besar dan profesional. Namun tak ada salahnya juga untuk seorang pemula baik admin web maupun blogger menggunakan halaman contact secara khusus seperti layaknya web profesional. Hal ini akan lebih menunjukkan keseriusan seseorang dalam mengurus web atau blognya.

Membuat Contact Form memang jadi perkara yang tidak gampang bagi pemula yang kurang mengerti pemrograman web. Akan tetapi, masalah bagi yang tidak mengerti pemrograman web yang ingin membuat halaman “Contact Us” kini ada penyelesaiannya. Anda dapat mebuat Form Contact dengan menggunakan fasilitas pembuat form dari EmailMeForm (EMF). Untuk membuatnya coba ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka alamat web EmailmeForm di http://www.emailmeform.com .

2. Sebelum membuat, kita harus mendaftar dahulu. Klik “Free Sign Up”.

3. Lengkapi data-data anda jangan lupa centang “I Agree to EmailMeForm Term of Service”.

EmailMeForm Contact Us 1

4. Klik Create Account”

5. Anda akan langsung ditujukan pada sebuah halaman pembuatan form. Nhah silahkan mulai desain Contact Form anda.

6. Sebelah kiri adalah “Field” atau pilihan isian untuk form dan sebelah kanan adalah tampilan Form. Jika sudah selesai mendesain, kilk “Save Form”.

EmailMeForm Contact Us 2

7. Copy kode yang disediakan.

EmailMeForm Contact Us 3

8. Login ke administrator blog anda.

9. Buat halaman baru dengan judul “Contact Us” atau nama lain terserah anda. Kemudian pindah modenya (untuk WordPress pindah jadi Mode Text, untuk Blogspot menjadi mode HTML).

10. Paste kode yang sudah anda Copy dari EmailMeForm tadi.

11. Post atau Publish segera halaman anda tersebut.

EmailMeForm Contact Us 4

12. Untuk melihat data yang masuk, Login ke EmailMeForm, kemudian klik pada “My Form”, kemudian klik “Data” pada form yang dibuat.

Contoh form sederhana yang sudah jadi bisa anda lihat di http://www.emailmeform.com/builder/form/Wzp6xOUfgeX8lG0 . Pada dasarnya Contact Form terdiri dari Nama, e-mail, dan pesan yang ingin disampaikan. Namun bisa juga diberi penambahan isian lain misalnya nomor telepon, atau alamat website. Penambahan tersebut tentunya disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan. Pada EmailMeForm bahkan disediakan pula isian untuk mengirim file, ini bisa dimanfaatkan untuk anda yang memiliki situs atau blog file sharing. Anda bisa membantu orang lain menyebarkan file yang dikirim.

Isian untuk membuat Form pada EmailMeForm dibagi menjadi 2 yaitu Basic dan Advance. Penggunaan untuk Contact Us biasanya cukup menggunakan Field Basic yang terdiri dari:

  • Single Line Text – Merupakan isian berupa 1 baris yang bisa diisi dengan berbagai karakter. Penggunaannya cocok untuk isian Nama ataupun e-mail.
  • Number –  Isian yang hanya bisa diisi untuk angka.
  • Paragraph Txt – Isian yang dapat memuat text yang lebih banyak dengan dimensi atau mukuran yang lebih lebar, biasanya bisa dikustomisasi.
  • Checkbox – Memungkinkan menampilkan pilihan yang dapat dipilih dengan memberikan tanda centang.
  • Multiple Choice – Isian yang terdiri dari beberapa pilihan, namun hanya bisa memilih 1 saja.
  • Dropdown – Field atau isian yang ditampilkan dalam Dropdown. Biasanya digunakan uuntuk pilihan yang sangat banyak sehingga tidak cukup jika ditampilkan dengan Checkbox ataupun Multiple Choice.

Pemanfaatan penggunaan Form dari EmailMeForm bisa berupa Contact Us, Send File, Komentar, Mengirim Tulisan, Membuat Phonebook, Survey, Polling, dan lain sebagainya. EmailMeForm bukan satu-satunya cara untuk pembuatan form, masih ada penyedia pembuat form lain, bahkan Google Docs juga mampu dimanfaatkan untuk pembuatan form Contact Us.

Related Posts:

  • No Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *