Memilih Media Penyimpanan Online (Cloud Storage) dengan Baik

Media penyimpanan online atau banyak disebut dengan Online Storage Cloud Storage atau Cloud Computing kini telah menjadi sangat populer pada pengguna internet. Tak hanya pengguna internet biasa, di kalangan korporasi dan bisnis pengunaan media penyimpanan online juga sangat banyak digunakan karena kepraktisan dan keefektifan serta harganya yang murah menjadi salah satu pilihan untuk menekan biaya pengeluaran. Tidak mengherankan jika mulai banyak bermunculan penyedia layanan penyimpanan online ini.

Cloud Storage Upload

Sebelum menentukan untuk menggunakan Online Storage, ada baiknya pertimbangkan dahulu menurut kebutuhan. Dalam pemilihan mana penyimpanan online yang harus digunakan juga perlu berbagai pertimbangan. Berbagai hal perlu diperhatikan dalam pemilihan media penyimpanan yang transfer datanya memerlukan koneksi internet ini.

Kapasitas Penyimpanan

Besarnya kapasitas penyimpanan yang diperlukan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak kurang maupun tidak kelebihan kapasitas. Misalnya jika hanya untuk menyimpan file-file office, maka gunakan layanan Cloud Storage dengan kapasitas beberapa Gigabyte saja.

Keamanan dan Kerahasiaan

Peran keamanan data pada penyimpanan online perlu diperhatikan. Untuk file yang penting misalnya, diperlukan perlindungan khusus agar file tidak tersebar ke pengguna lain. Serangan hacker juga patut menjadi kewaspadaaan sendiri. Pilih penyedia layanan Online Storage yang kredible, melengkapi akses situs dan servernya dengankeamanan ekstra dan enkripsi yang baik.

Biaya yang Harus Dikeluarkan

Besaran nominal yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanan penyimpanan online biasanya dihitung berdasar berapa kapasitas yang akan digunakan serta durasi pemakaian. Beberapa penyedia layanan Cloud Storage ada yang menawarkan beberapa Gigabyte secara cuma-cuma, untuk menambah kapasitas barulah dikenakan biaya. Google Drive misalnya memberikan 15 GB gratis untuk layanannya. Layanan Online Storage gratis ini dapat dimanfaatkan untuk pengguna pribadi, bahkan kalangan korporasi bawah dan menengah juga dapat memanfaatkan. Untuk bisnis yang sangat besar ada baiknya menggunakan Cloud Storage dengan kelas Premium aga lebih efektif.

Layanan dan Dukungan untuk Pelanggan

Adanya Customer Service untuk pelanggan juga sangat penting. Dengan adanya Customer Service maka keluhan dan permasalahan dapat segera dilaporkan dan direspon. Bagaimana jika tidak ada, sebagai contoh situasi ketika pelanggan mendapati file yang disimpan di sebuah Online Storage hilang namun penyedia tidak menyediakan layanan pelanggan, pengguna tentu akan kebingungan harus bagaimanan menghadapi permasalahannya. Kecepatan respon Customer Service juga perlu diperhatikan dalam pemilihan penyedia layanan penyimpanan online.

Kelengkapan dan Fitur Ekstra

Berbagai fitur tambahan yang ditawarkan berbagai penyedia layanan penyimpanan online sayang jika dilewatkan. Fitur tambahan tersebut dapat berupa kapasitas ekstra, keamanan ganda, email gratis, akses oleh banyak pengguna, hingga diskon dan lain-lain.

Lokasi dan Kualitas Server

Pertimbangan terhadap lokasi server kaitannya adalah dengan kecepatan akses internet. Dengan lokasi server yang jauh, tentunya membuat kecepatan loading menjadi kurang baik. Apalagi jika membutuhkan upload dan download file dengan ukuran yang besar, kecepatan akses tentu menjadi pilihan utama, menggunakan layanan penyimpanan online yang berada di luar negeri dapat menjadi kesalahan fatal. Pemilihan server juga perlu memperhatikan kualitas bukan hanya spesifikasi server saja, namun juga uptime atau presentase lama online, jadwal maintenance, serta aspek-aspek lain.

Pemilihan layanan Cloud Storage hampir sama halnya dengan pemilihan web hosting maupun file hosting. Namun pemilihan untuk Online Storage perlu lebih banyak pertimbangan mengingat yang akan disimpan merupakan data terutama data yang sangat penting.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *