Mengapa Harus Menggunakan Voice over Internet Protocol (VoIP)

Voice over IP atau disingkat dengan VoIP merupakan teknologi yang revolusioner. Penggunaanya dapat menggantikan telepon konvensional biasa. VoIP yang metode transfer datanya memanfaatkan koneksi internet memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan menggunakan telepon PSTN konvensional. Jalur telepon yang biasanya memanfaatkan kawat tembaga untuk transfer data kurang baik untuk internet, jalur internet biasanya menggunakan kabel serat optik yang transfer datanya berkali lipat lebih cepat dari kabel tembaga membuat layanan internet broadband dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. VoIP salah satunya, VoIP mampu menggantikan telepon biasa, tentu akan lebih efektif dalam hal infrastruktur maupun hal-hal lain.

Voice over IP

Terintegrasi dengan Layanan Internet

Pada Voice over IP, sambungan dilakukan melalui media internet. Internet merupakan penyalur utama data pada teknologi ini. Jika dahulu sambungan telepon dapat digunakan untuk internet, sekarang ini sebaliknya. Internet dan VoIP dapat digunakan secara bersamaan dengan berbagi bandwidth. Instalasinya pun sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri, dapat menggunakan komputer maupun menggunakan telepon VoIP. Dengan integrasi dengan internet, akan jauh lebih efektif dan efisien karena tidak perlu lagi menydiakan line telepon secara terpisah.

Biaya Layanan Jauh Lebih Murah

Menggunakan layanan VoIP pada dasarnya hanya membeli waktu bicara saja, untuk koneksi sendiri dapat dibeli secara terpisah. Namun ada juga provider VoIP yang menyediakan langsung layanan keduanya. Harga layananpun lebih murah daripada layanan telepon secara umum. Banyak juga provider VoIP yang menawarkan layanannya secara gratis sehingga pengguna cukup menyediakan koneksi internet saja.

Terdapat Fitur Chat yang Menggantikan SMS

Fitur SMS konvensional dapat digantikan dengan chat pada VoIP. Fitur chat jauh lebih mudah digunakan dan transfernya yang jauh lebih cepat dari SMS. Meskipun demikian, beberapa penyedian layanan VoIP juga menyediakan fitur SMS konvensional pada layanannya. Chat juga biasanya terdapat integrasi kemampuan untuk mengirimkan file.

Dapat Digunakan pada Smartphone, Tablet, atau Gadget Mobile Lain

Koneksi data internet mobile saat ini sudah dapat digunakan untuk menggunakan teknologi VoIP. Pengguna bisa memanfaatkan koneksi data 3G dari provider yang dipilih atau juga bisa memanfaatkan koneksi Wi-Fi yang banyak tersedia gratis. Kemampuan ini didukung oleh banyaknya penyedia layanan VoIP yang membuat aplikasi untuk perangkat mobile agar pengguna dapat menggunakan layanannya secara mobile.

Kualitas Suara yang Lebih Baik

VoIP membutuhkan koneksi broadband dimana koneksi ini merupakan koneksi berkecepatan tinggi yang transfer datanya jauh lebih baik dibanding telepon konvensional. Dengan kapasitas trnasfer data yang lebih baik, maka kualitas suara yang dihasilkan juga bisa lebih baik. Pengguna dapat mengatur bagaimana kualitas suara yang diinginkan demi kenyamanan komunikasi.

Tidak Membutuhkan Alat Tambahan pada Infrastruktur Internet

Jika komputer atau laptop sudah terkoneksi pada internet, maka sudah dapat digunakan untuk melakukan panggilan VoIP. Tidak perlu lagi menggunakan telepon secara fisik, pengguna cukup menginstall aplikasi dan untuk berbicara dapat menggunakan mic atau headset. Namun pengguna dapat juga menambahkan alat berupa telepon layaknya telepon konvensional agar dapat digunakan secara bebas dan tidak menggangu komputer. Beberapa telepon konvensional juga dapat langsung digunakan sebagai alat VoIP cukup dengan menghubungkan pada router atau komputer dengan sedikit pengaturan.

VoIP Memiliki Semua Fitur pada Telepon Konvensional

Fitur yang dimiliki telepon konvensional juga dimiliki oleh teknologi VoIP, bahkan lebih berkembang. Call record, call log, voice mail, serta fitur lain juga dapat dilakukan oleh VoIP. VoIP juga sangat mendukung video call dengan kualitas yang sangat baik tergantung kualitas dan kecepatan internet. Terdapat juga fitur Fax yang disebut juga Fax over Internet Protocol (FoIP).

Sayangnya penerapan VoIP di Indonesia sangatlah kurang. Infrastruktur, minimnya penyedia dan regulasi yang kurang jelas jelas membuat teknologi ini kurang digunakan di Indonesia. Namun bukan tidak bisa, jika ingin menggunakan VoIP, pengguna secara personal dapat memanfaatkan layanan VoIP menggunakan komputer atau gadget mobile yang sifatnya Internasional seperti Skype yang harga layanannya sangat murah dan dapat terhubung ke seluruh dunia.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *