Mengenal Rekening Bersama (RekBer) serta Peranannya dalam Transaksi Online

Rekening Bersama mengambil peranan penting dalam Transaksi Online modern. Merupakan salah satu terobosan yang sangat berguna bagi berbagai pihak yang terlibat dalam jual-beli online. Rekening Bersama banyak tersedia dan melayani di situs-situs jual-beli (market place). Lalu apakah RekBer itu?.

RekBer

Rekening Bersama Mencakup Antar Bank

Sebelum membahas lebih lanjut, coba kita lihat pengertian RekBer dahulu. Rekening Bersama (Rekber) adalah suatu perantara yang menjembatani pembayaran transaksi jual beli antara penjual dan pembeli yang bersifat netral, tidak memihak penjual maupan pembeli. Rekening bersama di luar negeri disebut dengan Escrow Service.

Sistem / Alur Penggunaan Rekening Bersama (RekBer)

Rekening Bersama (RekBer) memiliki beberapa tahapan prosedur. Mulai dari pembeli dan penjual yang sepakat melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan layanan Rekening Bersama. Selanjutnya, pembeli melakukan pembayaran atau transfer ke rekening pengelola RekBer. Pengelola RekBer memberitahukan kepada penjual agar memproses atau mengirim produk yg dijual kepada pembeli. Penjual memproses atau mengirim produknya pada pembeli. Setelah barang sampai pada pembeli, kemudian pembeli memberitahukan kepada pengelola RekBer bahwa barang sudah sampai dan mempersilahkan RekBer meneruskan dana ke penjual. Tahap terakhir, pengelola RekBer mentransfer dana dari pembeli kepada penjual.

Dalam penjelasan alur sistem penggunaan Rekening Bersama mungkin terasa cukup rumit, namun dalam pelaksanaannya ternyata sangat sederhana sekali. Pada dasarnya dana dari pembeli dititipkan ke pihak RekBer, kemudian setelah barang yang dibeli telah diterima, baru dana yang berada di pihak RekBer diteruskan ke penjual. Dengan praktik penggunaan Rekening Bersama yang sederhana tersebut, masih saja ada pembeli dan penjual yang enggan menggunakan layanan Rekening Bersama dengan alasan ribet atau rumit atau tidak tahu cara kerja Rekening Bersama. Padahal penggunaan RekBer dengan tahap yang sederhana tersebut bisa mendapatkan keamanan transaksi yang jauh lebih baik daripada menggunakan cara lama dengan transfer langsung atau metode transaksi lainnya.

Peranan Rekening Bersama dalam Transaksi Online

Salah satu alasan munculnya layanan Rekening Bersama adalah maraknya penipuan dalam jual beli dan transaksi online. Dengan adanya layanan RekBer, diharapkan dapat menekan tindak penipuan. Dan sepertinya cukup berhasil meminimalisir penipuan yang kerap terjadi dalam jual-beli online. Bagaimana bisa penggunaan RekBer mampu menekan angka penipuan dalam transaksi secara online?

Sebagai contoh kasus modus penipuan dalam jual beli online yang sering terjadi adalah penjual menawarkan barang kepada pembeli, kemudian pembeli membayarkan barang tersebut biasanya dengan transfer ke rekening penjual, namun penjual tidak mengirimkan barang yang dimaksud atau mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan keadaan yang ditawarkan. Dalam modus tersebut, sangat mudah terjadi penipuan jika melakukan transaksi dengan cara transfer rekening. Dengan RekBer penipuan tersebut sangat kecil terjadi bahkan mustahil. Karena uang dan barang akan aman sampai transaksi berhasil dilakukan. Dalam contoh kasus tersebut. RekBer selain berfungsi sebagai perantara transaksi juga sekaligus sebagai pengawas transaksi tersebut. Dengan penggunaan Rekening Bersama pembeli dapat lebih tenang karena dana baru akan disampaikan ke penjual ketika barang sudah sampai ke pembeli. Penjual juga lebih tenang karena dana sudah berada di pihak RekBer ketika barang dikirim.

Peranan lainnya bahwa penggunaan Rekening Bersama akan memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli yang memiliki rekening berbeda Bank, karena biasanya Rekening Bersama menyediakan banyak sekali pilihan Bank yang bisa digunakan dan biasanya melayani antar Bank dengan biaya yang lebih murah bahkan gratis.

Rekening Bersama telah memberikan solusi yang sangat berguna dalam memerangi penipuan online. Keuntungan penggunaan RekBer sangat dapat dirasakan oleh pengguna. Tidak hanya yang disebutkan pada posting ini, masih banyak juga keuntungan serta peranan penggunaan Rekening Bersama dalam Transaksi Online. Namun, tidak selamanya penggunaan Rekening Bersama juga menguntungkan, adapula kerugian serta masih ada juga modus penipuan dengan menggunakan RekBer pada situasi tertentu. Terlepas dari semua itu tetaplah gunakan kewaspadaan ekstra ketika melakukan transaksi online, pilihlah metode pembayaran yang tepat dan serta menguntungkan semua pihak. Dalam menggunakan layanan Rekening Bersama juga perlu diperhatikan pemilihan pihak RekBer yang akan digunakan. Pilihlah RekBer yang dapat dipercaya dan telah memiliki reputasi yang bagus.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *