Menggunakan Proxy untuk Berselancar Secara Anonim (Anonymous) di Internet

Berselancar atau surfing di internet merupakan hal yang pasti dilakukan oleh seluruh pengguna internet. Menjelajah internet memang banyak mempermudah berbagai pekerjaan dan kegiatan. Banyak informasi dan konten yang tersedia baik yang gratis maupun premium dan berbayar tersedia di jagat maya.

Namun tentu pengguna internet wajib tetap waspada dan berhati-hati dalam penggunaan internet. Selain menjauhkan diri dari konten yang negatif dan ilegal, pengguna internet juga harus sangat berhati-hati dan memperhatikan kemungkinan ancaman keamanan di internet. Ancaman keamanan di internet ini misalnya tindakan hacking, virus, dan lain sejenisnya. Termasuk didalamnya adalah ancaman pencurian data pribadi dan penyalahgunaannya.

Data pribadi bisa ter-expose dan dilihat oleh para pengguna internet lain terutama hacker dengan mudah karena menggunakan koneksi internet yang terbuka dan memperlihatkan data-data konektifitas. Karena data-data koneksi dapat terlihat dengan mudah, maka dapat dengan mudah pula diidentifikasi kelemahannya, apalagi jika tingkat keamanan jaringan koneksi juga rendah, maka akan mudah ditembus. Dengan memanfaatkan data-data tersebut dan celah keamanan yang ada maka kemungkinan pencurian data pribadi lebih mudah dilakukan.

Salah satu cara untuk menutupi dan menyamarkan identitas ketika terkoneksi di internet adalah menjelajah internet secara Anonim (Anonymous). Dengan terkoneksi secara anonim, maka data-data asli pengguna tidak akan mudah dibaca atau dikenali oleh pengguna atau server.

Penggunaan proxy merupakan salah satu cara untuk menjelajah dan berselancar di internet secara anonim (Anonymous). Proxy merupakan server yang berfungsi mewakili pengguna. Jika pengguna terkoneksi ke proxy maka data atau identitas asli pengguna tidak akan ter-expose dengan mudah.

Alur jaringan Proxy secara sederhana

Data yang dikenali oleh internet global adalah data server proxy tersebut. Ini disebabkan karena transfer data antara internet global sebelum diterima oleh pengguna harus melalui server proxy ini terlebih dahulu. Ini seperti pengguna memerintahkan server proxy agar meneruskan permintaan pengguna tersebut ke internet.

Mekanisme koneksi internet secara anonim menggunakan proxy ini sederhananya adalah pengguna melakukan koneksi internet seperti biasa kemudian terhubung ke server proxy, setelah terhubung barulah digunakan untuk menjelajah internet. Pengguna memberikan perintah ke proxy untuk mengunjungi situs tertentu, kemudian proxy meneruskan permintaan tersebut dan berhasil terhubung dengan situs yang dimaksud, kemudian proxy membaca dan mentransfer data dari situs yang dimaksud ke server proxy, terakhir pengguna membaca dan mentransfer data situs yang sudah ditransfer ke server proxy.

Perlu diketahui bahwa tidak semua proxy dapat menyajikan koneksi secara anonim. Perlu pemilihan server proxy yang memiliki fitur anonim agar dapat terhubung ke internet secara anonim, biasanya pada situs penyedia proxy dicantumkan tingkatan ke-anonim-an masing-masing server yang tersedia.

Proxy juga tidak semua ditawarkan secara gratis, memang banyak penyedia proxy yang menawarkan secara gratis, namun proxy yang berbayar tentunya memiliki keunggulan lebih dibandingkan proxy gratisan. Proxy berbayar umumnya pengguna bisa memilih tingkat ke-anonim-an, juga server lebih stabil dan lebih tahan lama. Ya, server proxy gratis biasanya memiliki waktu kadaluarsa, terutama ketika banyak pengguna yang menggunakan. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan proxy premium yang biasanya disediakan juga tools atau addon dari penyedia untuk komputer pengguna agar pengguna mudah menggunakan proxy.

Untuk setting proxy cukup mudah, pengguna dapat melakukan pengaturan pada Internet Option di Control Panel atau melalui browser dan masing-masing aplikasi atau program yang membutuhkan koneksi internet. Beberapa penyedia proxy juga menyediakan addon agar dapat dipangan pada browser sehingga pengguna dapat menggunakan proxy dengan mudah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *