Berbagai Cara Mengurangi dan Menghemat Penggunaan Data pada Smartphone dan Gadget Mobile

Internet untuk digunakan pada perangkat mobile seperti pada handphone, smartphone, tablet, maupun gadget lain sekarang ini sudah sangat lumrah. Penggunaannya tidak kalah dengan penggunaan internet pada komputer konvensional, bahkan lebih sering digunakan karena sifatnya yang mobile dan praktis.

Penggunaan data internet pada perangkat mobile memang sangat besar. Banyak pengguna juga menjadikan koneksi internet dengan smartphone atau gadgetnya sebagai sumber koneksi internet utamanya. Tak jarang terjadi pemborosan penggunaan data internet mobile. Traffic data internet pada provider menjadi penuh, pengguna juga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli paket data internet untuk smartphone atau gadgetnya.

Mobile Internet

Perlunya penghematan terhadap pengunaan data internet mobile harus dilakukan. Penghematan terhadap penggunaan data internet mobile akan berdampak positif bagi pengguna.Infrastruktur jaringan komunikasi mobile Indonesia masih belum begitu baik dan biaya untuk registrasi paket data internet mobile juga masih tinggi, dengan penghematan jalur komunikasi data maka koneksi akan lebih lancar dan pengguna dapat menghemat pengeluaran.

1. Matikan Koneksi Data ketika tidak Digunakan

Ketika smartphone atau gadget berada dalam kondisi stanby dan masih terhubung internet namun tidak digunakan, bukan berarti smartphone serta merta juga berhenti penggunaan internetnya. Transfer data dapat saja terus terjadi dan digunakan aplikasi yang berjalan di background, aplikasi yang diizinkan untuk mengakses internet apalagi jika terdapat auto-load internet akan selalu membutuhkan koneksi internet meskipun sedang tidak digunakan.

Smartphone dan gadget juga senantiasa akan melakukan monitoring terhadap semua perangkat lunak serta memeriksa akan adanya update atau upgrade pada perangkat lunak dan aplikasi melalui internet dimana hal ini dilakukan dan berjalan di background. Maka dari itu, gunakan koneksi data ketika dibutuhkan saja, ketika sudah tidak membutuhkan langsung putus sambungannya. Dengan cara ini juga bermanfaat untuk menghemat daya tahan baterai.

2. Jangan Tampilkan Gambar

Gambar merupakan salah satu file yang cukup berat untuk diload menggunakan smartphone. File gambar biasanya berukuran lebih besar daripada file-file html, ini yang menyebabkan loading gambar yang agak berat sehingga cukup dapat menguras volume transfer data. Aplikasi-aplikasi terbaru untuk smartphone dan gadget terutama browser sudah memiliki fitur untuk menonaktifkan penampilan gambar pada website. Jika ingin menampilkan gambar, ada baiknya ditampilkan atau di-load secara manual atau bisa juga dengan langsung mendownload gambar tersebut sehingga tidak perlu lagi menggunakan traffic data ekstra untuk mendownload ulang gambar tersebut.

3. Jangan Hapus Cache yang Tersimpan

Cache mudahnya adalah data sebuah web yang tersimpan karena pernah mengunjungi web tersebut. Jika terdapat cache sebuah web yang tersimpan, maka ketika akan mengunjungi web tersebut lagi, maka tidak perlu lagi membuka secara utuh seluruh data web tersebut, cukup mengambil ulang data dari cache yang tersimpan. Cache bisa dianggap sebagai sebagian data web yang tersimpan offline untuk digunakan kembali.

Dengan memanfaatkan cache maka volume internet juga lebih rendah serta loading akan lebih ringan. Pengunaan cache ini sangat bermanfaat untuk website-website yang sering dikunjungi kembali seperti social media layaknya facebook, twitter, dan lain-lain. Beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet juga sudah banyak yang memiliki fitur penggunaan cache ini.

4. Gunakan Pengingat Username dan Password dan Auto-Login

Pada website dan aplikasi yang sering dikunjungi atau dipakai dan membutuhkan login, perlu memasukkan username dan password. Jika terdapat fitur pengingat password dan username dan Auto-login pada browser atau aplikasi, maka aktifkanlah. Ini berfungsi agar ketika pengguna akan mengunjungi website atau menggunakan aplikasi kembali, maka user tidak perlu lagi membuka halaman login dan akan langsung diarahkan ke konten. Meskipun hanya beberapa kilobyte saja, namun jika sering digunakan maka data yang dihemat akan cukup signifikan.

5. Gunakan Manual Update untuk Aplikasi yang Berjalan

Aplikasi yang tersedia untuk smartphone terutama aplikasi yang resmi dan banyak didownload pengguna biasanya akan terus dikembangkan oleh developer. Hal ini mengindikasikan bahwa aplikasi tentu akan selalu tersedia update secara berkala. Kebanyakan aplikasi diatur secara default untuk melakukan download update secara otomatis, sehingga pengguna tidak tahu jika aplikasinya sedang diupdate. Hal ini akan mengakibatkan pengguna tidak tahu juga seberapa banyak konsumsi data yang diperlukan.

Untuk aplikasi yang kecil, yang hanya beberapa puluh atau ratus KB saja mungkin tidak begitu terasa, namun untuk aplikasi yang berukuran besar dapat menyebabkan pembengkakan konsumsi data internet serta memperlambat kinerja gadget pula. Apalagi jika yang digunakan adalah paket internet kuota, maka kuota akan cepat habis. Oleh karena itu, update hendaknya dilakukan secara manual agar konsumsi data dapat dikontrol dengan baik.

6. Gunakan Alternatif Koneksi Lain Jika Memungkinkan

Smartphone dan gadget mobile saat ini dilengkapi dengan konektifitas internet ekstra, bukan hanya melalui provider seluler saja. Bluetooth dan Wi-Fi dapat dimanfaatkan sebagai koneksi alternatif maupun koneksi utama, bahkan transfer datanya lebih cepat. Wi-Fi hotspot yang sudah banyak tersedia di tempat-tempat publik dapat digunakan. Ketersediaan wi-fi sangat banyak, lebih murah dan banyak juga yang disediakan gratis.

7. Pilih Browser yang Memiliki Fitur Kompres Data

Browser atau aplikasi penjelajah internet bawaan perangkat tidak memiliki fitur kompres data, ini berarti webpage akan dibuka secara penuh dan file-file webpage yang diperlukan untuk membuka web di-load semua. Akibatnya akan memberatkan koneksi dan loading yang lama. Beda halnya dengan menggunakan browser yang memiliki fitur kompresi data dan cache yang tinggi, webpage yang diload akan dikompres dahulu dan tampilanpun disesuaikan dengan jenis perangkat, bahkan tak jarang developer menyediakan server untuk melakukan kompresi data yang lebih baik, konsumsi data dengan menggunakan browser dengan fitur kompresi data ini akan sangat rendah. Contoh browser yang memiliki fitur kompresi data adalah Opera Mini.

8. Download Aplikasi, Update dan Upgrade dengan Komputer

Aplikasi, update ataupun upgrade perangkat lunak biasanya memerlukan kebutuhan volume data yang tidak sedikit, apalagi jika aplikasi yang terinstall banyak dan update sering dirilis. Akan lebih baik jika download aplikasi, update dan upgrade didownload terlebih dahulu menggunakan komputer dengan koneksi lain, baru kemudian ditransfer ke smartphone. Singkronisasi Komputer dan Smartphone juga memungkinkan untuk instalasi aplikasi, update, dan upgrade langsung dari komputer ke gadget tanpa perlu memindahkan data terlebih dahulu ke gadget.

9. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Background

Smartphone dan gadget mobile saat ini sudah mampu melakukan multi-tasking. Sama layaknya sistem operasi dan komputer konvensional, beberapa aplikasi juga mampu berjalan di background. Jika aplikasi dibackground memerlukan koneksi internet, aplikasi tersebut akan menyedot koneksi data internet terus menerus. Aplikasi-aplikasi social media seperti Twitter client atau Facebook serta aplikasi chating seperti Line, whatsapp, WeChat, dan lain-lain biasanya berjalan dibackground dan memerlukan koneksi data yang terus menerus. Ini cukup menguras kebutuhan data internet yang tinggi. Pastikan tutup dan signout jika perlu agar aplikasi tersebut tidak menggunakan koneksi internet terus menerus.

10. Registrasi Paket Data Sesuai Kebutuhan Kuota

Sebagai pengguna internet mobile, masing-masing pemilik perangkat mobile hendanya mengerti akan kebutuhan datanya dalam periode waktu tertentu. Dengan mengerti kebutuhan data, maka dapat menentukan pembelian paket berdasarkan kuota atau volume data yang diperlukan. Pembelian paket data sesuai kebutuhan pengguna akan merasa dibatasi dalam penggunaan internet mobile jika membeli dengan batasan kuota atau volume tertentu sehingga akan berusaha menghemat penggunaan. Namun jika kebutuhan kuota tinggi, ada baiknya menggunakan paket unlimited, namun harus siap pula dengan biaya yang cukup mahal. Namun jangan sampai beninternet tanpa menggunakan registrasi paket sama sekali, biaya yang dikeluarkan bisa berpuluh kali lipat dibandingkan dengan penggunaan data dengan paket.

11. Gunakan Koneksi Alternatif untuk Streaming atau Streaming dengan Resolusi atau Kualitas Rendah

Streaming merupakan salah satu fitur multimedia melalui media internet yang membutuhkan transfer data yang tinggi. Infrastruktur internet mobile Indonesia yang masih kurang baik dapat menyebabkan streaming putus ditengah. Gunakan saja koneksi lain seperti wi-fi untuk melakukan streaming. Agar lancar dan konsumsi data lebih rendah, streaming dengan kualitas yang rendah saja.

Mengurangi konsumsi data pada Smartphone dan Gadget Mobile memberikan banyak keuntungan baik dari untuk perangkat hingga dari segi finansial. Dari segi harga misalnya, paket internet data mobile di Indonesia masih terbilang cukup mahal. Infrastruktur juga belum merata dan baik, koneksi 3G masih belum dapat menjangkau pinggiran ataupun kota kecil. Hal ini mempengaruhi terhadap penyediaan paket data. Provider masih membatasi paket data dengan kuota, banyak provider seluler yang tidak berani menyediakan paket data unlimited untuk penggunanya, Jikapun ada masih diberlakukan Fair Usage dimana kecepatan akan diturunkan ketika melampaui kuota tertentu. Jangan lupa juga untuk menjaga smartphone dan gadget ketika berinternet dari ancaman virus dan malware agar smartphone tetap berjalan dengan baik. Virus dan Malware dapat pula menggunakan dan mengirim data secara terus menerus.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *