Peranan Penting Konten Bagi Sebuah Blog/Website

Konten atau isi atau materi pada blog atau website menjadi inti dan nyawa untuk blog atau website tersebut. Tanpa materi konten, blog dan website tidak akan ada. Hanya halaman statis yang tentunya sangat kurang menarik.

Materi isi sebuah blog atau website pada dasarnya dapat dibagi 2 yaitu konten utama dan konten pendukung. Konten utama merupakan representasi dan tujuan blog atau website dibuat. Juga sebagai materi agar pengunjung mengunjungi dan mengambil informasi yang ada pada konten tersebut. Sedangkan konten pendukung adalah konten lain yang mendukung agar blog atau website lebih lengkap. Materi pendukung ini misalnya posting khusus mengenai identitas admin, widget, dan lain sebagainya.

Apa saja pentingnya Konten bagi sebuah blog atau website? Ada beberapa, diantaranya adalah:

1. Inti dari Blog/Web

Apa jadinya blog tanpa posting? Hanya lembaran halaman kosong tidak berarti dan bukan blog namanya. Materi sebuah blog/web yang menentukan hidup atau tidaknya blog tersebut. Pengunjung juga membutuhkan konten agar dapat menyerap informasi dan data dari sebuah blog atau website. Konten pada blog/web tak hanya berupa postingan atau tulisan, namun ada pula yang menyajikan gambar, video, ataupun file-file untuk didownload.

2. Membangun SEO dan Mendatangkan Pengunjung

Content juga berperan banyak dalam hal menentukan kekuatan SEO atau Search Engine Optimization. Banyak yang bilang bahwa Konten adalah segalanya dihadapan mesin pencari. Memang ada benarnya, karena mesin pencari akan menampilkannya pada hasil pencarian. Juga kata-kata dan deskripsi materi dari isi atau konten sangat berperan dalam pembentukan kata kunci atau keyword. Hingga banyak yang beranggapan ada baiknya membuat tulisan yang panjang. Benar tidaknya, silahkan mencari referensinya.

Dengan pembentukan SEO dari konten, potensi untuk mendatangkan pengunjung tentunya juga semakin besar. Semakin banyak pengunjung tentunya semakin terkenal pula blog/web yang akhirnya bisa menjadi manfaat bagi pemilik dan juga pengunjung.

4. Tempat Penayangan Iklan dan Sumber Penghasilan

Banyak sekali dijumpai blog atau website yang menayangkan iklan di tengah materi. Hal ini disebabkan karena pada konten merupakan tempat strategis untuk placing iklan. Semua pengunjung akan melihat konten, maka jika iklan ditempatkan pada konten, maka pengunjung juga akan makin sering dan banyak melihat iklan tersebut. Dengan demikian revenue atau penghasilan dari iklan yang ditampilkan di konten juga makin tinggi presentasenya dibanding placing iklan pada layout lain.

Sumber penghasilan lain dari konten yaitu konten dijadikan materi iklan. Bisa berupa promo ataupun review. Jadi pada materi konten tersebut, menjelaskan sedetail mungkin apa yang dipromokan atau review mengenai produk pengiklan.

5. Pencitraan untuk Blog dan Pemilik

Isi dari blog/website sangat menunjukkan dan menginterpretasikan apa sebenarnya dan siapa dibalik blog/web tersebut. Pada blog terutama, biasanya mengangkat tema tertentu, seperti blog ini, mengangkat tentang tema mengenai Informasi dan Pengetahuan Komputer dan Internet. Konten utamanyapun tidak akan jauh tentang komputer dan internet. Pengunjung akan mengingat dan menyerap informasi bahwa blog www.ipankint.com adalah tentang komputer dan internet.

Tak hanya blog atau websitenya, pemilik dan pengisi kontennyapun akan terlihat. Pada blog akan terlihat dari bagaimana blogger tersebut menyampaikan melalui tulisan pada tiap postingnya. Begitu pula pada website lain, pada website file hosting misalnya, user tertentu akan lebih banyak mengupload mengenai format file tertentu, misalnya file dokumen atau video yang menunjukkan jati-dirinya.

6. Penyampai Tujuan Pembuat

Blog/website dibuat tentunya untuk menyampaikan apa yang ada dibenak pendirinya. Berbagai motif dan tujuan sangat beragam yang memunculkan berbagai macam tema blog. Mulai dari sekedar sharing, memperbanyak teman, mencari penghasilan, hingga kampanye dan lain-lain. Bahkan ada juga blog yang dibuat untuk menjatuhkan pihak-pihak tertentu dengan memposting keburukan pihak tersebut.

Beberapa peranan penting konten yang sudah disebutkan menunjukkan bahwa konten atau materi atau isi tidak bisa dipisahkan dengan blog atau website. Konten menjadi salah satu bagian yang vital terhadap development blog/web. Maka buatlah konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *