Situs-Situs Market Place (Jual Beli) Terbesar Di Indonesia

Perkembangan Internet yang sangat cepat mendukung perkembangan pada bidang lain. Kemudahan komunikasi membuat transfer informasi menjadi sangat cepat. Imbas terhadap bidang ekonomipun tentunya semakin terasa berkat adanya internet. Mulai dari pemantauan perkembangan ekonomi dunia hingga penggunaan internet untuk menunjang keberlangsungan ekonomi.

Munculah Market Place atau Tempat Jual Beli secara Online. Dengan adanya Market Place secara online, orang bisa berjualan dengan leluasa. Menawarkan barang dan jasa yang dijualnya dengan sasaran yang lebih tepat. Bisa dibilang pembeli yang mendatangi penjual seperti layaknya dipasar tradisional.

Jika diibaratkan, Market Place adalah sebuah pasar atau mall dengan banyak penjual atau counter di dalamnya. Sedangkan Online Store atau Toko Online diibaratkan sebagai Toko yang menjual dagangan atau jasanya ditempatnya sendiri. Pembahasan tentang Market Place dan Online Store akan admin rincikan pada posting lain.

Sekarang, mari kita lihat saja, Internet Market Place mana di Indonesia yang sudah besar.

FJB (Forum Jual Beli) Kaskus – http://www.kaskus.co.id/fjb

Tak perlu diragukan lagi. Dengan membernya yang berjuta-juta, FJB Kaskus telah memiliki marketnya sendiri. Keunggulannya adalah pembeli bisa mereview penjual berdasarkan komentar para pembeli yang sudah membeli di lapak penjual tersebut. Atau jika masih ragu dan lebih aman, banyak penyedia jasa Rekening Bersama yang bisa digunakan di Kaskus jika pembeli tidak bisa bertemu langsung dengan penjual.

Toko Bagus – http://www.tokobagus.com/

Berdiri sejak tahun 2005. Sudah cukup lama memang. Situs ini sering mendapat penghargaan sebagai situs Jual Beli terbaik dan terpopuler. Toko Bagus menyediakan fasilitas yang cukup memanjakan penjual dalam berpromosi yaitu Iklan Gratis. Kesuksesan Market Place ini dibuktikan dengan seringnya iklan Toko Bagus ditayangkan di TV.

Berniaga – http://www.berniaga.com/

Berniaga ini merupakan situs market place yang dikelola perusahaan dari Singapura dan Eropa. Tidak heran jika dinegara lain situs seperti berniaga ini juga ada, itu karena perusahaan pengelolanya membuka juga di negara lain. Konsepnya sama dengan market place lainnya.

Buka Lapak – https://www.bukalapak.com/

Sebenarnya sama saja konsep market place satu ini. yang membedakan adalah sistem pembayarannya. Buka Lapak sangat merekomendasikan penggunaan Rekening Bersama agar transaksi berlangsung lebih aman. Untuk mewadahi itu, Buka Lapak menyediakan Rekening Bersama secara official.

Beberapa Market Place lain yang sudah lumayan besar juga adalah olx, Bejubel, Kapanlagi, Bursa Jual Beli Detik, dan lain-lain.

Dengan adanya Market Place ini, pertumbuhan ekonomi di Indonesia diharapkan bisa lebih meningkat. Karena kemudahan dan kecepatan transaksinya bisa dibilang Market Place bisa menjadi andalan pertumbuhan ekonomi.

Kewaspadaan harus tetap diperhatikan dan jadi yang utama agar tidak terulang kembali kasus-kasus penipuan yang pernah ada. Serta waspada juga terhadap penipuan dengan modus-modus yang baru.

Related Posts:

One comment on “Situs-Situs Market Place (Jual Beli) Terbesar Di Indonesia

  1. Pingback: Market Place (Situs Jual Beli) Vs. Online Store (Situs Toko Online) | Bring My Techno Intelectual Here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *