Situs-Situs Penyedia Domain Gratis

Pada tahun 2000-an domain .co.cc sangat ngetrend karena domain yang merupakan sub-domain dari Coco’s Island tersebut diberikan secara gratis. Banyak sekali user yang menggunakan domain ini. Makin digemari karena user diberikan kontrol penuh terhadap domainnya seperti pengaturan name server, url forwarding dan fitur-fitur lain layaknya seperti domain berbayar. Kemudian muncul layanan domain gratis lainnya.

Namun pada akhirnya domain .co.cc menutup servicenya karena para mesin pencari terutama Google dan Bing tidak mau melacak atau memasukkan domain .co.cc dalam indeks hasil pencarian. Mesin pencari melakukan demikian karena menganggap domain .co.cc banyak digunakan untuk spamming, website dengan content sampah, blog copy paste, dan hal tidak berguna lainnya.

Namun beberapa domain gratis masih bisa kita nikmati, tentunya mesin pencari masih mau melacaknya. Beberapa layanan domain gratis yang bisa dijadikan pilihan.

  1. http://www.dot.tk – bisa dibilang ini situs penyedia domain gratis kedua yang digemari setelah .co.cc karena fiturnya sangat lengkap seperti domain berbayar. Dulunya domain ini hanya url forwarding saja. Namuan fiturnya kemudian ditambah lengkap seperti domain berbayar.
  2. http://uni.me/ – situs ini menyediakan banyak sekali domain gratis, kebanyakan berupa sub domain, beberapa domain yang disediakan adalah: .uni.me , .cz.cc , .u4.org , .8x.biz , serta banyak lagi
  3. http://www.biz.nf – menyediakan domain gratis .co.nf atau jika anda membeli hosting disana akan dapat domain .com, .net, .org, .eu, .biz, .info, .us, .co.uk gratis banyak sekali yang menawarkan paket seperti ini.
  4. http://www.com.nu/ – hampir sama seperti uni.me menyediakan 485 domain ending.
  5. http://www.freedomain.co.nr/ – menyediakan domain gratis .co.nr namun sayang hanya menyediakan fitur url forwarding saja.

Beberapa referensi lain : http://www.domain.me.pn/ , http://www.biz.ly/ , http://www.nl.ae/

Domain gratis ini sangat cocok untuk digunakan atau disandingkan dengan layanan hosting gratis ataupun dengan blogger, tentunya pilih domain gratis yang sesuai dan memiliki fitur yang memadai. Untuk mencari lebih banyak pilihan, bisa cari di google atau mesin pencari lain dengan keywords “Free Domain” atau “Domain Gratis” anda akan disuguhkan banyak referensi tentang domain gratis.

Untuk pemula admin menyarankan .tk karena selain penggunaan mudah dan fitur lengkap, domain .tk adalah top level domain bukan sub domain.

Related Posts:

One comment on “Situs-Situs Penyedia Domain Gratis

  1. Pingback: Bring My Techno Intelectual Here » Situs-Situs Penyedia Hosting Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *