Cara Menyisipkan atau Quote Tweet ke Posting atau Artikel

Twitter merupakan salah satu dari banyak social media yang populer di seluruh dunia. Trending-trending dunia juga kerap tersebar berkat adanya jejaring sosial satu ini. Pengguna internet khususnya pengguna twitter memperuntukkan akun mereka untuk berbagai keperluan mulai dari untuk akun personal, produk, representasi perusahaan, hingga untuk berbisnis. Tak ketinggalan banyak juga website atau blog yang menggunakan twitter sebagai salah satu cara untuk lebih dekat dengan pengunjung.

Twitter banyak memiliki fitur yang diperuntukkan untuk administrator website atau blog. Share button, tombol follow, dan masih banyak lainnya. Salah satu fiturnya adalah “Embed Tweet”. Fitur ini memungkinkan sebuah posting atau status di twitter atau banyak yang menyebut dengan tweet untuk ditampilkan atau disisipkan atau quote ke dalam artikel atau posting blog. Fitur ini memiliki tampilan khusus sama seperti di Twitter ketika pengguna melihat sebuah tweet. Dilengkapi pula dengan tombol follow akun Twitter yang dikutip.

Berikut merupakan cara atau langkah langkah untuk menyisipkan atau quote tweet ke posting blog atau artikel:

1. Login ke Admin Panel blog atau website.

2. Buat posting seperti biasa.

3. Buka tab baru, lalu login ke twitter.

4. Cari dan klik pada tweet yang dikehendaki lalu klik “more”.

Quote Tweet

5. Klik “embed tweet”.

6. Copy code yang ditampilkan.

Kutip Tweet

7. Kembali ke tab posting baru, lalu ubah mode ke html. Paste code yang sudah dicopy tadi diposisi yang diinginkan.

8. Publish post.

Tampilan dari tweet yang disisipkan akan seperti contoh dibawah ini:

Fitur quote tweet sangat membantu jika ingin melakukan kutipan atau quote dari akun twitter langsung dari sumbernya. Dapat juga disisipkan lebih dari sebuah tweet dalam satu artikel. Blogger juga bisa saja membuat posting untuk blognya dari kumpulan quote tweet ini. Blogger bisa melakukan kultwit mengenai suatu tema tertentu melalui akun twitternya kemudian semua kultwit tersebut diquote dan disispkan pada posting kemudian dipublish sebagai posting blog atau artikel. Posting blog tentu akan berbeda dari posting blog yang lain dan pengunjung juga akan mendapat pengalaman baru dalam membaca blog. Jika terdapat link yang cukup panjang dalam tweet yang dikutip maka Twitter biasanya akan memendekkan link tersebut ketika ditampilkan pada artikel.

Lalu bagaimana jika tweet yang diquote tersebut dihapus?. Jika sumber tweet tersebut di Twitter dihapus, maka pada artikel masih akan tertampil Tweet yang diquote, namun jika di klik link menuju status atau tweet tersebut yaitu dengan meng-klik waktu dan tanggal tweet tersebut dibuat, maka tidak akan tertampil di Twitter dan akan muncul pesan bahwa tweet tersebut tidak tersedia lagi. Kejadian yang sama halnya akan terjadi ketika akun Twitter dinonaktifkan.

Quote Tweet ini dapat menjadi bukti otentik bahwa akun yang dimaksud pernah memposting tweet yang diquote tersebut untuk menggantikan fitur Screenshot atau Print Screen. Namun sayangnya qoute tweet tersebut dapat dimodifikasi, sehingga tweet yang diquote bisa saja tidak sesuai dengan tweet aslinya.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *