Widget dan Plugin Sosial Facebook Untuk Blog dan Website

Tak bisa dipungkiri bahwa Facebook merupakan salah satu media yang sangat ampuh untuk berpromosi. Penggunanya yang sangat banyak dan aktif membuat Facebook menjadi sangat efektif untuk membangun jaringan visitor.

Plugin social dari Facebook sangat membantu sekali dalam hal menghubungkan antara blog atau website dengan akun atau fanspage Facebook. Tipe dan jenisnyapun bermacam-macam. Penggunaannya bisa disesuaikan dengan selera dan kecocokan dengan tema maupun tampilan website atau blog. Apa saja jenis plugin sosial dan widget Facebook untuk blog? Sampai tulisan ini dipublish, terdapat 11 plugin yang ada di Facebook Social Plugin, yaitu:

  1. Like Button atau Tombol Like. Like Button memungkinkan pengguna yang melakukan klik pada Like Button tersebut membagi halaman pada website atau situs ke Facebook hanya dengan sekali klik.
  2. Send Button atau Tombol Kirim. Memungkinkan pengguna dengan mudah mengirim link konten blog atau website pada teman-teman Facebook pengguna tersebut.
  3. Comments. Plugin ini menampilkan kolom komentar pada web atau blog sehingga pengguna Facebook bisa langsung berkomentar.
  4. Activity Feed. Menampilkan pada user apa yang teman dari user tersebut lakukan pada website atau blog anda termasuk berkomentar dan melakukan Like.
  5. Recommendations Box. Widget yang menampilkan halaman-halaman pada blog atau website yang mungkin disukai oleh pengunjung.
  6. Recommendatiins Bar. Memungkinkan pengunjung untuk melakukan like pada konten yang ada kemudian merekomendasikannya dan membagikan link konten tersebut kepada teman-teman Facebooknya.
  7. Like Box atau Kotak Like. Menampilkan tombol like untuk Facebook fans Page blog atau website juga menampilkan siapa saja yang sudah menyukai Facebook Page anda serta menampilkan kiriman pada Kronoligi atau Wall.
  8. Login Button. Memberikan kemudahan pada pengguna Facebook untuk login ke website anda dengan mudah jika sudah terdaftar sebelumnya.
  9. Registration. Plugin yang memungkinkan pengunjung bisa mendaftarkan akun pada website anda dengan mengambil data-data dari akun Facebook mereka.
  10. Facepile. Menampilkan Foto Profil dari pengguna Facebook yang sudah menyukai Facebook Page anda.
  11. Follow Button. Memungkinkan pengguna untuk mem”folow” atau mengikuti atau mem-Subscribe pengguna lain langsung dari blog atau website anda.

Untuk lebih lengkap, anda bisa mengunjungi halaman Facebook developer untuk plugin sosial ini di https://developers.facebook.com/docs/plugins/.

Itulah tadi beberapa plugin sosial dari Facebook yang disediakan agar bisa digunakan oleh blogger atau admin website dalam pengoptimalan Facebook sebagai social media untuk terhubung dengan blog atau website. Dengan mengoptimalkan plugin sosial dan widget ini, visitor akan semakin diberikan kemudahan dalam mengakses situs yang dikelola. Sehingga tak jarang pula situs-situs yang sudah besar juga tetap menggunakan media Facebook dengan memasang widget dan plugin sosial tersebut.

Untuk menggunakannya plugin sosial Facebook tersebut, masih memerlukan pengaturan lagi. Beberapa plugin dan widget bisa diatur dengan mudah untuk disesuaikan dengan blog atau website. Namun, ada juga yang perlu pengaturan lanjut yang cukup rumit sebelum menggunakannya. Facebook sudah sedikit memberikan arahan untuk pengaturan setiap plugin socialnya, namun untuk pemula, referensi dari Facebook terlalu sulit dipahami, untuk itu bagi pemula banyaklah mencari referensi dari luar untuk penggunaan dan pengaturan tingkat lanjut.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *