Tipe dan Ciri Umum Komentar Spam pada Website dan Blog

Popularitas internet dewasa ini semakin tinggi. Angka pengguna internet dari waktu ke waktu selalu mengalami pertumbuhan. Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan jumlah website dan blog sejalan dengan perkembangan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat. Makin populer dan banyaknya website dan blog menjadikannya sebagai salah satu target tindakan spamming. Salah satunya adalah melalui kolom isian komentar.

Mudahnya pengguna untuk “submit” komentar disalah gunakan untuk melakukan spam. Penggunaan bot-spam atau spambot juga memperparah aktifitas spamming karena dapat memasukkan komentar pada beberapa website sekaligus. Spam pada kolom komentar dilakukan untuk tujuan yang bermacam-macam. Backlink, iklan, dan promosi adalah tujuan paling banyak pada komentar spam. Lalu apa saja tipe dan ciri-ciri komentar yang dapat dikategorikan sebagai spam pada website atau blog?.

Berkomentar Spam

1. Komentar tidak Sesuai Topik Bahasan / Artikel

Kolom komentar disediakan oleh webmaster atau blogger tentunya sebagai wadah diskusi agar pengunjung dapat menanggapi topik atau tema artikel yang sedang dibahas. Dengan demikian dapat terjadi komunikasi 2 arah yang berkesinambungan. Webmaster maupun blogger juga bisa menanggapi kembali komentar yang muncul, bahkan pengunjung lain bisa juga ikut menanggapi.

Namun jika komentar sudah keluar dari topik atau tema atau banyak yang menyebut dengan istilah OOT (Out Of Topic) maka tidak ada hubungan atau kesinambungan antara isi posting dengan komentar. Webmaster ataupun pemilik blog juga akan bingung dalam memberikan respon. Misalnya topik bahasan tentang kesehatan bayi, namun komentar malah tentang permasalahan Handphone, tentunya akan jauh sekali kolerasinya.

Biasanya banyak sekali pengunjung yang berkomentar hanya basa-basi atau membahas topik lain atau bahkan hanya menyapa webmaster atau pemilik blog melalui kolom komentar pada artikel. Harusnya jika ingin melakukan hal tersebut bukan pada komentar mengenai posting suatu topik, namun biasanya blogger atau webmaster yang baik akan menyediakan halaman khusus agar dapat menghubungi dirinya, nhah, halaman itulah yang harusnya dapat dimanfaatkan untuk menghubungi webmaster atau pemilik blog dan membahas topik lain atau sekedar menyapa dan basa-basi, bukan pada artikel mengenai tema tertentu. Hal ini mengapa komentar seperti ini dapat dikategorikan sebagai spam.

2. Berisi Promosi atau Iklan

Target promosi atau iklan biasanya adalah spot-spot yang banyak dilihat orang, internet dalam hal ini webpage dan blog salah satunya. Komentar akhirnya menjadi salah satu target empuk untuk tukang iklan. Iklan yang ditawarkan bahkan banyak yang tidak berhubungan dengan topik artikel yang dibahas. Penjual obat atau pakaian misalnya, banyak sekali yang menawarkan produknya lewat komentar pada artikel yang berhubungan dengan komputer atau internet yang sangat tidak relevan.

Komentar promosi atau iklan yang muncul tentu akan dibaca oleh pengunjung lain. Para pengiklan juga tidak segan untuk membayar jasa orang lain untuk menawarkan produknya leawat komentar pada blog ini. Tak jarang komentar promosi atau iklan ini dilakukan secara berkali-kali pada web/blog dan artikel yang sama. Hal ini yang menyebabkab sebagian besar komentar yang berisi iklan atau promosi tergolong sebagai spam.

3. Posting Komentar yang Sama Berkali-Kali

Jelas sekali ciri ini masuk dalam kategori spam. Tipe spam ini banyak dilakukan dengan menggunakan bot, dan biasanya hanya berkomentar basa-basi saja seperti “posting yang bagus”, “nice post”, dan tipe-tipe komentar sejenisnya, biasanya tipe komentar seperti ini hanya bertujuan untuk mencari backlink saja, tentunya banyak menyerang blog-blog yang menerapkan sistem link dofollow.

Jika komentar yang mirip muncul 2 atau 3 kali mungkin masih belum dapat dikategorikan spam, kemungkinan ketika mengirim komentar koneksi mengalami gangguan sehingga komentar terkirim 2 kali. Namun jika spam, komentar yang mirip akan banyak dan biasanya dilakukan secara membabi buta, dan link yang ditanamkan dapat seragam maupun berbeda-beda untuk tiap komentar.

4. Menyisipkan Beberapa Link dalam 1 Komentar

Ini yang sering dan banyak ditemui dan muncul dalam komentar. Tujuannya jelas adalah menanamkan backlink untuk beberapa halaman web sekaligus. Kemampuan komentar untuk menampilkan kode HTML dimanfaatkan pelaku spam untuk menanamkan banyak link sekaligus dalam sekali komentar. Para webmaster dan blogger terutama platform wordpress yang tidak menggunakan plugin filter spam seperti akismet tentu akan cukup kerepotan dalam mengelola komentar spam tipe ini.

5. Menggunakan Keyword dalam Isian Nama

Kata kunci merupakan hal penting dalam SEO terutama ketika bersangkutan dengan backlink yang berkualitas. Kolom nama yang seharusnya diisi nama komentator justru diisi dengan keyword atau kata kunci. Hal ini dikarenakan dalam display komentar, kolom nama akan dihubungkan (link) dengan isian kolom webpage atau situs sehingga dapat menjadi sebuah backlink.

6. Hanya Mengisi Link dan Kata Kunci sebagai Komentar

Kembali lagi, fitur HTML pada komentar banyak dimanfaatkan untuk mmembuat backlink. Jika disertai komentar yang relevan dan sesuai dengan topik serta juga link yang disertakan juga berhubungan, maka akan menjadi backlink yang baik. Namun, banyak yang menyalahgunakan komentar dengan hanya berkomentar dengan kata kunci kemudian diberikan link tanpa komentar yang relevan sehingga hanya menjadi spam saja. Tipe komentar seperti ini sebenarnya tidak ada salahnya, namun alangkah baiknya jika disertakan pula pendapat atau komentar mengenai topik bahasan artikel atau posting, bukan hanya keyword saja.

7. Isi Komentar Mengandung Karakter Terlalu Sedikit atau Terlalu Banyak

Komentar spam biasanya yang diisikan user manusia biasanya hanya berisi kata-kata basa-basi saja sehingga hanya terdapat beberapa karakter saja seperti contoh “nice artikel” atau “Keep Posting”. Tentunya hal demikian hanya mengindikasikan bahwa komentator hanya ingin menanam baclink saja dan bukan membaca atau memahami serta menanggapi isi artikel.

Ciri lain adalah menggunakan terlalu banyak karakter sehingga komentar yang tampil menjadi komentar yang sangat panjang. Komentar seperti ini biasanya disertai dengan menyisipkan beberapa link sekaligus dalam komentar tersebut sehingga karakter dan tampilan menjadi banyak dan memakan tempat. Tipe komentar seperti ini biasanya dikirim oleh bot-spam agar dapat dengan cepar menanam backlink sehingga tidak repot-repot lagi. Komentar spam seperti ini juga tentunya memanfaatkan dan menggunakan kode HTML agar dapat menampilkan link. Platform blog wordpress sangat banyak sekali diserang dengan komentar-komentar spam tipe ini.

8. Lain-Lain

Tipe lain komentar spam masih mungkin ditemukan. Perkembangan platform blog dan website serta teknologi algoritma mesin pencari membuat tipe-tipe baru komentar pada blog dan website akan terus bermunculan. Bagi para webmaster dan blogger hendaknya memiliki strategi sendiri dalam management komentar agar dalam website atau blognya tidak dijadikan sarang ataupun target komentar spam.

Target komentar spam bukan hanya satu atau dua platform blog saja, namun juga hampir semua blog dan website yang menyediakan kolom isian komentar. WordPress, blogger, drupal, maupun platform web lain mudah sekali diserang spam. Apalagi jika blog atau web tersebut menerapkan sistem link dofollow, komentar spam akan sering muncul. Perlu adanya penanganan dan management komentar yang baik agar spam pada komentar tidak mengganggu.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *