Start Screen (Start Menu) : Dibalik Tampilan Unik Metro User Interface (Metro UI) Windows 8

Microsoft baru saja merilis Sistem Operasi terbarunya yaitu Windows 8. Windows yang sudah sejak lama mendominasi ruang lingkup sistem operasi untuk PC secara global makin menunjukkan eksistensinya dalam dunia perangkat lunak. Dengan hadirnya Windows 8, Microsoft sepertinya masih ingin dan tetap berambisi meningkatkan presentase dominasinya untuk penggunaan sistem operasi yang mulai diancam oleh kehadiran Linux dan Apple Mac.

Windows 8 sendiri diklaim sebagai sistem operasi yang jauh lebih baik dari versi Windows sebelumnya. Tak lama setelah rilis Windows 8, Microsoft menghentikan support untuk Windows XP yang masih memiliki pengguna yang sangat banyak. Tampaknya Microsoft ingin penggunanya agar mengupgrade ke versi sistem operasi Windows yang lebih update, dalam hal ini Windows 8.

Daya tarik Windows 8 salah satunya adalah tampilan baru yang diberi nama Metro UI (User Interface). Dalam Metro UI ini, menu atau opsi aplikasi disusun memenuhi satu layar penuh. Penggunaan Tileset atau kotak-kotak sebagai shortcut untuk meluncurkan program disusun 4 tumpuk. Penempatannya bisa diubah-ubah sesuai selera pengguna dengan melakukan drag.

Screenshot (282)

Warna menjadi sesuatu yang sangat dominan dalam tampilan Metro UI. Bisa dibilang tampilannya sangat eye-catching. Pemilihan warna yang sangat mencolok dan kontras akan membuat mata langsung tertuju pada layar. Display Metro UI sebenarnya mengadopsi dari tampilan Windows Phone 7. Windows Phone merupakan sistem operasi windows yang diperuntukkan untuk perangkat smartphone.

Tampilan ini menjadi ciri khas Windows 8. Bagi anda yang sudah pernah mengoperasikan Windows 8, tentunya anda sudah tahu bagian apa sebenarnya Metro UI ini. Ya! Metro User Interface sebenarnya adalah Start Screen atau Start Menu. Start Menu tersebut coba ditampilkan oleh Microsoft dalam 1 layar penuh yang desainnya mengambil dari Windows Phone 7. Sepertinya Microsoft cukup berhasil mengadopsinya untuk Start Menu sistem operasi terbaru mereka.

Sepertinya khalayak umum banyak yang menduga kalau tampilan Metro ini merupakan perombakan tampilan secara keseluruhan. Namun ternyata tidak, tampilan desktop tetap masih dipertahankan. Tampilan desktop ini seperti layaknya Windows 7, tampilan untuk fitur dan menu lain Windows 8 relatif sama dengan Windows 7.

Sesuai dengan perkembangan teknologi dalam penggunaan sistem operasi, Metro UI didesain agar nyaman digunakan dengan touchscreen. Namun jika pada tampilan desktop, touchscreen menjadi kurang nyaman digunakan.

Kembali pada tampilan tilesetnya, bahwa tampilan ini mampu menampilkan informasi pada tiap tile sesuai dengan aplikasi pada tile tersebut. Misalkan tileset Weather bisa menampilkan cuaca regional beserta informasi lengkapnya. Tileset lainnya bisa menampilkan berita terkini mengenai olahraga. Kemampuan tersebut dinamakan sebagai Live Tile.

Nhah, itulah sedikit penjelasan mengenai tampilan Windows 8 yang unik dengan nama Metro User Interface. Metro UI yang pada dasarnya adalah start menu ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Sistem Operasi Windows 8 dari Microsoft.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *