Beberapa Alasan Mengapa harus Format Hardisk dan Install Ulang Komputer

Format disk dan Install Ulang Sistem Operasi saat ini sudah menjadi hal lumrah, mudah dan bisa dilakukan siapa saja, bahkan seorang pemula dalam bidang komputer sekalipun. Install ulang begitu mudah karena dalam proses instalasi, telah dirunutkan berdasar langkah-langkah praktisnya. Pengguna hanya tinggal mengikuti step-by-step tersebut agar instalasi dapat dilakukan. Bahkan jika terjadi kegagalan instalasipun dapat dilakukan pengulangan instalasi dari awal kembali dengan cara atau langkah yang sama.

Komputer Crash ilustrasi dari moelyadi91blogs.blogspot.com

Komputer Crash
ilustrasi dari moelyadi91blogs.blogspot.com

Namun untuk melakukan format dan install ulang komputer sebaiknya tidak secara sembarangan. Ada baiknya selama sistem masih berjalan dengan normal, maka gunakanlah dengan sebaik-baiknya. Banyak orang jika terdapat masalah dalam komputernya langsung dilakukan install ulang. Jika terdapat masalah, maka sebaiknya ditemukan dahulu inti masalah dan penyebabnya, kemudian dicari solusi dahulu sebelum install ulang komputernya. Baru jika berbagai solusi pemecahan masalah tetap gagal menangani troubleshooting, maka install ulang dapat menjadi senjata akhir paling ampuh menangani masalah. Berikut adalah beberapa kondisi dimana komputer memerlukan install ulang.

1. Komputer Tidak Mau Start

Kumputer tidak mau booting atau start biasanya dikarenakan konfigurasi hardware yang mengalami gangguan, sebaiknya cek dahulu seluruh setting hardware. Namun jika tetap tidak mau masuk sistem operasi, maka barulah dilakukan install ulang sistem operasi.

2. Hard Drive Penuh

Hard Drive yang penuh tentu dapat menimbulkan masalah dan mengganggu kinerja komputer. Peluang membuat hardisk menjadi error juga semakin besar jika hardisk dibarkan menjalankan aplikasi dalam keadaan kapasitas penuh. Hal tersebut dapat menimbulkan gangguan dalam pembacaan dan penulisan data pada hardisk. Ada baiknya ketika hal demikian terjadi, segera backup data yang dianggap penting saja kemudian format hardisk dan install ulang komputer.

3. Terlalu Banyak Error

Error dapat disebabkan oleh banyak hal. Registry, aplikasi crash, dan adanya bug dapat menjadi masalah serius dan menimbulkan error yang banyak. Jika disebabkan oleh adanya “bug” pada aplikasi atau sistem operasi yang berjalan, maka perlu dilakukan update atau patch. Install ulang juga menjadi solusi untuk menghilangkan error yang terus-menerus muncul karena sistem operasi baru diinstall secara standar belum termodifikasi oleh aplikasi yang dapat menimbulkan error.

4. Upgrade atau Downgrade Sistem

Upgrade dan Downgrade sistem sangat mutlak dilakukan install ulang untuk lebih baiknya. Meskipun dapat dilakukan upgrade tanpa merubah data yang ada, proses instalasi tetap harus dilakukan dari awal karena mengupgrade sistem operasi sama saja mengupgrade sistem secara keseluruhan yang efeknya berimbas pada performa komputer. Untuk downgrade sistem biasanya terjadi karene sistem yang berjalan dianggap terlalu berat dijalankan oleh hardware.

5. Kinerja Komputer Melambat

Komputer dengan kinerja dan performa yang menurun kerap terjadi dan sangat menjengkelkan. Terkadang solusi yang dilakukan hanyalah mampu menaikkan performa komputer dalam periode waktu yang singkat. Hal ini dapat terjadi karena terlalu banyak akumulasi kesalahan yang terjadi pada komputer. Jika ini terjadi, maka perlu install ulang komputer.

6. Terinfeksi Virus

Virus sudah lama menjadi momok yang menakutkan bagi pengguna komputer karena sifatnya yang menggangu bahkan merusak software, data, dan hardware. Tak hanya pemula, bahkan seorang expert dibidang komputer kerap dibuat susah oleh virus. Meskipun telah ada anti-virus, namun terkadang masih ada juga sisa-sisa virus yang tersisa atau bahkan anti-viruspun tidak mampu menghalangi infeksi virus-virus baru yang terus bermunculan. Solusi akhirpun diserahkan pada format dan install ulang komputer.

7. Mengganti atau Berpindah Sistem Operasi

Mengganti atau berpindah sistem operasi sama saja dengan mengganti platform yang berjalan pada sistem sebelumnya, misalnya dari Windows ke Linux tentu akan sangat berbeda jauh sistem yang berjalan.

8. Lain-lain

Ternyata banyak sekali kondisi dimana sebuah komputer perlu dilakukan instalasi ulang sistem. Tujuan utama install ulang sistem adalah agar membuat sistem tersebut mampu menjalankan semua aktifitas komputasi dengan performa yang baik. Disarankan agar tidak terlalu sering melakukan instal ulang komputer karena terlalu sering install ulang dan format tentu dapat memperpendek usia hardware terutama hardisk, karena untuk install ulang dan format membutuhkan kegiatan “read-write” pada hardisk yang cukup tinggi.

Related Posts:

One comment on “Beberapa Alasan Mengapa harus Format Hardisk dan Install Ulang Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *