Memanfaatkan Add-On atau Pengaya untuk Menambah dan Mengoptimalkan Fitur Mozilla Firefox

Mozilla Firefox yang merupakan salah satu browser favorit banyak pengguna di dunia ternyata menyimpan kemampuan sendiri. Browser yang menggunakan logo binatang Rubah ini dapat ditambah fiturnya dengan memanfaatkan Add-on atau Pengaya. Jadi Mozilla Firefox bukan hanya jadi sekedar browser biasa saja. Namun juga memiliki fungsi ekstra sebagai pendamping dan pelengkap sebuah browser yang mampu menjadikan performa dan kinerja browser menjadi semakin handal.

Add-on atau pengaya terdiri dari berbagai jenis. Rata-rata adalah yang berhubungan dengan internet. Mulai dari fitur untuk akses ke sosial media, toolbar tambahan, menampilkan data dan statistik website yang dikunjungi, serta lain sebagainya.

Untuk memenuhi kebutuhan akan pengaya ini, Firefox sudah membangun Add-on Central atau Pusat pengaya. Dengan adanya Pusat Pengaya ini, pengguna browser bisa lebih mudah mencari, mendownload, menginstall, dan menggunakan pengaya yang diinginkan. Bukan hanya itu, Pusat Pengaya Firefox juga sudah terintegrasi langsung pada browser sehingga semakin mudah untuk mengelola pengaya.

Add-on yang ada pada Pusat Pengaya Firefox ini bukan hanya yang dibuat oleh pihak Mozilla saja, namun juga pengaya yang dibuat oleh pihak ketiga sehingga ketersediaannya menjadi semakin banyak dan bervariasi. Untuk memasang Add-on atau Pengaya untuk browser Mozilla Firefox dari Pusat Pengaya lakukan langkah berikut:

1. Buka browser Mozilla Firefox anda dalam keadaan tersambung ke internet.

2. Klik menu “Firefox” – “Pengaya”.Pengaya Firefox 1

3. Anda akan masuk pada Pusat Pengaya. Mulai cari atau browsing pengaya yang anda inginkan.

Pengaya Firefox 2

4. Jika sudah tau nama pengaya yang diinginkan, gunakan saja kolom pencarian.

Pengaya Firefox 3

5. Klik pada Pengaya yang diinginkan jika sudah ketemu. Untuk melihat detail dari pengaya tersebut klik “Selengkapnya”. Pada contoh gambar, Admin akan menginstall pengaya Twitbin.

Pengaya Firefox 4

6. Klik “Pasang” untuk mulai download dan installasi pengaya tersebut.

Pengaya Firefox 5

7. Download dan installasi akan berjalan.

8. Setelah selesai, restart Firefox anda.

Pengaya Firefox 6

9. Aktifkan dan gunakan Pengaya tersebut.

Pengaya Firefox 7

Daftar dari pengaya yang berhasil diinstall akan terlihat pada tab Ekstensi. Selain dari Pusat Pengaya Firefox, anda juga bisa mendapatkan Add-on atau Pengaya dari website lain. Baik dari pembuat penyaya langsung, ataupun dari situs penyedia pengaya lain. Jika anda mengerti pemrograman, andapun juga bisa membuat pengaya sendiri untuk digunakan pribadi. Atau bahkan pengaya anda bisa anda masukkan juga ke Pusat Pengaya Firefox sehingga mungkin bisa digunakan banyak orang.

Memasang pengaya memang menjadikan fitur Mozilla Firefox menjadi lebih kaya. Pasang dan gunakan pengaya yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu banyak memasang dan menggunakan pengaya apalagi secara bersamaan karena bisa mengakibatkan Firefox menjadi butuh resource besar dalam waktu yang singkat. Alhasil, jika komputer tidak mampu maka browser Mozilla Firefox bisa menjadi Error atau Hang. Gunakan Pengaya Secara Bijak. 😀

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *