Berbagai Cara Mengetahui Versi dari Sebuah Software atau Game yang Terinstall pada Windows

Program atau software termasuk didalamnya adalah game merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh developer agar dapat digunakn oleh banyak pengguna terutama pada sistem operasi Windows. Program maupun game tersebut terus menerus dikembangkan agar program atau game tersebut makin sempurna, memiliki fitur yang kaya, serta meminimalisir kesalahan pemrograman atau error. Ya, tujuan terus dikembangkannya software oleh developer adalah agar membuat software maupun game tersebut meningkat kualitasnya sehingga pengguna semakin mudah dan nyaman menggunakan software dan memainkan permainan tanpa gangguan yang berasal dari program atau game tersebut.

Karena adanya development atau pengembangan sebuah software atau game tersebut, maka seringkali developer software atau game mengeluarkan atau merilis versi software atau game mereka secara berkala, gunanya tentu saja untuk memperbaiki program yang sudah dirilis sebelumnya. Selain itu, ini menunjukkan bahwa developer peduli terhadap produk yang dibuatnya, pengguna tentu senang menggunakan software yang tidak menimbulkan masalah dan dijaga kualitasnya oleh pembuat dan pengembang program tersebut.

Misalkan saja Apple merilis iTunes 11 kemudian dikembangkan lagi dan dirilis iTunes 11.1 dengan perbaikan beberapa bug atau kesalahan pemrograman. Penomoran dan penamaan versi rilis sebuah program atau game ini adalah murni kebijakan dari pengembang dan pembuat program atau game tersebut. Biasanya penomoran versi disesuaikan dengan skala perubahan yang dilakukan pada program tersebut, misalnya sebut saja Program Versi 2.3 kemudian dilakukan update kecil dan dirilis Program Versi 2.3.1 kemudian dilakukan perubahan dan update besar dan dirilis Program Versi 3 begitu seterusnya.

Pengguna harus tau versi program yang mereka install dan gunakan pada komputer Windows mereka. Untuk melihat atau mengetahui versi dari sebuah software atau game yang terinstall pada Windows dapat menggunakan beberapa cara atau metode.

About atau Tentang

Setiap software atau game yang dikelola secara baik oleh developer akan menyertakan informasi mengenai program atau game tersebut. Nhah, informasi mengenai program tersebut biasanya ada pada bagian About atau Tentang yang biasanya juga merupakan sub-menu dari menu Help atau Bantuan. Pada About atau Tentang software ini biasanya berisi mengenai siapa pembuat dan pengembang atau developer software tersebut yang ditampilkan pada Credits serta juga versi rilis software dan game tersebut. Pengguna dapat membuka menu About atau Tentang ini untuk mengetahui versi rilis dari sebuah software atau game.

Menu About atau Tentang pada program

File Properties

Pernah melihat file musik misalnya .mp3 yang diputar mampu menampilkan siapa penyanyi, judul lagu dan keterangan lain?. Pada file executable (.exe) yang dieksekusi untuk sebuah software juga menyimpan informasi yang mirip pada file musik .mp3 tersebut. Pada file program atau game informasi yang terkandung diantaranya adalah nama pembuat dan pengembang beserta versi rilis dari program atau game tersebut. Untuk melihat versi software dari file properties dapat mengikuti langkah berikut: (Contoh menggunakan Windows 7 32-bit, versi Windows lain dapat menyesuaikan)

1. Buka Windows Explorer

2. Cari file program tersebut ditempatkan biasanya terinstall di C:\Program Files\Nama Program. Atau bisa dicari lokasinya melalui Task Manager.

3. Klik kanan file .exe dari program tersebut kemudian klik Properties

Properties program atau software

4. Muncul jendela Properties sebuah file. Klik saja pada tab Details dan keterangan porgram termasuk versi program akan tertampil.

Detail Properties Software

Programs and Features

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui versi rilis sebuah game atau software adalah dengan membuka Programs and Features yang merupakan salah satu menu Control Panel. Dalam Program and Features yang fungsi utamanya adalah mengatui fitur-fitur Windows dan Uninstall Program ditampilkan daftar program yang terinstal yang disertai dengan keterangan, termasuk dalam keterangan tersebut adalah versi dari program dan game yang terinstall tersebut sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat versi rilis semua program yang terinstall di komputernya.

Versi Program di Programs and Features

Lalu apa manfaat bagi pengguna dengan mengetahui versi software atau game yang terinstall pada komputer?. Tentu saja banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengetahui versi software atau game yang terinstall pada Windows. Pengguna dapat mengetahui apakah software atau game yang mereka miliki sudah yang paling baru atau belum jika belum tentu pengguna dapat melakukan pembaharuan atau update sehingga software yang mereka gunakan lebih meningkat kualitasnya. Pengguna bisa membandingkan apa perbedaan antara versi software miliknya dengan versi software sebelum atau sesudah misalnya dalam hal fitur sehingga pengguna dapat memilih versi mana yang tepat untuk dia gunakan.

Mengetahui versi software juga dapat mengefektifkan ketika melakukan update atau patch. Jika ada update baru pengguna tidak perlu melakukan download seluruh update, pengguna cukup melakukan download pada file update yang diperlukan saja sehingga dapat lebih menghemat pemakaian internet dan media penyimpanan. Serta masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil dengan mengetahui versi software atau game yang terinstall pada komputer Windows. Pengguna harus mengerti dan mampu memanfaatkan dan menyesuaikan versi program yang digunakan dengan kemampuan komputer dan kebutuhan pemakaian pengguna sehingga pengguna mampu mengoptimalkan kinerja komputer yang dimiliki.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *