Cara Install atau Menambahkan Font pada Windows untuk Mendapatkan Gaya Huruf dan Karakter yang Diinginkan

Sistem operasi Windows saat ini masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan pengguna komputer di seluruh dunia. Windows memiliki fitur yang sangat lengkap dan mampu digunakan pengguna dengan mudah meskipun untuk pemula sekalipun. Dukungan serta ketersediaan berbagai software atau program juga sangat banyak sehingga sistem operasi Windows terus berkembang dan tetap menjadi favorit pengguna komputer.

Fitur dan kemampuan sistem operasi Windows secara standar memang sangat bagus. Berbagai fitur dan kemampuan yang mengikuti maupun menjadi trend acuan terhadap kemajuan teknologi dalam bidang perangkat lunak atau software dimiliki sistem operasi Microsoft Windows. Mulai dari fitur yang sederhana hingga System Tool pada Windows yang mampu mengakomodasi seluruh kegiatan pengguna dengan menggunakan komputer. Sistem operasi Windows juga banyak didukung hardware yang mayoritas kompatibel atau sesuai digunakan dengan mudah dengan Windows.

Salah satu fitur yang dimiliki Windows adalah kemampuan menampilkan dan mengelola berbagai jenis Fonts atau huruf. Ada banyak sekali jenis huruf atau fonts yang tersedia, bahkan dalam instalasi standar atau default Windows telah disediakan banyak sekali pilihan jenis huruf atau Fonts. Dalam sebuah jenis font tidak hanya terdiri dari huruf saja, namun juga angka, tanda baca, simbol, hingga karakter-karakter tambahan yang didesain dengan gaya tertentu.

Disamping Fonts bawaan Windows, pengguna juga dapat menambahkan atau menginstall jenis font baru yang diinginkan, apalagi saat ini sudah banyak yang melakukan desain jenis karakter sendiri dan membagikannya dan dapat diunduh (download) dengan mudah dan banyak pula yang menyediakan secara gratis. Langsung saja, berikut merupakan step by step untuk instalasi atau menambahkan jenis huruf (Fonts) baru pada sistem operasi Windows : (dalam contoh menggunakan Windows 7, versi Windows lain dapat menyesuaikan)

1. Cari file font yang ingin diinstall memiliki ekstensi .ttf jika masih dalam arsip atau dikompres maka extract terlebih dulu

2. Klik kanan file font tersebut

Step Install Fonts Windows

3. Klik Preview untuk melihat bentuk huruf yang dipilih

4. Klik Install untuk mulai menambahkan jenis font tersebut pada koleksi.

Preview Fonts

5. Tunggu hingga proses install font selesai

Proses Install Fonts Windows

6. Jika sudah, cek apakah font tersebut sudah masuk dengan membuka Control PanelFonts

Saat ini banyak yang menyediakan kumpulan jenis fonts dalam sebuah paket arsip fonts. Dalam sebuah arsip terdiri dari banyak fonts tentu pengguna akan kerepotan dan memakan waktu lama jika harus menginstall satu per satu file font tersebut. Untuk mempercepat instalasi banyak fonts sekaligus, maka cara yang harus dilakukan adalah dengan melakukan copy atau menyalin semua file fonts yang ingin diinstall ke folder penyimpanan Fonts, langkah demi langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka folder kumpulan Fonts yang sudah didownload

2. Pilih file fonts yang ingin diinstall lalu Copy

Copy Fonts

3. Buka folder penyimpanan fonts yang ada pada di C:\Windows\Fonts atau buka Control PanelFonts

4. Klik kanan pada bagian kosong lalu klik Paste

Paste Fonts

5. Proses penambahan Fonts secara massal akan dimulai, tunggu hingga proses selesai

Proses Install Fonts banyak sekaligus

6. Cek apakah fonts sudah terinstall atau belum

Jenis huruf atau karakter (Fonts) bawaan Windows memang jika terus menerus digunakan terasa masih kurang variasi dan jumlah, apalagi untuk keperluan desain grafis. Pengguna tentu butuh untuk mampu menambahkan jenis fonts yang mereka kehendaki, maka Windows menyediakan fitur untuk menambahkan jenis fonts sesuai yang pengguna ingin install.

Selain untuk keperluan desain grafis, fonts tambahan juga dapat berguna untuk digunakan pada dokumen-dokumen dan software office. Jika pada dokumen office pengguna biasa menggunakan jenis fonts formal seperti Times New Roman atau Arial atau Calibri maka dengan menambahkan jenis huruf baru maka pengguna dapat menggantikan jenis-jenis fonts tersebut dengan jenis-jenis fonts formal lain yang telah ditambahkan atau juga menggunakan jenis fonts non-formal untuk keperluan dokumen office yang tidak membutuhkan formalitas.

Serta masih banyak lagi penggunaan jenis-jenis huruf dalam kegiatan komputasi. Variasi penggunaan fonts tentu menjadi kreatifitas tersendiri bagi pengguna, juga jenis-jenis fonts tertentu memiliki bentuk yang artistik dan menarik sehingga tidak menimbulkan kebosanan dalam tampilan tulisan karena penggunaan jenis huruf dan karakter yang monoton bahkan pengguna juga dapat membuat jenis fonts sendiri dan menambahkan pada koleksi fonts pada komputer mereka sendiri atau juga membagikannya kepada pengguna lain.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *