Membuat USB Flashdisk Installer Windows 7

Instalasi Sistem Operasi Windows pada komputer atau perangkat portabel seperti laptop lazimnya diinstall menggunakan CD atau DVD installer. Pada paket penjualannya, Windows 7 memang menggunakan DVD sebagai media penyimpanan data installer. Selain praktis dan kapasitas yang memadai, DVD dan CD telah menjadi salah satu standar untuk penyimpanan yang bisa dilepas. Pembaca CD dan DVD yang lebih dikenal dengan CD-Rom dan DVD Rom juga banyak tersedia dan biasanya disertakan pada perangkat komputer.

Namun untuk perangkat Netbook ataupun Notebook yang biasanya tidak disediakan pembaca CD dan DVD tentu saja tidak bisa melakukan install Windows 7 dengan menggunakan DVD. Untuk melakukannya biasanya disiasati dengan penambahan DVD-Room Eksternal atau memanfaatkan port USB dan Flashdisk untuk penyimpanan data installernya.

Sayangnya tidak ada yang menyediakan installer Windows 7 Asli dalam bentuk Flashdisk. Namun jangan khawatir, kita bisa membuatnya sendiri. Yang dibutuhkan hanya DVD installer Windows 7 milik anda atau file DVD image dari Windows 7 dan sebuah Flashdisk serta perangkat komputer. Terapat beberapa cara untuk membuat USB Flashdisk installer Windows 7. Admin hanya akan memberikan 1 cara disini, cara lainnya anda bisa temukan pada posting lain di blog ini. Namun sebelumnya, jika pada Flashdisk anda terdapat data penting, maka backup atau copy dahulu pada hardisk atau media penyimpanan lain.

1. Masukkan Flashdisk anda dan tunggu hingga terinstall dengan benar dan dapat diakses.

2. Buka Command Prompt anda. Bisa anda lakukan dengan Klik Start Menu – Run – Ketik “cmd” – klik “OK” atau klik Start Menu – All Programs – Acessories – Command Prompt

3. Setelah Command Prompt terbuka, ketik “diskpart” kemudian tekan Enter. Ini berfungsi untuk mengaktifkan fitur Diskpart yaitu fitur untuk menanagemen media penyimpanan seperti melakukan delete dan format hardisk atau flashdisk

4. Ketik “list disk” dan tekan Enter untuk mendeteksi dan melihat Disk atau media penyimpanan yang terinstall pada komputer. Perhatikan, jika Flashdisk anda belum terdeteksi, anda bisa mencopotnya dan memasangnya kembali dan ketik “list disk” lagi untuk melihat disk yang terinstall

5. Perhatikan nomor disk yang terinstall. Pada contoh gambar dibawah, admin memiliki 3 disk yaitu Hardisk Utama internal, Hardisk Eksternal, dan Flashdisk yang akan admin gunakan. Terlihat dari kapasitasnya Flashdisk tersebut berada pada Disk 2. Ketik “select disk 2” kemudian tekan Enter, jika flashdisk anda ada pada disk 1 maka ketik “select disk 1”. Perintah ini berfungsi untuk memilih flashdisk yang akan digunakan.

6. Ketik “clean” kemudian Enter. Fungsinya yaitu mendelete semua data yang ada pada disk yang sudah dipilih tadi agar tidak mengganggu data yang akan dimasukkan nantinya serta memudahkan memformat.

7. Ketik “create partition primary” lalu Enter. Perintah ini untuk mensetting flashdisk agar dibaca sebagai partisi utama sehingga ketika booting bisa berjalan dengan lancar.

8. Ketik “format recomended” dan tekan Enter. Jelas sekali bahwa flashdisk anda akan diformat.

9. Tunggu hingga proses format selesai

10. Setelah proses format selesai, ketik “active” kemudian Enter untuk mengaktifkan flashdisk anda agar siap dipakai

11. Ketik “exit” lalu Enter untuk keluar dari Diskpart

12. Ketik “exit” lagi kemudian tekan Enter untuk keluar dari Command Prompt

13. Copy semua file yang ada di DVD installer Windows 7 ke dalam Flashdisk

14. Flashdisk siap digunakan untuk menginstall perangkat komputer yang tidak memiliki pembaca DVD

Dalam Command Prompt, proses langkah-langkah diatas akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

Screenshot (198)

Setelah anda melakukan step-step diatas, anda bisa memasukkan Flashdisk tersebut pada port USB perangkat yang anda ingin install kemudian nyalakan perangkat tersebut dan setting pada BIOS anda agar melakukan booting dari Flashdisk anda tadi dan anda siap menginstall Windows 7. Selain menggunakan flashdisk, anda bisa juga menggunakan memory card yang biasa digunakan untuk perangkat handphone dan mobile serta card reader sebagai pembacanya. Langkah-langkahnyapun sama karena memory card dan card reader tersebut dianggap sebagai Removable Media seperti layaknya Flashdisk oleh perangkat yang akan diinstall Windows 7.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *