Menutup Program dan Proses yang Memberatkan Sistem Operasi Windows untuk Mempercepat Kinerja Komputer

Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang perlu mendapat perhatian oleh para penggunanya. Komputer dapat mengalami penurunan kinerja jika tidak diperhatikan dengan baik, bahkan ketika sudah dirawatpun masih mungkin mengalami penurunan performa. Penurunan kinerja komputer dapat disebabkan oleh banyak faktor, namun pada umumnya asal sumber penyebab menurunnya kinerja komputer dapat dibagi menjadi 2 yaitu dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Pada sistem operasi Windows ada banyak cara yang dapat dilakukan pengguna agar mampu meningkatkan kinerja komputer dari segi optimalisasi software. Salah satu penyebab penurunan kinerja komputer pada Windows adalah terlalu banyak menjalankan program atau menjalankan program yang membutuhkan memori yang sangat besar. Terutama pada program-program dan proses-proses yang berjalan di background dimana tidak memunculkan tampilan atau Window khusus.

Tentu saja dengan menutup atau mematikan program dan proses yang berjalan tersebut akan membuat kinerja komputer menjadi cepat karena alokasi memory menjadi bertambah dengan berhentinya program-program tersebut. Menutup program pada sistem operasi Windows dapat dibagi menjadi 3 yaitu menutup program yang memiliki antarmuka window, program pada system tray, dan program atau proses yang berjalan pada background.

Menutup Program yang Memiliki Antarmuka Window

Setiap pengguna pasti sudah tau cara untuk menutup program yang memiliki tampilan atau antarmuka window. Program biasanya memiliki pilihan menu atau tombol khusus untuk menutup program tersebut. Juga pada sudut kanan atas jendela tampilan program terdapat simbol (X) yang berfungsi sebagai tombol untuk menutup program tersebut. Sebaiknya sebelum menutup program tersebut perlu menyimpan dahulu pekerjaan yang dibuat dengan program tersebut agar tidak kehilangan data yang sudah dikerjakan.

Tombol Exit

Menutup Program di System Tray

System tray (SysTray) berada pada sebelah kanan taskbar normal, disamping tampilan jam atau waktu. Pada system tray berisi program-program yang setiap saat bisa dibuka atau memberikan notifikasi. Program yang ditampilkan pada system tray juga termasuk pada program yang berjalan di latar belakang (background). Untuk menutup program-program ini cukup melakukan klik atau double klik agar tampilan program terbuka lalu dapat di tutup dengan metode biasanya. Bisa juga dengan melakukan klik kanan pada ikon program di system tray kemudian akan disediakan menu Exit atau keluar dari program tersebut. Perlu diingat pula ada beberapa tools bawaan Windows yang tertampil pada system tray yang tidak bisa ditutup.

Menutup Program dan Proses Background

Untuk menutup program dan proses yang berjalan di background dapat menggunakan Task manager. Penggunaan Task Manager juga dapat digunakan untuk menutup program yang tertampil dan program yang berada pada system tray. Untuk membuka Task Manager terdapat beberapa cara, cara yang paling lazim digunakan adalah dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan atau dapat dengan melakukan klik kanan pada taskbar lalu klik Start Task Manager.

Membuka Task manager

Setelah Task Manager terbuka, klik pada tab Processes. Pada tab tersebut akan ditampilkan seluruh program dan proses yang sedang dijalankan oleh sistem operasi Windows, untuk menutup program dan proses cukup melakukan klik pada program atau proses yang ingin ditutup kemudian klik pada End Process, biasanya akan muncul pemberitahuan apakah benar-benar yakin akan menutup program atau proses tersebut, lanjutkan saja dengan klik End Process.

End Process Task Manager

Pada Task Manager juga ditampilkan pemakaian memory masing-masing proses dan program sehingga pengguna dapat mengetahui mana program atau proses yang menggunakan memory besar dan memprioritaskan untuk ditutup. Namun dalam menutup program atau proses ini diharapkan hati-hati dalam memilih program atau proses mana yang akan ditutup, ini dikarenakan terdapat proses bawaan Windows yang secara standar berjalan, jika proses tersebut ditutup dapat mengakibatkan sistem operasi berjalan dengan tidak baik atau Error. Contoh program atau proses bawaan Windows yang penting misalnya explorer.exe dan svchost.exe, pilih saja program atau proses yang berasal dari program-program tambahan yang lebih aman untuk ditutup.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *