Macam-Macam Perangkat Komputasi Mobile

Perkembangan teknologi semakin cepat. Produk-produk baru berbasis teknologi terus menerus berimprovisasi dengan ragamnya yang semakin bervariasi. Produk berbasis teknologi memberikan kemudahan dan multifungsi yang beragam.

Tak terkecuali dengan perangkat mobile, perkembangan perangkat ini lebih signifikan dibanding dengan perangkat lain. Perangkat mobile dimana pengguna dapat membawa perangkat mobile tersebut dengan praktis dan leluasa karena ukurannya yang kecil juga dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Penggunaan dan kebutuhan akan perangkat mobile juga semakin tinggi, hal ini disebabkan karena perangkat mobile telah mengadopsi teknologi yang mampu mempermudah pengguna mendapatkan dan mengerjakan apa yang mereka inginkan. Sangat nyaman sekali jika pengguna dapat mengerjakan pekerjaannya sekaligus mendapatkan sisi hiburan hanya dengan menggunakan sebuah gadget atau perangkat saja, misalnya membuat laporan sembari mendengarkan musik serta berselancar internet yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan bantuan perangkat mobile.

ilustrasi dari securedgenetworks.com

ilustrasi dari securedgenetworks.com

Perangkat mobile kini bukan hanya sebatas alat komunikasi seperti handphone saja, dengan penerapan teknologi komputasi, sebuah perangkat mobile dapat melakukan fungsi-fungsi yang berbeda bahkan dalam waktu bersamaan. Apalagi dengan kemunculan beberapa sistem operasi yang dikhususkan untuk perangkat mobile seperti iOS, Android, Blackberry, Windows, dan Ubuntu. Penerapan sistem operasi dalam perangkat mobile tersebut menjadikan perangkat tersebut mampu melakukan kegiatan komputasi yang sama dengan perangkat komputasi pada umumnya, bahkan dapat melebihi dan sangat praktis. Perangkat komputasi mobile juga mengancam keberlangsungan perangkat komputasi konvensional seperti PC (Personal Komputer) hingga ada juga yang meramalkan akan terjadinya kiamat PC. Beberapa perangkat komputasi mobile yang populer tinggi penggunaanya saat ini adalah:

1. Notebook / Netbook / Laptop

Notebook pada dasarnya adalah PC yang dikemas secara ringkas dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari PC. Notebook memiliki kemampuan yang sama dengan PC dan mengadopsi sistem operasi yang sama. Komponen penyusunnya juga sama dengan PC, namun komponen-komponen tersebut didesain agar mampu berjalan secara lebih cepat dan sederhana. Sayangnya harga perangkat ini lebih mahal dibandingkan dengan harga PC dengan spesifikasi yang hampir sama, bahkan secara performa dengan spesifikasi yang hampir sama PC jauh lebih unggul.

2. Handphone dan Smartphone

Smartphone ini yang banyak memberikan perubahan yang signifikan dalam perkembangan perangkat mobile. Berkat pengembangan perangkat lunak untuk handphone, perangkat ini berubah menjadi smartphone yang bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, tapi juga mampu melakukan tugas komputasi yang sama dengan Notebook atau PC.

3. Tablet

Tablet atau banyak disebut dengan Tab pada dasarnya sama dengan smartphone hanya dikemas dengan ukuran yang lebih lapang. Jika smartphone hanya berukuran 3 hingga 6 inch saja, maka Tablet dapat berukuran hingga 12 inch. Dengan ukuran yang sebesar itu, dapat dibenamkan komponen dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan smartphone pada umumnya sehingga performa juga lebih baik, display dan kenyamanan penggunaan juga pasti lebih baik.

4. Jam Tangan

Jam tangan atau arloji kini bukan hanya sebagai penunjuk waktu saja. Jam tangan kini juga mampu berperan sebagai alat komunikasi seperti SMS dan telephone. Bahkan sistem operasi kini sudah mampu ditanamkan dalam arloji, beberapa vendor mampu menerapkan Android dalam jam tangan. Apple juga sedang mengembangkan jam tangan dengan sistem operasi iOS-nya yang dikabarkan dinamai dengan iWatch.

5. Kacamata

Adalah Google sebagai pelopor inovasi menghadirkan kacamata yang mampu melakukan kegiatan komputasi digital. Google Glass merupakan kacamata digital yang dikembangkan Google yang memiliki fungsi yang cukup kompleks.

6. GPS

Global Positioning System (GPS) merupakan sebuah perangkat yang berguna untuk menunjukkan koordinat lokasi pada peta digital. Perkembangan GPS memang tidak secepat perkembangan perangkat lain, namun perangkat ini semakin banyak diperlukan dan digunakan. GPS sekarang dilengkapi dengan penunjuk arah dan panduan perjalanan agar pengguna dapat lebih mudah menemukan lokasi dan tidak tersesat. Tidak hanya berkutat pada lokasi saja, GPS juga dilengkapi denga wi-fi bahkan simcard sehingga pengguna dapat berinternet dan menjadikannya sebagai alat komunikasi. Dengan adanya konektifitas internet pada GPS, peta dapat diupdate dengan mudah dan otomatis. Media player juga banyak ditambahkan dalam GPS sehingga pengguna juga dapat memutar lagu dan video.

Makin banyak variasi dan ragam perangkat mobile yang mampu melakukan tugas komputasi digital yang luar biasa. Hal ini tentunya berkat adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. Bukan tidak mungkin kelak semua didominasi perangkat digital yang mampu memudahkan manusia dalam mengerjakan sesuatu. Perangkat-perangkat canggih yang biasanya hanya ada dalam Film mungkin dapat diwujudkan keberadaannya. Dunia memang membutuhkan perkembangan teknologi yang cepat agar didapat cara-cara yang jauh lebih efisien untuk mengerjakan suatu tugas namun tetap bersahabat dengan lingkungan.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *