Cara Cepat Melakukan Editing Subtitle Film

Menonton Film merupakan salah satu kegiatan yang menghibur dan sangat menyenangkan. Film-film dengan jalan cerita yang menarik selalu membuat ingin menonton dan menonton lagi. Tak jarang banyak orang yang hardisk di komputernya banyak terdapat bahkan penuh dengan koleksi Film.

Film dari luar biasanya dilengkapi dengan subtitle. Ada yang menyediakannya bersamaan dengan Filmnya (hardsub) atau terpisah dari Filmnya (softsub) biasanya berekstensi .srt atau .ass dan lainnya. Dengan memisahkan antara file film dan file subtitle kita bisa menentukan apakah akan menampilkan subtitlenya atau tidak.

Ada kalanya Film yang sedang kita tonton terjadi kekeliruan dalam penampilan subtitlenya ataupun terjadi salah kata dan terjemahan. Hal ini bisa disebabkan karena ketidak cocokan antara versi subtitle dengan versi file Filmnya karena memang pembuat subtitle bukan hanya 1 orang saja. Atau memang dalam subtitle tersebut terdapat kesalahan.

Dengan adanya kesalahan tersebut mungkin kita berinisisiatif untuk mengedit dan memperbaiki subtitle yang salah tersebut. Edit dan perbaikan kesalahan dalam subtitle ini akan sangat mendukung agar lebih nyaman dalam menonton Film.

Sebenarnya editing subtitle bisa dilakukan dengan menggunakan notepad. Tinggal buka file subtitle dengan notepad, dan edit. Kelemahannya adalah anda akan mengalami kesulitan dalam menyelaraskan timingnya karena harus sering berpindah jendela antara player dengan notepad. Cara lainnya yaitu menggunakan software editor.

Namun jika anda menggunakan Media Player Classic, maka anda akan dengan mudah untuk melakukan editing subtitle tersebut bahkan sembari menonton filmnya. Bagaimana caranya?

1. Buka film yang anda menggunakan Media Player Classic tentunya. Masukkan dan tampilkan file subtitlenya.

2. Klik menu “View”

3. Klik sub-menu “Subresync” atau tekan tombol “Ctrl+6”

Screenshot (236)

4. Nhah, tertampil list dari subtitle berdasarkan waktunya. Subtitle yang sedang ditampilkan akan berwarna merah.

Screenshot (237)

5. Untuk mengedit waktunya, klik pada kolom Time dan Baris subtitle yang akan di edit. Untuk mengedit kata-katanya, klik pada kolom Text dan baris yang akan diedit.

Screenshot (238)

6. Mulailah mengedit. Hasil akan langsung ditampilkan.

7. Setelah selesai mengedit, anda bisa menghilangkan tampilan “subresync” tersebut. Klik saja Menu “View” dan sub-menu “Subresync” lagi dan lanjutkan menonton anda.

Untuk menyimpan hasil edit subtitle yang anda lakukan, klik menu “File” kemudian klik sub-menu “Save Subtitle”. Dengan demikan anda bisa pula menjadi subtitle editor atau subtitle resync yang bisa anda upload dan anda sebarkan untuk publik. Tidak perlu software subtitle editor lagi, cukup dengan Media Player Classic saja. Jika Media Player Classic anda belum memiliki fitur tersebut, updatelah ke versi player yang paling baru.

Jika anda ingin menggunakan Media Player Classic cobalah gunakan Media Player Classic – Home Cinema yang disediakan dalam paket software K-Lite Mega Codec karena dalam paket software itu terdapat codec-codec untuk berbagai format audio-video sehingga format video dari lama hingga yang baru bisa dimainkan semua. Anda bisa googling untuk mendownloadnya Gratis.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *