Mengatur Penempatan dan Format Subtitle pada Windows Media Player Classic

Media Player Classic merupakan salah satu software pemutar file multimedia. Berbagai format audio dan video mampu diputar oleh software satu ini. Media Player Classic biasanya disertakan instalasinya bersama dengan codec-codec yang bisa terintegrasi sehingga mampu menayangkan file multimedia dengan format dan codec yang lama hingga yang terbaru.

Dewasa ini, banyak sekali Film dan Video hadir dalam berbagai format yang dapat diputar pada komputer. Nah, Media Player Classic mampu memutar format file Film dan video yang baru tersebut. Bagusnya lagi, Media Player Classic mampu menampilkan subtitle baik yang sudah terintegrasi atau tergabung langsung pada file film atau video yang disebut dengan “hardsub” maupun subtitle yang terpisah dengan file film atau video yang disebut dengan “softsub”.

Kadang kita menemukan bahwa subtitle yang ditayangkan ketika video diputar kurang nyaman dilihat. Mungkin terlalu besar hingga mengganggu tayangan videonya, atau terlalu kecil sehingga sulit dibaca, atau penempatan subtitlenya yang tidak tepat. Ketika menjumpai hal demikian, tentunya bisa mengurangi kenyamanan ketika menikmati tayangan film atau video yang sedang diputar terutama dengan Media Player Classic. Untuk itu, Media Player Classic memberikan fitur untuk mengatur tampilan subtitle. Untuk menggunakan fitur ini agar dapat mengatur tampilan subtitle, lakukan proses berikut ini:

1. Buka Media Player Classic.

2. Buka file video atau Film yang ingin dilihat.

3. Load Subtitle video atau film yang ingin ditayangkan tersebut.

4. Klik menu “Play” – “Subtitle” – “Styles”.

Mengatur Subtitle Media Player Classic

5. Lakukan setting sesuai dengan keinginan dan kenyamanan anda dalam menampilkan subtitle.

Mengatur Subtitle Media Player Classic

6. Klik “Apply” untuk menerapkan setting. Lihat pada tayangan, jika setting belum sesuai, lakukan setting kembali.

7. Jika sudah menemukan setting yang tepat, klik “OK” dan nikmati tayangan video atau film dengan nyaman.

Kemampuan setting subtitle pada Media Player Classic bukan hanya sebatas pada penempatan saja, namun juga meliputi ukuran karakter, tipe huruf, hingga warna karakter. Pada bagian “Font” dapat diatur jenis huruf yang ingin dipakai, warna huruf, ukuran, dan format huruf serta spasi antar baris. “Screen Alignment & Margins” digunakan untuk pengaturan penempatan dan batas subtitle. Bagian “Border Style” berfungsi untuk mengatur pemberian bayangan dan garis frame luar. Dan pengaturan “Colors & Transparency” untuk mengatur tingkat warna dan transparansi subtitle.

Mengatur Font Subtitle Media Player Classic

Setelah berhasil melakukan setting, baru bisa menikmati video atau film tersebut dengan nyaman. Tanpa takut ada penempatan subtitle yang mengganggu tayangan.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *