Peran Penting Penggunaan Media Penyimpanan Eksternal dalam Backup Data

Jika diajukan pertanyaan “Seberapa yakin anda dengan keamanan data pada komputer anda? dan apa alasannya?.” Jawaban pengguna tentu akan sangat beragam, namun dapat dipastikan banyak yang akan akan menjawab yakin aman. Alasan yang diberikan juga tentu akan lebih beragam, kebanyakan karena telah menggunakan program-program security seperti Antivirus ataupun tidak pernah menggunakan komputer untuk hal-hal yang membahayakan data. Sangat sedikit yang menjawab bahwa dirinya telah melakukan backup data dari komputer ke media penyimpanan terpisah, padahal backup merupakan proteksi keamanan paling aman pada data.

Ancaman kerusakan data bukan hanya secara virtual atau pengaruh perangkat lunak saja, namun juga dapat dipengaruhi kerusakan secara fisik semisal hardisk terbentur atau kontak dengan air yang menyebabkan tidak dapat terdeteksi. Sudah siapkah jika mengalami hal seperti demikian?. Inilah pentingnya memiliki salinan terutama data penting dari komputer pada media penyimpanan terpisah atau backup. Media penyimpanan eksternal adalah tempat paling tepat untuk melakukan backup.

Jenis dan Keuntungan Media Penyimpanan Eksternal

Media penyimpanan eksternal dapat bermacam-macam tipe mulai dari hardisk, flashdisk, memory card, hingga CD/DVD/Bluray. Kebanyakan merupakan media yang sifatnya removable atau mudah dipasang-lepas. Ini memberikan keuntungan bahwa dengan media yang removable, penyimpanan eksternal bersifat independen. Dengan sifat yang removable pula media penyimpanan eksternal dapat digunakan kapan saja dan kompatible pada berbagai perangkat, bukan hanya komputer konvensional saja.

Bakcup ke Media Penyimpanan Eksternal

Ketersediaan media penyimpanan eksternal dalam berbagai ukuran dan kapasitas juga merupakan keunggulan tersendiri. Memory Card misalnya, memiliki ukuran yang yang sangat kecil dengan kapasitas yang bisa dibilang cukup besar, di akhir 2013 ini saja sudah tersedia memory card dengan kapasitas 32 GB. Ukuran yang kecil juga memudahkan dalam hal penyimpanan dan tidak memerlukan tempat besar. CD/DVD/Bluray juga memiliki keuntungan sendiri sebagai media backup karena perlu proses burning untuk menulis datanya sehingga program jahat tidak akan dengan mudah menginfeksi data yang berada pada media penyimpanan ini.

Data yang Perlu Backup

Data sebaiknya minimal dikategorikan menjadi 3 jenis urgensinya yaitu penting, sedang dan biasa lebih dari 3 lebih baik. Utamakan data penting terlebih dahulu untuk dilakukan backup. Data penting ini misalnya yaitu dokumen pribadi, kerjaan kantor, tugas kuliah dan sekolah, data akun serta data urgen lain. Kelompok sedang ini misalnya data pribadi, foto-foto atau file multimedia pribadi, lagu atau video kesayangan, dan lain-lain. Sedangkan kategori biasa misalnya film atau koleksi lagu-lagu, file hiburan lain, ataupun file lainnya. Pengguna sendiri yang wajib mengelompokkan datanya kedalam-kategori-kategori tersebut sehingga tau mana data yang membutuhkan backup paling utama.

Media penyimpanan eksternal yang digunakanpun juga perlu disesuaikan. Misalnya perlu backup sebesar 1 GB, maka dapat menggunakan Flashdisk atau memory card atau DVD, tidak perlu menggunakan hardisk eksternal yang kapasitasnya hingga beratus-ratus Gigabyte. Pemisahan tempat penyimpanan berdasar kategori urgensi juga perlu dilakukan. Misalnya data penting hendaknya ditempatkan pada CD/DVD/Bluray atau flashdisk atau memory card khusus, jangan dicampur dengan data lain. Hal ini untuk kemudahan managemen serta tidak tercampur dengan data lain. Penggunaan CD/DVD/Bluray untuk data paling urgen ini paling tepat, data menjadi lebih aman karena kepingan media ini tidak dapat ditulis dengan mudah.

Kondisi Backup Diperlukan

Backup diperlukan ketika pengguna komputer mengalami kondisi tertentu. Kerusakan komputer secara fisik terutama rusaknya media penyimpanan utama tentunya yang membuat file backup berperan. Program jahat juga menjadi penyebab utama file backup diperlukan. Kondisi lain adalah ketika pengguna susah mencari atau lupa lokasi penempatan data pada komputer.

Kapan Waktu Backup

Backup tentu sangat baik dilakukan sebelum hal buruk terjadi pada data. Backup secara rutin dan terjadwal merupakan cara aman. Sistem kategori data berdasar urgensi sebelumnya dapat digunakan sebagai patokan backup. Misalnya untuk data yang penting sebaiknya dilakukan backup tepat setelah terdapat perubahan pada data tersebut, ada baiknya juga memiliki backup sebelum dan sesudah perubahan. Sedangkan untuk kategori lain dapat dilakukan backup sebulan sekali tergantung kebutuhan. Utamakan backup pada data-data yang baru yang belum pernah dilakukan backup sebelumnya. Semakin banyak memiliki data cadangan pada dasarnya semakin baik, namun yang terpenting bukan kuantitas, namun kualitas data cadanga tersebut.

Dengan tingginya resiko kehilangan data serta mudahnya melakukan backup data, masihkan tidak ingin memiliki salinan data penting pada media penyimpanan eksternal yang lebih aman?. Backup sendiri dapat dilakukan dengan menyalin secara manual ataupun menggunakan bantuan program-program backup yang banyak tersedia, program backup yang bersifat freeware atau gratispun juga tersedia banyak. Sistem Operasi biasanya juga menyediakan program backup standar bawaan masing-masing. Program atau software backup biasanya memiliki fitur untuk melakukan backup secara otomatis dan terjadwal sehingga pengguna jauh lebih dipermudah dalam hal managemen backup.

Menjaga data dengan memiliki salinan atau backup merupakan situasi paling aman dalam keadaan apapun. Media penyimpanan eksternal hadir sebagai solusi backup yang dapat diandalkan. Harga dan kualitaspun sangat terjamin dapat dijangkau pengguna komputer manapun, durasi penggunaanpun juga sangat lama. Jangan ragu untuk menyelamatkan data. Jadilah pahlawan untuk data anda sendiri.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *