Update dan Upgrade Sistem Operasi Linux (Distro) Ubuntu dengan Cepat dan Mudah

Sistem operasi Linux dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan. Tak heran karena pengembang sistem operasi berbasis open source ini banyak yang mengembangkan distro Linux dengan visi dan misi yang kuat. Ini menjadikan sistem operasi Linux dapat digunakan untuk banyak keperluan, tak hanya untuk sistem operasi komputer pada pengguna individual saja, Linux juga banyak digunakan untuk keperluan bisnis dan pendidikan, bahkan Linux juga tersedia untuk menangani server yang banyak digunakan untuk keperluan hosting, streaming, dan lain-lain.

Seiring berjalannya waktu makin banyak muncul distro Linux baru, distro lama juga masih bertahan dan merilis pengembangan-pengembangan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Distro Linux Ubuntu yang saat ini masih aktif dan menjadi salah satu distro yang populer di dunia secara rutin terus menerus merilis versi terbaru dari distro Linux Ubuntu. Pengembang distro Linux senantiasa menyediakan update dan upgrade sistem operasi Linux Ubuntu agar semakin menyempurnakan kinerja distro Linux Ubuntu sehingga pengguna juga dapat menggunakan Linux Ubuntu pada komputernya dengan optimal. Selain itu penyesuaian dengan perkembangan teknologi mutlak diperlukan agar sistem operasi Linux Ubuntu tidak ketinggalan jaman dan tidak ditinggalkan penggunanya.

Pengguna dapat dengan mudah melakukan update atau upgrade sistem operasi Linux atau distro Ubuntu yang terinstall pada komputer masing-masing. Yang dibutuhkan pengguna adalah koneksi internet yang tersambung ke komputer pengguna yang terinstall Ubuntu. Pada dasarnya pengguna dapat melakukan update atau upgrade distro Ubuntu mereka dengan perintah di terminal, namun selain itu sekarang ini pengembang Ubuntu sudah memudahkan proses upgrade Ubuntu dengan tampilan antarmuka menggunakan Software Updater sehingga pengguna tidak perlu lagi mengetikkan kode perintah pada terminal.

Update atau Upgrade Ubuntu Melalui Terminal

Seperti biasa bahwa terminal pada sistem operasi linux dapat memberikan segala perintah untuk mengeksekusi aksi yang hendak dijalankan oles sistem operasi. Termasuk untuk melakukan update dan upgrade distro Ubuntu, untuk melakukan upgrade sistem operasi atau distro Linux Ubuntu pengguna cukup melakukan koneksi internet, buka terminal, kemudian ketik kode perintah berikut:

sudo apt-get upgrade

atau bisa juga:

sudo apt-get upgrade

Kode perintah Update dan Upgrade Ubuntu di Terminal

Setelah memasukkan kode perintah biasanya akan diminta pula untuk memasukkan password user. Kemudian muncul keterangan berapa ukuran yang harus didownload dan konfirmasi untuk mulai melakukan upgrade sistem.

Update atau Upgrade Ubuntu Melalui Software Updater

Update dan upgrade distro Ubuntu dengan Software Updater lebih mudah lagi. Dengan menggunakan Software Updater, pengguna cukup melakukan beberapa kali klik dan update akan didownload dan diterapkan. Untuk melakukan update dan upgrade sistem operasi atau distro Linux Ubuntu dengan menggunakan Software Updater pengguna cukup mengikuti langkah-langkah berikut: (Pada contoh menggunakan Ubuntu 14.04 LTS)

1. Jangan lupa pertama untuk melakukan koneksi ke internet.

2. Menentukan repository atau sumber server yang akan digunakan. Secara standar sudah otomatis ditentukan sehingga cara ini bisa dilewati.

3. Buka program Software Updater.

Membuka program Software Updater Ubuntu

4. Muncul tampilan Software Updater yang berisi keterangan update yang harus didownload. Klik Install Now.

Install Update dan Upgrade Ubuntu

5. Biasanya akan diminta memasukkan password untuk otentifikasi. Masukkan saja password login.

Otentifikasi Ubuntu Software Center

6. Proses download akan dimulai.

Proses update dan upgrade Ubuntu

7. Tunggu hingga update selesai diterapkan.

8. Restart komputer jika sudah selesai agar lebih baik.

Program Software Updater ini sangat memudahkan pengguna untuk melakukan update dan upgrade Linux Ubuntu. Adanya tampilan antarmuka atau User Interface tentu semakin memudahkan pengguna terutama yang masih pemula untuk menggunakan Linux Ubuntu. Pengguna tidak perlu lagi repot menghapal dan mengetik kode perintah untuk update dan upgrade pada Terminal, cukup dengan melakukan beberapa klik saja maka sistem operasi Linux Ubuntu yang digunakan sudah dalam kondisi yang paling baru atau terupdate. Kode perintah ini yang cukup tidak disukai pengguna terutama pemula karena harus menghafal perintah tersebut, ketika ada alternatif terutama dengan adanya antar muka semakin memudahkan pengguna dan penggunapun semakin menyukai distro Linux Ubuntu.

Update dan upgrade pada Linux Ubuntu ini bertujuan untuk menyediakan pembaharuan (patch) pada versi Linux yang terinstall sehingga kinerja semakin baik, juga untuk menutup bug atau kesalahan pemrograman yang ada sebelumnya. Fungsi update dan upgrade juga dapat digunakan untuk melakukan upgrade versi rilis Linux Ubuntu lama ke versi Linux Ubuntu yang baru ketika sudah dirilis. Dengan menggunakan Software Updater tentu pengguna bisa mendapatkan data yang lebih detail mengenai update dan upgrade yang akan diterapkan seperti notifikasi atau pemberitahuan adanya update terbaru beserta perkiraan jumlah atau besar volume data yang harus ditransfer.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *