Berbagai Cara Melakukan Shutdown Komputer

Shutdown atau mematikan komputer adalah aktivitas sakral yang wajib dilakukan untuk mengakhiri semua proses berjalannya sebuah Sistem Operasi. Kenapa admin menyebut sakral, karena dengan proses shutdown ini proses sistem operasi yang berjalan bisa diakhiri dengan baik. Anda bisa saja langsung mematikan komputer dengan langsung menekan tombol power atau langsung memutus aliran listrik ke komputer, namun cara demikian sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan kegagalan sistem atau bahkan yang terburuk hardware anda bisa rusak.

Melakukan shutdown tidak harus melulu melalui start menu, bagaimana saja caranya, mari kita sama-sama tengok.

1. Melalui Start Menu

Ini adalah cara paling lazim digunakan untuk melakukan shutdown komputer, yaitu dengan mengklik start menu kemudian Shutdown atau Turn Off Computer. Namun pada Windows 8 caranya agak sedikit berbeda, peletakan tombol shutdown tidak pada start menu tapi pada semacam sidebar, dimana sidebar tersebut akan muncul jika pengguna mengarahkan pointernya ke area paling pojok kanan atas dan paling pojok bawah desktop.

2. Kombinasi Tombol Alt + F4

Dengan kombinasi tombol Alt + F4 merupakan cara cepat untuk menampilkan jendela shutdown windows. Dalam jendela tersebut, akan diberikan opsi berupa dropdown apakah anda ingin shutdown, restart, log off, ataupun switch user.

3. Task Manager

Dari task manager ternyata bisa dilakukan shutdown. Namun mulai windows 7 sepertinya shutdown dari task manager sudah dihilangkan. Padahal shutdown lewat task manager cukup ampuh mengatasi software yang hang dan susah untuk ditutup.

4. Shortcut

Cara yang sangat mudah, yaitu dengan membuat shortcut shutdown dan mengeksekusinya. Untuk membuatnya, admin pernah membahas di posting klik ini.

5. Menggunakan instruksi Command Prompt

Command Prompt dapat di launch di start menu. Kemudian ketik command line berikut ini: “shutdown -s” command line yang digunakan sama dengan instruksi ketika membuat shortcut

6. Menggunakan Software Management Shutdown

Kalo yang ini harus menggunakan software yang dirancang khusus untuk mengeksekusi perintah shutdown. Ada banyak sekali software seperti ini seperti Auto Shutdown, Shutdown Remote PC, TImed Shutdown, dan lain sebagainya. Biasanya dalam software ini anda bisa pula mengatur kapan komputer harus dishutdown. Jadi anda tidak perlu berada didepan komputer untuk melakukan shutdown.

Pada Windows Player Klasik bawaan K-Lite codec juga menyediakan fasilitas shutdown setelah memainkan file multimedia, hal ini sangat berguna ketika anda ketiduran ditengah menonton video misalnya. Pada Internet Download Manager juga menyediakan fasilitas demikian, bisa shutdown ketika file selesai didownload.

Wow, ternyata ada banyak cara untuk melakukan shutdown komputer. Sebenarnya bukan hanya shutdown, cara-cara diatas juga berlaku untuk restart dan log off komputer. Cobalah untuk melakukan variasi cara shutdown komputer anda sehingga anda bisa merasakan sensasi berbeda dan tidak monoton. Meskipun hal kecil tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. 😀

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *