Sistem Tools Standar pada Windows 7 dan Kegunaannya

Peranan software atau aplikasi yang berada dalam System Tools sebenarnya sangat penting sekali, namun banyak pengguna mengesampingkan penggunaan dan peranan aplikasi-aplikasi System Tools tersebut. Pada dasarnya System Tools berguna untuk mengelola sebuah sistem operasi yang terinstall pada sebuah komputer gabungan antara sistem perangkat lunak dan sistem perangkat keras komputer tetap dapat berjalan secara baik dan stabil dalam waktu yang lama.

Windows masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan karena penggunaan yang mudah serta sejarah kebelakang yang sangat bagus. Salah satu produk sistem operasi dari Windows adalah Windows 7 yang sangat banyak digunakan. Seperti halnya sistem operasi lainnya, Windows 7 juga dilengkapi dengan aplikasi Sistem Tools yang sangat lengkap, sangat cukup untuk mengelola sebuah sistem komputer agar berfungsi dengan baik.

System Tool Windows 7

Windows 7 menyediakan setidaknya 12 aplikasi yang berhubungan dengan pengelolaan sistem operasi ini. Aplikasi-aplikasi ini secara standar sudah dibuatkan shortcut dan dikelompokkan dalam satu folder “System Tools” yang bisa diakses dari Start Menu – All Programs – Accessories. Aplikasi-aplikasi System Tools yang terdapat pada Windows 7 tersebut adalah:

1. Character Map

Software yang mampu menampilkan semua karakter dan jenis huruf (Fonts) yang tersimpan pada komputer. Character Map mampu menampilkan tiap-tiap karakter baik huruf, angka, tanda baca, serta simbol-simbol. Aplikasi ini juga mampu menyalin karakter-karakter yang dipilih untuk digunakan pada aplikasi lain.

2. Computer

Computer merupakan sebuah shorcut untuk membuka jendela Windows Explorer sehingga dapat dengan mudah melihat dan menjelajahi isi dari komputer.

3. Control Panel

Merupakan panel pusat untuk mengatur segale jaenis pengaturan yang ada pada komputer. Pada Control Panel pengguna dapat mengatur bagaimana komputer dapat berfungsi sesuai dengan yang pengguna inginkan. Konfigurasi antara hardware, sistem operasi, data yang tersimpan, serta program-program yang terinstall pada komputer dilakukan dari Control Panel ini.

4. Disk Cleanup

Sebuah tools bawaan Windows 7 yang mampu mengatur dan menghapus file-file yang tidak digunakan pada sistem sehingga dapat mengoptimalkan kapasitas hardisk sebagai media penyimpanan data. Penggunaan DIsk Cleanup dapat menghapus file-file sampah yang tersimpan sehingga performa komputer dapat meningkat.

5. Disk Defragmenter

Fungsi tools satu ini sangat berperan dalam menjaga kestabilan performa media penyimpanan terutama hardisk. Disk Defragmenter menjaga agar file-file yang ditempatkan pada hardisk tetap teratur dan tidak ada file yang terpecah (terfragmen). Dengan penataan dan struktur file yang rapi maka usia dan performa hardisk dapar bertahan lama. Komponen vital satu ini jika dibiarkan dalam kondisi yang berantakan pada penempatan file dapat berakibat fatal pada data yang disimpan, bahkan dapan menyebabkab “Bad Sector” yang menimbulkan kegagalan pembacaan pada hardisk.

6. Internet Explorer

Sebuah program yang dirancang Windows agar pengguna dapat mengakses jaringan internet yang didisplay dalam web page. Pengguna tidak perlu menambahkan software lain jika ingin menjelajah internet, cukup menyediakan koneksi internet kemudian buka program Internet Explorer ini.

7. Private Character Editor

Jika aplikasi Character Map memungkinkan anda untuk melihat semua karakter yang tersimpan pada komputer, maka aplikasi Private Character Editor ini memungkinkan anda untuk membuat karakter dan Font kreasi anda sendiri.

8. Resource Monitor

Resource Monitor merupakan software yang berguna untuk memonitor atau mengawasi apa saja yang diproses oleh sebuah sistem komputer. Program ini memungkinkan pengguna untuk melihat penggunaan CPU, koneksi jaringan, Memory serta Hardisk. Manfaatnya adalah agar pengguna mengetahui performa komputer serta dapat menganalisis proses yang dijalankan komputer sehingga jika terdapat proses yang kurang wajar dan mengganggu performa komputer dapat dicari penyebabnya.

9. System Information

Menampilkan secara lengkap informasi mengenai komputer anda merupakan fungsi dari aplikasi System Information. Baik hardware, software, hingga perangkat tambahan yang terinstall dalam komputer ditampilkan oleh aplikasi ini.

10. System Restore

Program satu ini berguna untuk mengembalikan pengaturan sebuah komputer pada sebuah titik atau kondisi atau Restore Point yang ditentukan sebelumnya. Pembuatan Restore Point tersebut dapat dibuat secara otomatis maupun manual. Sangat berguna ketika komputer mulai menurun performa ataupun terjadi kegagalan pengaturan.

11. Task Scheduler

Task Scheduler merupakan program yang berfungsi untuk mengatur dan merencanakan hingga mengeksekusi suatu perintah atau proses tertentu. Penerapan Task Scheduler ini misalnya untuk membuka software Windows Defender kemudian melakukan Scan cepat pada komputer.

12. Windows Easy Transfer

Program ini memudahkan dalam pemindahan data pada komputer satu ke komputer lain. Pemindahan data tersebut disertai juga dengan pemindahan setting komputer. Jadi jika anda akan berganti komputer, program ini akan sangat berguna untuk memindahkan data dan settingan komputer lama ke komputer baru anda. Disertakan pula aplikasi Windows Easy Transfer Report yang merekam aktifitas transfer apa saja yang pernah dilakukan dengan software Windows Easy pada sebuah komputer.

Kegunaan aplikasi-aplikasi diatas dapat menjadi sangat vital dan penting pada saat dibutuhkan. Windows menyertakan program-program ini bukan tanpa alasan, jika dapat digunakan secara tepat, maka komputer akan dapat melakukan kinerja komputasi dengan sangat optimal yang tentunya mempermudah kita sebagai pengguna perangkat komputer dengan sistem operasi Windows 7.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *