Mengenal Penyakit Pusing dan Mual (Motion Sickness) Ketika Bermain Game

Pernahkah kamu merasa pusing dan mual setelah beberapa saat bermain game?. Jika ya, maka kamu terkena Motion Sickness. Gejala motion sickness yang paling ketika bermain game adalah pusing, mual, ingin muntah, berkunang-kunang, hingga kehilangan keseimbangan. Gejala yang menimpa para gamer ini sama dengan gejala motion sickness yang biasanya dialami pengendara kendaraan bermotor ketika berkendara.

Seperti namanya, kunci utama motion sickness ini adalah pergerakan. Motion Sickness ini muncul karena otak mendeteksi adanya pergerakan namun tubuh tidak merasakan adanya pergerakan tersebut. Ketika bermain game kita melihat pergerakan pada layar monitor otak kita kemudian mengasumsikan bahwa tersebut adalah gerakan yang kita lakukan, namun pada kenyataanya tubuh fisik kita hanya duduk. Ini menyebabkan otak secara otomatis menganggap bahwa kita berada dalam kondisi yang tidak semestinya.

Otak menganggap ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh kita, disitulah gejala pusing mulai muncul. Otak juga merespon untuk mengeluarkan makanan yang belum sepenuhnya dicerna dalam tubuh terutama yang masih berada dalam lambung mencoba dipaksa untuk keluar, ini yang mengakibatkan kita merasa mual dan ingin muntah. Otak melakukan hal ini karena mencoba menetralisir kemungkinan racun yang masuk dalam tubuh melalui makanan dan minuman dan mencoba membuat kondisi tubuh kembali normal.

Motion sickness banyak dialami ketika bermain game dengan genre FPS (First Person Shooter), RPG (Role Playing Game) dan sejenisnya. Game-game dengan pergerakan yang dinamis dan cepat akan lebih berpotensi tinggi menimbulkan Motion Sickness dibanding game yang statis dan pergeralan yang tidak terlalu dinamis. Bisa juga karena peralihan bermain dari satu genre tertentu ke genre lain, misalnya seseorang lebih sering bermain game dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) kemudian dia beralih bermain dengn genre FPS, maka besar kemungkian dia akan cepat mengalami motion sickness.

Apa yang kita makan sebelumnya juga dapat mempengaruhi munculnya gejala motion sickness. Terutama ketika isi perut sedang penuh dan tubuh dalam kondisi sedang aktif mencerna makanan, maka rasa mual dan ingin muntah akan segera muncul. Makanan yang mudah membuat “eneg” juga dapat mempercepat timbulnya gejala. Kondisi perut yang kosong juga dapat dengan cepat menimbulkan gejala mual dan muntah karena produksi asam lambung yang terus menerus dan mencoba naik ke kerongkongan.

Rangsangan lain yang juga dapat menimbulkan gejala motion sickness adalah bau dan pendengaran. Bau atau wewangian yang menyengat dan tidak mengenakkan akan sangat mengganggu tubuh dan otak sehingga membuat tubuh menjadi tidak seimbang. Apa yang kita dengar juga demikian. Gangguan-gangguan suara lain selain suara game yang sedang fokus kita perdengarkan akan membuat tubuh kita bekerja ekstra untuk mencoba menangkal gangguan-gangguan suara tersebut yang dapat mengakibatkan pusing serta hilangnya konsentrasi dan kesimbangan.

Namun demikian, motion sickness bukanlah gejala sakit yang tiap kita bermain game akan muncul. Motion sickness juga bukanlah pertanda atau gejala adanya penyakit lain yang diderita dalam tubuh. Jika memang tubuh sedang dalam kondisi sakit, justru penyakit tersebut yang membuat gejala motion sickness semakin cepat muncul. Tentu saja ada beberapa solusi untuk mengatasi pusing dan mual (motion sickness) ketika bermain game.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *