Google Webmaster Dan Pentingnya Untuk Blogger

Google Webmaster merupakan sebuah tool yang disediakan oleh google untuk memantau aktifitas mesin pencari google dalam pencarian mengenai blog anda. Google Webmaster disediakan gratis untuk anda, sehingga anda semakin dipermudahkan dan bisa menganalisis mengenai pencarian terhadap blog atau website anda.

Google Webmaster memungkinkan seorang admin website untuk melakukan pemeriksaan terhadap status website yang diindex serta mengatur visibilitas atau keterlihatan blog/website anda pada mesin pencari google. Hal ini akan sangat berguna sekali untuk menganalisis dan mengambil action terhadap blog untuk kedepannya.

Apa yang anda bisa lakukan didalamnya? beberapa hal dasar yang bisa ditemukan dan dilakukan dalam webmaster Google adalah:

  • Menambahkan blog/situs beserta peta situs anda
  • Memeriksa dan mengatur bagaimana googlebot menjelajahi blog anda
  • Membuat dan memeriksa file text robot.txt
  • Mengetahui link yang mati pada blog
  • Mengetahui website lain yang memasang link anda
  • Mengetahui keyword apa saja yang digunakan orang sehingga blog anda tertayang pada pencarian google
  • Melihat statistik blog anda pada mesin pencari google

Melihat dari kemampuannya, terlihat sekali bahwa Google Webmaster bisa sangat bermanfaat bagi blogger. Seorang blogger bisa menganalisa data yang disajikan kemudian mengambil aksi apa yang akan dilakukan untuk blognya. Banyak sekali yang memanfaatkannya untuk menganalisis dan mengambil tindakan kedepan agar blognya semakin mendapatkan banyak pengunjung.

Urgensi lainnya yaitu mengetahui keyword yang dicari dalam blog anda, sehingga anda bisa mengaturnya agar target pengunjung anda tidak salah mengunjungi blog anda. Jangan sampai pembentukan kata kuncinya salah, misalkan blog anda mengenai komputer, namun keyword yang muncul tentang kedokteran, berarti ada yang salah dalam blog anda.

Yang tidak kalah penting adalah statistik penayangan dan klik pada blog anda. Datanya disediakan dengan sedemikian rupa sehingga mudah dibaca. Biasanya kenaikan penayangan dibarengi pula dengan klik menuju blog anda. Jika tidak, berarti blog anda kurang posisi halaman yang bagus. Menarik pengunjung bukan hanya tentang penayangan blog anda pada search engine, tapi juga bagaimana mendapatkan posisi halaman yang bagus, kalo bisa muncul pada halaman pertama google search.

Selanjutnya mengenai link apa saja yang sudah diindex, serta link apa saja yang tidak berguna atau mati pada blog. Anda bisa mengetahuinya. Link yang tadinya ada dan sudah dirayapi oleh google kemudian tidak ada lagi atau misalkan tidak ada lagi pada blog anda bisa juga diketahui. Hal tersebut akan dianggap kesalahan. Anda bisa memperbaikinya atau membiarkannya jika merasa link tersebut tidak berguna.

Google Webmaster bisa anda akses di http://www.google.com/webmasters/ . Coba dan rasakan manfaatnya. Sebenarnya masih ada tool lain dari Google untuk mengetahui statistik blog anda pada search engine yaitu Google Analytics, namun admin akan membahasnya pada posting lain.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *