Menambahkan dan Memverifikasi Blog WordPress.com pada Google Webmaster

Pada posting sebelumnya sudah admin berikan step by step atau cara-cara menambahkan serta memverifikasi blog wordpress pada Google Webmaster. Bagi pemilik blog di platform wordpress.com tidak akan bisa menggunakan cara yang sama untuk memverifikasi blognya karena pihak wordpress tidak mengizinkan untuk melakukan upload (kecuali file multimedia content) pada hostingnya.

Lantas, berarti untuk blog wordpress.com tidak bisa menggunakan Google Webmaster? Jawabannya adalah BISA. Cara untuk memverifikasi blog pada webmaster bukan hanya dengan mengupload file verifikasinya. Pada pengaturan, wordpress telah disediakan untuk input kode identifikasi yang bertujuan untuk memverifikasi blog pada webmaster mesin pencari.

Berikut adalah tahapan untuk cara memverifikasi blog wordpress.com pada Google Webmaster:

1. Sign In ke Google Webmaster

2. Klik Tambahkan Situs

3. Ketik alamat situs wordpress anda, kemudian klik “Terus”

4. Akan ditampilkan halaman untuk memverifikasi beserta petunjuk yang disarankan yaitu untuk mengupload file verifikasi. Klik saja pada “Metode Alternatif”

Screenshot (84)

5. Anda akan disajikan beberapa cara lain untuk memverifikasi. Pada cara verifikasi melalui Tag HTML anda akan disediakan sebaris script meta tag. Dalam script tersebut terdapat serangkaian content kode identifikasi blog anda (lihat gambar untuk lebih jelas). Copy kode tersebut. Ingat, hanya copy kodenya saja, jangan copy semua scriptnya.

Screenshot (86)

6. Buka tab baru, kemudian login ke blog wordpress anda.

7. Masuklah atau Klik pada menu “Tool” atau “Perkakas.

8. Paste content kode verifikasi yang sudah anda Copy tadi pada input Google Webmaster Tools

Screenshot (87)

9. Klik “Save Changes” atau “Simpan Perubahan”

10. Kembalilah pada jendela atau halaman Google Webmaster Tool Tadi. Kemudian klik “Verifikasi”

Simple dan Mudah. Google memang memberikan kemudahan bagi banyak pengguna internet. Apalagi untuk para blogger. Fasilitas ini sangat bermanfaat untuk menganalisis perkembangan blog anda.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *