Cara Mudah dan Cepat Menambahkan dan Mengganti Layout Keyboard pada Distro Linux Ubuntu

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang sangat bermanfaat. Sistem operasi yang memiliki banyak varian distribusi atau distro ini bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan. Distro Linux Ubuntu salah satunya bisa difungsikan sebagai komputer desktop harian, bisnis, hingga untuk keperluan server. Pengguna dapat mengubah setting atau melakukan “customize” sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing agar pengguna dapat menggunakan distro Linux Ubuntu dengan nyaman dan mudah. Mengatur Linux Ubuntu agar sesuai dengan kebutuhan pengguna juga tidak sulit bahkan sangat mudah dan cepat dilakukan karena pada Ubuntu sudah lengkap dengan pengaturan dasar untuk hardware komputer dan disertai dengan tampilan antar muka (User Interface) yang mudah dipahami.

Termasuk untuk pengaturan keyboard, beberapa pengguna yang tidak atau kurang suka menggunakan layout keyboard standar yaitu QWERTY dapat mengganti dengan layout keyboard yang mereka kehendaki. Keyboard merupakan salah satu perangkat input pada komputer yang sangat banyak digunakan dan menunjang pekerjaan pengguna komputer. Maka dari itu, memiliki pengaturan yang fleksibel dan nyaman bagi pengguna adalah mutlak dilakukan. Apa jadinya jika tidak bisa melakukan pengaturan keyboard sesuai dengan keinginan, contoh dasarnya saja layout keyboard, pengguna tentu akan kesulitan jika dipaksa menggunakan satu layout keyboard standar tertentu padahal pengguna tersebut tidak terbiasa menggunakan layout keyboard tersebut, tentu justru akan menghambat pekerjaan dengan menggunakan komputer.

Macam-macam layout keyboard diciptakan agar pengguna dapat memilih sendiri layout keyboard yang cocok untuk dirinya, juga agar pengguna dapat melakukan pekerjaan mengetik dengan cepat. Layout keyboard Dvorak dan Colemak cukup banyak digunakan sebagai alternatif layout keyboard standar QWERTY karena lebih efisien dan lebih cepat dalam menlakukan pengetikan. Distro Linux Ubuntu mendukung berbagai macam layout keyboard yang digunakan di seluruh dunia, baik layout keyboard untuk karakter latin maupun layout keyboard untuk karakter non-latin. Pengguna Ubuntu dapat leluasa memilih dan mengatur layout keyboard yang hendak digunakan.

Mungkin bagi pengguna Ubuntu pemula masih kurang familiar dengan tampilan dan pengaturan pada Ubuntu atau juga bagi pengguna Ubuntu lain yang belum tau cara untuk mengganti layout keyboard, berikut ini adalah langkah-langkah mudah dan cepat untuk mengganti dan menambahkan layout keyboard pada distro Linux Ubuntu: (Contoh ini akan mengubah layout keyboard QWERTY menjadi Colemak pada Ubuntu 14.04 LTS, untuk layout keyboard dan versi Ubuntu lain dapat menyesuaikan)

1. Buka System Setting, bisa melalui klik pada icon power di System Tray lalu klik System Setting

2. Klik Keyboard pada bagian Hardware

3. Muncul pengaturan keyboard, klik Text Entry

4. Klik + untuk mulai menambahkan layout

5. Pilih layout keyboard sesuai dengan keinginan, lalu klik Add

6. Susun daftar layout keyboard dengan klik pada tombol arah atas dan bawah. Tempatkan layout keyboard yang ingin dijadikan default diatas

7. Tentukan tombol cepat untuk beralih antar layout keyboard pada isian Switch to nekt source using dan Switch to previous source using

8. Tutup jendela jika sudah selesai

9. Coba buka program Text Editor yang dimiliki dan test layout sudah benar atau belum, jika belum tekan tombol untuk beralih layout keyboard yang sudah ditentukan tadi sehingga mendapat layout yang benar

Pengguna tidak perlu menghapus layout keyboard standar, bahkan pengguna juga bisa menambahkan layout keyboard lain sesuai keinginan tanpa harus menghapus layout keyboard yang sudah tersimpan sebelumnya. Untuk berganti layout keyboard satu dengan yang lain pengguna cukup menekan tombol yang bisa ditentukan sendiri pada isian Switch to next source using dan Switch to previous source using. Sehingga ketika pengguna ingin berganti layout keyboard pengguna cukup menekan tombol yang sudah ditentukan tersebut tanpa harus mengatur ulang layout keyboard yang diinginkan.

Cukup mudah dan cepat bukan untuk mengganti layout keyboard pada Linux Ubuntu?. 1-2 menit dan beberapa klik saja tanpa perlu koneksi internet sudah bisa menggunakan layout keyboard yang diinginkan pada Ubuntu. Bagi para pengguna Ubuntu maupun komputer lain yang masih menggunakan layout standar keyboard QWERTY sangat disarankan untuk mencoba layout keyboard lainnya dan berlatih menggunakannya secara reguler. Bisa dirasakan perbedaan penggunaannya setelah beberapa waktu berselang.

Mengganti layout keyboard ini juga sangat berguna bagi pengguna yang sedang belajar bahasa tertentu dimana karakter yang digunakan bukanlah karakter latin seperti bahasa dan layout keyboard di negara-negara Asia Timur misalnya China, Jepang, dan Korea tentu akan sangat membantu sekali untuk mempelajari karakter dan tulisan bahasa yang dipelajari dengan mengganti layout keyboard tersebut. Jika pengguna kesulitan bagaimana mendapatkan keyboard dengan selain QWERTY, tenang saja pada artikel Mendapatkan Perangkat Keyboard dengan Layout yang Dikehendaki selain QWERTY pernah dibahas mengenai beberapa alternatif cara untuk mendapatkannya.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *